Labels

Coba Catat Pentingnya Membina Komunikasi Yang Efektif di Tempat Pekerjaan

Coba Catat Pentingnya Membina Komunikasi Yang Efektif di Tempat Pekerjaan - Hallo sahabat Lowongan Kerja Indonesia , Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul Coba Catat Pentingnya Membina Komunikasi Yang Efektif di Tempat Pekerjaan , kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel Job2Go , yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : Coba Catat Pentingnya Membina Komunikasi Yang Efektif di Tempat Pekerjaan
link : Coba Catat Pentingnya Membina Komunikasi Yang Efektif di Tempat Pekerjaan

Baca juga


Coba Catat Pentingnya Membina Komunikasi Yang Efektif di Tempat Pekerjaan






















 

Komunikasi adalah hal yang sangat mendasar dan paling melekat dengan manusia. Pernahkah kamu membayangkan bagaimana rasanya bertahan 1 hari tanpa komunikasi apapun? Pasti semacam terpenjara. Hal itu wajar kok, sebab memang komunikasi itu kebutuhan dasar manusia.

Eits jangan salah, komunikasi itu tidak hanya tentang bicara loh. Pada dasarnya komunikasi adalah proses penyampaian pesan dalam bentuk apapun dari satu pihak ke pihak lainnya. Bentuknya banyak, bisa verbal (misalnya melalui ucapan, kata-kata, serta tertulis) atau non-verbal (ekspresi dan gerak tubuh).

Ada beberapa hal utama yang menempel dari sebuah bentuk komunikasi. Menurut salah seorang ahli komunikasi Julia T. Wood, persepsi ialah hal yang paling utama dari sebuah komunikasi. Apa itu persepsi?  Persepsi ialah proses seseorang dalam memilih, mengorganisasikan, serta mengartikan pesan yang diterima dari sebuah komunikasi. Ada bermacam faktor yang bisa mempengaruhi persepsi seseorang. Nah di sinilah biasanya mulai timbul persoalan. Seringkali pesan atau komunikasi yang ingin kitakirim tak diterima atau diartikan dengan baik, akhirnya jadi salah paham.

Komunikasi Efektif di Area Kerja

Di lokasi kerja setiap hari kita bertemu dan berinteraksi dengan banyak orang. Mulai dari ngobrol masalah kerjaan dengan kolega kerja, curhat masalah pribadi dengan rekan di 1 divisi, hingga diskusi terkait pekerjaan dengan bos. Terkadang proses komunikasi ini tak selalu lancar. Selisih paham mungkin bisa terjadi waktu proses komunikasi ini berlangsung.

Ada beberapa hal yang menyebabkan seseorang dapat berselisih paham. Salah satunya ialah kesalahan dalam komunikasi yang akhirnya menyebabkan persoalan antara 2 pihak atau lebih. Nah, di sini lah peran komunikasi efisien sangat diperlukan.

Pada dasarnya setia orang memiliki kemampuan dasar untuk berkomunikasi, itu telah naluriah dan alami sejak dilahirkan. Namun tidak semua orang memiliki kemampuan untuk berkomunikasi dengan efektif. Komunikasi yang efektif terjadi kala pesan tersampaikan dengan baik sesuai dengan maksud dan tujuannya. Jadi misalnya kamu ingin mengajukan cuti ke atasan dengan alasan acara keluarga yang mendesak di luar kota. Saat bicara dengan atasan, kalian mesti menyampaikan dengan jelas maksud serta tujuan kalian mengajukan cuti supaya bos anda benar-benar mengerti serta akhirnya memberikan ijin. Pesan itu wajib tersampaikan dengan baik buat menghindari kesalah pahaman yang nantinya bisa berujung pada komunikasi yang tidak baik.

Ada beberapa metode yang bisa anda lakukan untuk menjadikan komunikasi kamu di tempat kerja lebih efektif, di antarnya:

  • Coba buat lebih banyak mendengar


Komunikasi yang efektif dimulai dari kemampuan waktu mendengar. Kamu wajib dapat menghormati teman kerja dan bos di kantor dengan mendengarkan setiap pembicaraan dengan antusias dan saksama. Dengan begini rekan kerja dan bos kamu juga akan menghargai anda saat kamu berbicara.

  • Sampaikanlah pesan komunikasi dengan bahasa yang gampang.


Inti dari komunikasi yang efektif adalah waktu pesan bisa tersampaikan dengan baik. Jadi, ketahuilah dengan siapa kalian berbicara serta sesuaikan gaya bahasa kamu dalam menyampaikan pesan. Hal ini penting agar komunikasi mudah dipahami dan akhirnya menjadi efektif.

  • Perhatikan bahasa tubuh.


Dikala kita berbicara dengan rekan kerja berusahalah buat memperhatikan gerak-gerik tubuh. Mungkin ini hal yang terdengar sepele, tetapi penting untuk dilakukan. Misalnya saat berbicara tataplah mata lawan bicara, tersenyum simpul, serta sesekali memberi anggukan sebagai reaksi positif. Hal ini akan diterima oleh lawan bicara kalian sebagai tanda bahwa kamu antusias dalam pembicaraan tersebut.






Demikianlah Artikel Coba Catat Pentingnya Membina Komunikasi Yang Efektif di Tempat Pekerjaan

Sekianlah artikel Coba Catat Pentingnya Membina Komunikasi Yang Efektif di Tempat Pekerjaan kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

Anda sekarang membaca artikel Coba Catat Pentingnya Membina Komunikasi Yang Efektif di Tempat Pekerjaan dengan alamat link https://lowongankerjajob2go.blogspot.com/2020/03/coba-catat-pentingnya-membina_16.html

0 Response to " Coba Catat Pentingnya Membina Komunikasi Yang Efektif di Tempat Pekerjaan "

Posting Komentar