Kerja team yang efisien tentunya akan mengarah ke hasil yang efektif pula. Akan tetapi, bagaimanakah metode meraih performa yang optimal sebagai tim? Salah satu jawabannya adalah: sejauh apa
engagement atau keterikatan psikologis para anggota team tsb. Team yang kompak dan punya vision yang serupa pastinya akan lebih gampang bekerja dan mencapai hasil optimal. Bagaimana caranya membangun
engagement dalam tim?
Job2Go akan beri beberapa rahasianya.
Komunikasi Ialah KunciIni merupakan rahasia umum yang banyak banget diabaikan. Coba deh buka ruang komunikasi yang lebar antar anggota tim. Manfaatkan semua medium komunikasi baik melalui pesan teks, telepon, atau bertemu muka langsung. Yakinkan semua anggota team bisa menyampaikan pendapatnya sehingga tidak ada
unek-unek atau ganjalan yang membuat mereka tak nyaman dan kehilangan keterikatan dengan timnya. Pantau perkembangan pekerjaan serta tanyakan bila ada ancaman yang dihadapi anggota team. Komunikasi juga tak berarti semua mesti sanggup menyampaikan pendapatnya, namun ada yang lebih penting yaitu mendengarkan. Karena tanpa didengar dengan baik, hal yang disampaikan tentu akan sia sia.
Pelihara Hubungan Timbal BalikDalam hal pekerjaan, tentu akan selalu ada tolak ukur. Prilaku transparan dalam mengukur hasil kerja akan membuat anggota tim merasa keberadan dan kontribusinya diakui. Psikolog Ron Friedman dalam bukunya “The Best Place to Work” bilang kalau frekuensi apreasiasi yang diberikan lebih utama daripada besarnya. Jadi tidak ada salahnya lebih sering memuji anggota tim anda yang mempunyai performa oke. Penghargaan kecil itu impactnya bisa jadi sangat besar serta membuat anggotamu mempunyai hubungan yang lebih erat, lho! Oh ya agar berimbang, berikan juga evaluasi bagi anggota yang kurang optimal dalam bekerja. Berilah kritik yang membangun. Sampaikan dengan metode yang bagus dan berikan semangat untuk proyek selanjutnya. Selain itu bila ada prestasi team yang membanggakan, tak ada salahnya juga {untuk kamu berikan penghargaan guna merayakan hasil kerja keras tim. Misalnya dengan mengajak mereka makan-makan atau pergi karaoke bersama. Ini juga akan semakin mempererat hubungan antara seluruh anggota tim.
Biarkan Anggota Tim SenangEntrepreneur Martin Zwilling dalam artikelnya yang diterbitkan di
Forbes menyebut situasi lingkungan kerja mempunyai peran dalam menentukan apakah pegawai atau anggota tim tersebut bahagia atau tidak. Menurutnya bagaimana membuat anggota tim selalu bahagia adalah satu tantangan tersendiri. Ada hal-hal kecil yang bisa dilakukan demi membuat anggota tim lebih bahagia, contohnya buat irama kerja yang tidak terlalu kaku alias serius tapi santai, ciptakan waktu kerja se-efisien mungkin jadi tak perlu kerja lembur dan semua anggota tim bisa punya waktu lebih banyak untuk kehidupan pribadinya. Oh iya, utamakan juga buat tak mengganggu anggota tim di luar waktu kerja. Supaya mereka dapat benar-benar menikmati waktu di luar kantor dan jadi lebih bahagia karena tak kepikiran urusan kerjaan terus menerus. Kalau mereka menyenangi situasi pekerjaannya, dijamin deh
engagement yang erat akan semakin tercipta dan situasi kerja pun jadi lebih enak dan produktif. Selamat mencoba!
0 Response to " 3 Triks Meningkatkan Engagement dalam Team yang Efektif "
Posting Komentar