Kerja team yang bagus tentunya akan mengarah ke hasil yang bagus pula. Akan tetapi, bagaimanakah cara meraih performa yang maksimal sebagai tim? Salah satu jawabannya adalah: sejauh apa
engagement atau keterikatan psikologis para anggota team tersebut. Tim yang kompak dan punya visi yang serupa pastinya akan lebih gampang bekerja dan mencapai hasil maksimal. Bagaimana caranya membangun
engagement dalam tim?
Job2Go bakal beri sejumlah rahasianya.
Komunikasi Adalah KunciHal ini merupakan rahasia umum yang banyak kali disepelekan. Coba deh buka ruang komunikasi yang luas antar anggota tim. Gunakan semua medium komunikasi baik via pesan teks, telepon, atau berhadapan muka langsung. Pastikan semua anggota team dapat menyampaikan pendapatnya hingga tidak ada
unek-unek atau ganjalan yang membikin mereka tak nyaman dan kehilangan keterikatan dengan timnya. Pantau perkembangan pekerjaan dan tanyakan bila ada ancaman yang dihadapi anggota team. Komunikasi juga tak berarti semua wajib mampu menyampaikan pendapatnya, tetapi ada yang lebih utama yaitu mendengarkan. Sebab tanpa didengar dengan baik, hal yang disampaikan tentu akan percuma.
Pelihara Hubungan Timbal BalikDalam hal pekerjaan, tentu akan selalu ada tolak ukur. Sikap transparan dalam mengukur hasil kerja akan menyebabkan anggota tim merasa keberadan dan kontribusinya diakui. Psikolog Ron Friedman dalam karyanya “The Best Place to Work” mengatakan kalau jumlah apreasiasi yang diberikan lebih penting daripada besarnya. Jadi tak ada salahnya lebih sering memuji anggota tim kalian yang memiliki kinerja menonjol. Apresiasi kecil itu dampaknya dapat jadi sangat besar serta bikin anggotamu mempunyai hubungan yang lebih erat, lho! Oh ya supaya berimbang, berikan juga evaluasi bagi anggota yang kurang maksimal dalam bekerja. Berilah kritik yang membangun. Sampaikan dengan cara yang baik dan berikan semangat untuk proyek selanjutnya. Selain itu bila ada pencapaian tim yang membanggakan, tak ada salahnya juga {untuk kamu berikan penghargaan guna merayakan hasil kerja keras tim. Contohnya dengan mengajak mereka makan-makan atau pergi karaoke bersama. Ini juga akan semakin mempererat hubungan antara seluruh anggota team.
Biarkan Anggota Tim SenangWirausahawan Martin Zwilling dalam artikelnya yang dimuat di
Forbes menyebut situasi lingkungan kerja punya peran dalam menentukan apakah pegawai atau anggota team tersebut senang atau tidak. Menurutnya bagaimana membuat anggota tim selalu senang adalah satu tantangan tersendiri. Ada hal-hal kecil yang dapat dilakukan demi membuat anggota tim lebih senang, contohnya buat irama kerja yang fleksibel alias serius tapi santai, ciptakan waktu kerja se-efisien mungkin jadi tidak perlu kerja lembur dan semua anggota tim bisa memiliki waktu lebih banyak untuk kehidupan pribadinya. Oh iya, penting juga buat tak mengganggu anggota tim di luar jam kerja. Agar mereka dapat benar-benar menikmati waktu di luar kantor dan jadi lebih bahagia karena nggak kepikiran urusan kerjaan terus menerus. Jika mereka menyukai situasi pekerjaannya, dijamin deh
engagement yang erat akan semakin tercipta dan situasi kerja pun jadi lebih enak dan produktif. Selamat mencoba!
0 Response to " Tiga Tips Meningkatkan Engagement dalam Tim yang Efisen "
Posting Komentar