Labels

Mengelola 2 Tipe Stres dan 3 Cara Menyelesaikannya

Mengelola 2 Tipe Stres dan 3 Cara Menyelesaikannya - Hallo sahabat Lowongan Kerja Indonesia , Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul Mengelola 2 Tipe Stres dan 3 Cara Menyelesaikannya , kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel Pekerjaan , Artikel Stress , yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : Mengelola 2 Tipe Stres dan 3 Cara Menyelesaikannya
link : Mengelola 2 Tipe Stres dan 3 Cara Menyelesaikannya

Baca juga


Mengelola 2 Tipe Stres dan 3 Cara Menyelesaikannya






















“Stres” mungkin ini ialah kata yang cukup melekat dengan kehidupan sehari-hari. Hal ini memang betul adanya, sebab sebagai manusia sosial, setiap harinya seringkali dihadapkan pada bermacam hal yang memicu stres. Mulai dari lingkungan terkecil seperti keluarga, pekerjaan, sampai masyarakat secara luas bisa menjadi pemicu stres.

{NamunTetapi anda tau tidak kalau stres ini sebenarnya tak selalu buruk, loh. Supaya lebih tahu soal seluk-beluk stres kita pelajari sama-sama yuk! Dilansir dari laman Psikodemia.com stres ini terbagi ke dalam 2 tipe, Eustress dan Distress. Keduanya mempunyai karakteristik yang sangat berbeda, ini dia penjelasannya.

Eustress 

Ini ialah jenis stres yang mempunyai dampak positif untuk diri manusia. Bersifat sehat serta juga membangun diri kita buat menjadi lebih baik. Biasanya stres jenis ini selalu dihubungkan dengan kemampuan manusia untuk beradaptasi dengan lingkungan dan juga peningkatan kinerja yang baik. Misalnya nih anda di area pekerjaan dikasih tugas sama bos, alan tetapi sebenarnya kamu nggak paham bagaimana cara menyelesaikannya. Akhirnya kamu jadi stres, tapi rasa stres itu memancing kalian untuk mencari tau dengan berbagai metode untuk menyelesaikan tugas tersebut. Mulai dari tanya ke rekan kerja senior, cari informasi di internet, hingga mempelajari sendiri dari buku atau bahan bacaan lain. Stres ini justru jadi memancing kamu untuk berpikir dan berkembang. Akhirnya tugas dari boss pun dapat terselesaikan dengan baik.

Distress

Stres tipe ini adalah kebalikan dari eustress. Di mana stres justru menyebabkan efek je;ek buat manusia. Bersifat tidak sehat serta negatif. Hal ini ditandai dengan stres berlebihan yang sudah mulai mengganggu aktivitas sehari-hari. Bahkan bila terus dibiarkan dan tak dikelola dengan baik bisa menyebabkan gangguan pada kesehatan, misalnya insomnia atau sulit tidur, asam lambung, dan mual. Kalian wajib bisa mengidentifikasi dan mengenali jika stres telah berlebihan dan terasa mengganggu. Bila dibutuhkan anda bisa meminta pertolongan masukan dari ahli seperti psikolog atau dokter spesialis kejiwaan. Sehingga kondisi bisa cepat ditangani dan tak semakin parah.

Nah, sebenarnya ada beragam cara yang bisa dilakukan buat menghindari stres berlebihan. Salah satunya adalah dengan manajemen stres. Mengutip ahli Chrisendy Hakim dari situs HelloSehat ini dia metode yang bisa anda lakukan

Kenali diri dan cari tahu penyebabnya

Sebagai langkah awal, kamu harus mencari tau pemicu datangnya stres. Apa kira-kira hal yang mengganggu pikiran dan menjadikan kamu tak fokus dan misalnya membuat susah tidur. Setelah tau apa penyebabnya pelan-pelan perlahan-lahan berupaya mencari jalan keluar dengan mengelola emosi, berfikir positif, dan memberi motivasi kepada diri sendiri.

Lingkungan positif

Tau nggak sih, situasi stres itu bisa menular loh. Makanya penting untuk kalian berada di sekeliling orang-orang yang berpikiran positif. Apalagi ketika kalian lagi stres berat mendingan jauh-jauh dulu deh sama lingkungan yang buruk dan membawa efek negatif. Perbanyak berkumpul atau berdiskusi dengan lingkungan yang positif. Lama kelamaan anda pasti akan tertular dengan pemikiran-pemikiran yang positif, akhirnya beban stres pun perlahan-lahan menghilang.

Terapi relaksasi

Bernafas! Itu adalah kunci utama. Pada waktu tiba-tiba dihadapkan dengan persoalan berat yang membuat hati jadi cemas berlebihan, takut, dan panik cobalah tetap tenang dengan mengatur nafas. Caranya gampang banget tapi sangat efektif. Coba cara 4-4-4 deh. Jadi, tarik nafas dalam empat hitungan, tahan selama 4 detik, kemudian hembuskan nafas dalam hitungan 4 detik. Badan jadi rileks, pikiran pun akan jauh lebih tenang.

Olahraga

Mungkin kedengaran klise, namun percaya deh olahraga itu sangat baik buat menenagkan pikiran. Dengan berolahraga badan jadi lebih segar, suasana hati menjadi baik, dan produktivitas pun meningkat. Waktu berolahraga badan kita mengeluarkan hormon endorfin. Hormon ini menciptakan perasaan senang, tenang, dan bahagia.






Demikianlah Artikel Mengelola 2 Tipe Stres dan 3 Cara Menyelesaikannya

Sekianlah artikel Mengelola 2 Tipe Stres dan 3 Cara Menyelesaikannya kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

Anda sekarang membaca artikel Mengelola 2 Tipe Stres dan 3 Cara Menyelesaikannya dengan alamat link https://lowongankerjajob2go.blogspot.com/2020/12/mengelola-2-tipe-stres-dan-3-cara.html

0 Response to " Mengelola 2 Tipe Stres dan 3 Cara Menyelesaikannya "

Posting Komentar