Kerja tim yang efektif tentunya akan mengarah ke hasil yang baik pula. Akan tetapi, bagaimanakah cara meraih kinerja yang maksimal sebagai tim? Salah satu jawabannya adalah: sejauh apa
engagement atau keterikatan psikologis para anggota team tersebut. Tim yang kompak serta punya vision yang serupa pastinya akan lebih mudah bekerja dan mencapai hasil maksimal. Gimana caranya membangun
engagement dalam team?
Job2Go akan kasih beberapa rahasianya.
Komunikasi Ialah KunciIni merupakan rahasia umum yang banyak kali diabaikan. Coba deh buka ruang komunikasi yang lebar antar anggota tim. Gunakan semua medium komunikasi baik via pesan teks, telepon, atau berhadapan muka langsung. Yakinkan semua anggota tim bisa menyampaikan opininya sehingga tidak ada
unek-unek atau ganjalan yang membuat mereka tak nyaman dan kehilangan keterikatan dengan timnya. Amati perkembangan pekerjaan dan tanyakan apabila ada hambatan yang dihadapi anggota team. Komunikasi juga tak berarti semua mesti mampu menyampaikan pendapatnya, namun ada yang lebih penting yaitu mendengarkan. Karena tanpa didengar dengan baik, hal yang disampaikan tentu akan sia sia.
Pelihara Hubungan Timbal BalikDalam hal pekerjaan, tentu akan selalu ada tolak ukur. Prilaku transparan dalam mengukur hasil kerja akan membuat anggota tim merasa keberadan dan kontribusinya diakui. Psikolog Ron Friedman dalam karyanya “The Best Place to Work” bilang kalau frekuensi apreasiasi yang diberikan lebih penting daripada besarnya. Jadi tak ada salahnya lebih sering memuji anggota tim anda yang mempunyai performa menonjol. Apresiasi kecil itu efeknya bisa jadi sangat besar dan membuat anggotamu punya hubungan yang lebih erat, lho! Oh ya agar berimbang, berikan juga evaluasi bagi anggota yang kurang maksimal dalam bekerja. Berilah kritik yang membangun. Sampaikan dengan cara yang baik dan berikan semangat buat proyek selanjutnya. Selain itu jika ada pencapaian tim yang membanggakan, tak ada salahnya juga {untuk kamu berikan penghargaan guna merayakan hasil kerja keras tim. Contohnya dengan mengajak mereka makan-makan atau pergi karaoke bersama. Ini juga akan semakin mempererat hubungan antara seluruh anggota team.
Biarkan Anggota Tim BerbahagiaPengusaha Martin Zwilling dalam artikelnya yang diterbitkan di
Forbes menyebut kondisi lingkungan kerja mempunyai peran dalam menentukan apakah karyawan atau anggota tim tersebut senang atau tidak. Menurutnya bagaimana membuat anggota tim selalu bahagia adalah sebuah tantangan tersendiri. Ada hal-hal kecil yang dapat dilakukan demi membuat anggota team lebih senang, misalnya buat irama kerja yang tidak terlalu kaku alias serius tapi santai, ciptakan waktu kerja se-efektif mungkin jadi tidak perlu kerja lembur dan semua anggota tim bisa punya waktu lebih banyak untuk kehidupan pribadinya. Oh iya, penting juga buat tak mengganggu anggota tim di luar waktu kerja. Supaya mereka bisa benar-benar menikmati waktu di luar kantor dan jadi lebih bahagia sebab tak kepikiran urusan kerjaan terus menerus. Jika mereka menyukai situasi pekerjaannya, dijamin deh
engagement yang erat akan semakin tercipta dan situasi kerja pun jadi lebih enak dan produktif. Yuk mencoba!
0 Response to " 3 Cara Membangun Engagement dalam Team "
Posting Komentar