Labels

Mengenal 2 Jenis Stress serta Tiga Cara Menyelesaikannya

Mengenal 2 Jenis Stress serta Tiga Cara Menyelesaikannya - Hallo sahabat Lowongan Kerja Indonesia , Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul Mengenal 2 Jenis Stress serta Tiga Cara Menyelesaikannya , kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel Pekerjaan , Artikel Stress , yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : Mengenal 2 Jenis Stress serta Tiga Cara Menyelesaikannya
link : Mengenal 2 Jenis Stress serta Tiga Cara Menyelesaikannya

Baca juga


Mengenal 2 Jenis Stress serta Tiga Cara Menyelesaikannya






















“Stres” mungkin ini ialah kata yang cukup melekat dengan kehidupan sehari-hari. Perihal itu memang betul adanya, sebab sebagai manusia sosial, setiap harinya hampir selalu dihadapkan pada bermacam hal yang memicu stres. Mulai dari lingkaran terkecil seperti keluarga, pekerjaan, sampai masyarakat secara luas bisa menjadi pemicu stres.

{NamunTapi kamu tau tak kalau stres ini sebenarnya tidak selalu buruk, loh. Supaya lebih paham soal seluk-beluk stres kita pelajari sama-sama yuk! Diadaptasi dari situs Psikodemia.com stres ini terbagi ke dalam dua jenis, Eustress dan Distress. Keduanya memiliki karakteristik yang sangat berbeda, ini dia penjelasannya.

Eustress 

Ini ialah jenis stres yang membawa dampak positif buat diri manusia. Bersifat sehat serta juga membangun diri kita buat menjadi lebih baik. Biasanya stres jenis ini sering dihubungkan dengan kemampuan manusia untuk beradaptasi dengan lingkungan dan juga peningkatan kinerja yang baik. Misalnya nih anda di area kerja diberi tugas sama bos, tetapi sebetulnya anda tidak paham bagaimana metode menyelesaikannya. Akhirnya kalian jadi stres, tapi rasa stres itu memancing kamu buat mencari tahu dengan berbagai cara untuk menyelesaikan tugas tersebut. Mulai dari tanya ke rekan kerja senior, cari data di internet, sampai mempelajari sendiri dari tulisan atau bahan bacaan lain. Stres ini justru jadi memancing kamu buat berpikir dan berkembang. Akhirnya tugas dari bos pun bisa terselesaikan dengan baik.

Distress

Stres tipe ini adalah berlawanan dari eustress. Di mana stres justru menyebabkan dampak buruk bagi manusia. Bersifat tak sehat serta negatif. Hal ini ditandai dengan stres berlebihan yang sudah mulai mengganggu aktivitas sehari-hari. Bahkan jika terus dibiarkan dan nggak ditangani dengan baik dapat menimbulkan gangguan pada kesehatan, misalnya insomnia atau suah tidur, asam lambung, dan mual. Anda wajib dapat mengidentifikasi dan mengenali bila stres telah berlebihan dan terasa mengganggu. Jika diperlukan kamu bisa meminta bantuan konsultasi dari ahli seperti psikolog atau dokter spesialis kejiwaan. Sehingga kondisi bisa cepat ditangani dan tidak semakin parah.

Nah, sebenarnya ada beragam cara yang bisa dilakukan untuk menghindari stres berlebihan. Salah satunya ialah dengan manajemen stres. Mengutip Dokter Chrisendy Hakim dari tulisan HelloSehat ini dia triks yang dapat kamu lakukan

Kenali diri dan cari tahu penyebabnya

Sebagai langkah awal, anda mesti mencari tahu pemicu datangnya stres. Apa kira-kira hal yang mengganggu pikiran dan menjadikan anda tak fokus dan contohnya membuat susah tidur. Setelah tahu apa penyebabnya pelan-pelan perlahan-lahan berupaya mencari jalan keluar dengan mengelola emosi, berfikir positif, dan memberi motivasi pada diri sendiri.

Lingkungan positif

Tau tak sih, kondisi stres itu dapat menular loh. Maka sangat penting buat kalian berada di sekeliling orang-orang yang berpikiran positif. Apalagi ketika kalian sedang stres berat mendingan jauh-jauh dulu deh sama lingkungan yang buruk dan membawa efek negatif. Perbanyak berkumpul atau berdiskusi dengan lingkungan yang positif. Lama kelamaan kamu pasti akan tertular dengan pemikiran-pemikiran yang positif, akhirnya beban stres pun perlahan-lahan menghilang.

Terapi relaksasi

Bernafas! Itu adalah kunci utama. Pada waktu tiba-tiba dihadapkan dengan persoalan berat yang menyebabkan hati jadi cemas berlebihan, takut, dan panik cobalah tetap tenang dengan mengatur nafas. Caranya mudah banget tapi sangat efektif. Coba cara 4-4-4 deh. Jadi, tarik nafas dalam 4 hitungan, tahan selama 4 detik, kemudian hembuskan nafas dalam hitungan 4 detik. Tubuh menjadi rileks, pikiran pun akan jauh lebih tenang.

Olahraga

Mungkin kedengaran klise, namun percaya deh olahraga itu sangat bagus buat merileksasi pikiran. Dengan berolahraga badan jadi lebih segar, suasana hati menjadi baik, dan produktivitas pun meningkat. Waktu berolahraga badan kita mengeluarkan hormon endorfin. Hormon ini menciptakan perasaan senang, tenang, dan bahagia.






Demikianlah Artikel Mengenal 2 Jenis Stress serta Tiga Cara Menyelesaikannya

Sekianlah artikel Mengenal 2 Jenis Stress serta Tiga Cara Menyelesaikannya kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

Anda sekarang membaca artikel Mengenal 2 Jenis Stress serta Tiga Cara Menyelesaikannya dengan alamat link https://lowongankerjajob2go.blogspot.com/2020/05/mengenal-2-jenis-stress-serta-tiga-cara.html

0 Response to " Mengenal 2 Jenis Stress serta Tiga Cara Menyelesaikannya "

Posting Komentar