Judul : Berartinya Membina Komunikasi Efektif di Lokasi Pekerjaan
link : Berartinya Membina Komunikasi Efektif di Lokasi Pekerjaan
Berartinya Membina Komunikasi Efektif di Lokasi Pekerjaan

Komunikasi ialah hal yang sangat mendasar serta paling melekat dengan manusia. Sempatkah kamu membayangkan bagaimana rasanya bertahan 1 hari tanpa komunikasi apapun? Pasti seperti terpenjara. Perihal itu wajar kok, karena memang komunikasi itu kebutuhan dasar manusia.
Eits jangan salah, komunikasi itu tidak hanya tentang bicara loh. Pada dasarnya komunikasi ialah proses pengiriman pesan dalam bentuk apapun dari 1 pihak ke pihak lainnya. Bentuknya banyak, dapat verbal (misalnya melalui ucapan, kata-kata, serta tulisan) atau non-verbal (ekspresi serta gerak tubuh).
Ada beberapa hal utama yang melekat dari sebuah bentuk komunikasi. Menurut seorang ahli komunikasi Julia T. Wood, persepsi adalah hal yang paling penting dari sebuah komunikasi. Apa itu persepsi? Persepsi ialah proses seseorang dalam memilih, mengorganisasikan, serta mengartikan pesan yang diperoleh dari sebuah komunikasi. Ada banyak faktor yang dapat mempengaruhi persepsi seseorang. Nah di sinilah biasanya mulai timbul persoalan. Seringkali pesan atau komunikasi yang mau kitakirim tak diterima atau diartikan dengan benar, akhirnya jadi salah paham.
Komunikasi Efektif di Area Kerja
Di tempat kerja setiap hari kita bertemu serta berinteraksi dengan bermacam-macam orang. Mulai dari ngobrol soal kerjaan dengan rekan kerja, curhat masalah pribadi dengan sahabat di 1 divisi, sampai diskusi tentang pekerjaan dengan bos. Kadang kala proses komunikasi ini tak selalu mulus. Selisih paham mungkin pernah terjadi waktu proses komunikasi ini berlangsung.
Ada beberapa hal yang menyebabkan seseorang dapat berselisih paham. Salah satunya ialah kesalahan dalam komunikasi yang akhirnya menyebabkan persoalan antara 2 pihak atau lebih. Nah, di sini lah peran komunikasi efektif sangat diperlukan.
Pada dasarnya semua orang mempunyai kemampuan dasar buat berkomunikasi, itu sudah naluriah serta alami sejak dilahirkan. Tetapi tak semua orang memiliki kemampuan buat berkomunikasi dengan efisien. Komunikasi yang efektif terjadi ketika pesan terkirim dengan baik sesuai dengan maksud dan tujuannya. Jadi misalnya anda mau mengajukan cuti ke atasan dengan alasan acara keluarga yang penting di luar kota. Saat bicara dengan atasan, kamu wajib menyampaikan dengan jelas maksud dan tujuan anda mengajukan cuti agar bos kamu benar-benar paham serta akhirnya memberikan ijin. Pesan itu harus tersampaikan dengan baik untuk menghindari kesalah pahaman yang nantinya akan berujung pada komunikasi yang tak.
Ada beberapa metode yang bisa kalian lakukan buat menjadikan komunikasi kalian di lokasi kerja lebih efektif, di antarnya:
- Coba untuk lebih banyak mendengar
Komunikasi yang efektif dimulai dari kemampuan dalam mendengar. Kamu harus dapat menghargai kolega kerja dan bos di kantor dengan mendengarkan setiap obrolan dengan antusias dan saksama. Dengan begini rekan kerja serta atasan kalian juga akan menghargai kamu saat kamu berbicara.
- Sampaikanlah pesan komunikasi dengan bahasa yang mudah.
Inti dari komunikasi yang efektif ialah ketika pesan dapat tersampaikan dengan baik. Maka, ketahuilah dengan siapa kalian berbicara serta sesuaikan gaya bahasa kamu dalam menyampaikan pesan. Hal ini penting supaya komunikasi gampang dipahami serta akhirnya menjadi efektif.
- Perhatikan bahasa tubuh.
Waktu kita berbicara dengan rekan kerja berusahalah untuk memperhatikan gerak-gerik tubuh. Mungkin ini hal yang terdengar sepele, tetapi penting untuk dilakukan. Misalnya saat berbicara tataplah mata lawan bicara, tersenyum simpul, serta sesekali memberi anggukan sebagai reaksi positif. Hal ini akan diterima oleh lawan bicara anda sebagai tanda bahwa kalian antusias dalam pembicaraan tersebut.
Demikianlah Artikel Berartinya Membina Komunikasi Efektif di Lokasi Pekerjaan
Sekianlah artikel
Berartinya Membina Komunikasi Efektif di Lokasi Pekerjaan
kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.
Anda sekarang membaca artikel Berartinya Membina Komunikasi Efektif di Lokasi Pekerjaan dengan alamat link https://lowongankerjajob2go.blogspot.com/2020/03/berartinya-membina-komunikasi-efektif_28.html
0 Response to " Berartinya Membina Komunikasi Efektif di Lokasi Pekerjaan "
Posting Komentar