Labels

Mengelola 2 Jenis Stress serta Tiga Cara Menyelesaikannya

Mengelola 2 Jenis Stress serta Tiga Cara Menyelesaikannya - Hallo sahabat Lowongan Kerja Indonesia , Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul Mengelola 2 Jenis Stress serta Tiga Cara Menyelesaikannya , kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel Pekerjaan , Artikel Stress , yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : Mengelola 2 Jenis Stress serta Tiga Cara Menyelesaikannya
link : Mengelola 2 Jenis Stress serta Tiga Cara Menyelesaikannya

Baca juga


Mengelola 2 Jenis Stress serta Tiga Cara Menyelesaikannya






















“Stres” mungkin ini ialah kalimat yang sangat menempel pada kehidupan sehari-hari. Perihal itu memang benar adanya, sebab sebagai mahluk sosial, setiap harinya seringkali dihadapkan pada berbagai hal yang memicu stres. Mulai dari lingkaran terkecil seperti keluarga, pekerjaan, sampai masyarakat secara luas dapat menjadi pemicu stres.

{NamunTapi kalian tau tak kalau stres ini sebenarnya nggak selalu buruk, loh. Agar lebih paham soal seluk-beluk stres kita pelajari sama-sama yuk! Dilansir dari tulisan Psikodemia.com stres ini terbagi ke dalam dua macam, Eustress dan Distress. Keduanya memiliki karakteristik yang sangat berbeda, ini dia penjelasannya.

Eustress 

Ini ialah jenis stres yang mempunyai efek positif untuk diri manusia. Bersifat sehat serta juga membangun diri kita buat menjadi lebih baik. Biasanya stres tipe ini selalu dihubungkan dengan kemampuan manusia buat menyesuaikan diri dengan lingkungan dan juga peningkatan kinerja yang baik. Contohnya nih kamu di area kerja diberi tugas sama bos, namun sebenarnya kalian nggak mengerti bagaimana metode menyelesaikannya. Akhirnya kalian jadi stres, tapi rasa stres itu memancing anda buat mencari tahu dengan berbagai metode untuk menyelesaikan pekerjaan tersebut. Mulai dari tanya ke kolega kerja senior, cari data di internet, sampai mempelajari sendiri dari tulisan atau bahan bacaan lain. Stres ini justru jadi memancing kalian buat berpikir dan berkembang. Akhirnya tugas dari bos pun bisa terselesaikan dengan baik.

Distress

Stres tipe ini ialah berlawanan dari eustress. Di mana stres justru membuat dampak je;ek bagi manusia. Bersifat tak sehat serta negatif. Hal ini ditandai dengan stres berlebihan yang telah mulai mengganggu aktivitas sehari-hari. Bahkan bila terus dibiarkan dan tak dikelola dengan baik bisa menyebabkan gangguan pada kesehatan, contohnya insomnia atau sulit tidur, asam lambung, dan mual. Kamu wajib bisa mengidentifikasi dan mengenali bila stres sudah berlebihan dan terasa mengganggu. Jika dibutuhkan anda bisa meminta pertolongan masukan dari pakar seperti psikolog atau dokter spesialis kejiwaan. Sehingga kondisi bisa cepat ditangani dan tidak semakin parah.

Nah, sebenarnya ada beragam cara yang dapat dilakukan untuk menghindari stres berlebihan. Salah satunya adalah dengan manajemen stres. Mengutip ahli Chrisendy Hakim dari tulisan HelloSehat ini dia tips yang dapat kalian lakukan

Kenali diri dan cari tau penyebabnya

Sebagai langkah pertama, kamu mesti mencari tahu pemicu datangnya stres. Apa kira-kira hal yang mengganggu pikiran dan membuat kalian tak fokus dan misalnya menjadi sulit tidur. Setelah tahu apa penyebabnya pelan-pelan perlahan-lahan berupaya mencari jalan keluar dengan mengendalikan emosi, berfikir positif, dan memberi motivasi kepada diri sendiri.

Lingkungan positif

Tau tidak sih, situasi stres itu bisa menular loh. Makanya sangat penting banget buat kalian berada di sekeliling orang-orang yang berpikiran positif. Apalagi ketika kalian lagi stres berat mendingan jauh-jauh dulu deh sama lingkungan yang buruk dan membawa efek negatif. Perbanyak berkumpul atau ngobrol dengan lingkungan yang positif. Lama kelamaan kalian pasti akan tertular dengan pemikiran-pemikiran yang positif, akhirnya beban stres pun perlahan-lahan menghilang.

Terapi relaksasi

Bernafas! Itu adalah kunci utama. Pada waktu tiba-tiba dihadapkan dengan persoalan berat yang menyebabkan hati jadi cemas berlebihan, takut, dan panik cobalah tetap tenang dengan mengatur nafas. Caranya gampang banget namun sangat efektif. Coba metode 4-4-4 deh. Jadi, tarik nafas dalam 4 hitungan, tahan selama 4 detik, kemudian hembuskan nafas dalam hitungan 4 detik. Badan menjadi rileks, pikiran pun akan jauh lebih tenang.

Olahraga

Mungkin kedengaran klise, namun percaya deh olahraga itu sangat baik buat merileksasi pikiran. Dengan berolahraga tubuh jadi lebih segar, suasana hati menjadi baik, dan produktivitas pun meningkat. Waktu berolahraga tubuh kita mengeluarkan hormon endorfin. Hormon ini menciptakan perasaan senang, tenang, serta bahagia.






Demikianlah Artikel Mengelola 2 Jenis Stress serta Tiga Cara Menyelesaikannya

Sekianlah artikel Mengelola 2 Jenis Stress serta Tiga Cara Menyelesaikannya kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

Anda sekarang membaca artikel Mengelola 2 Jenis Stress serta Tiga Cara Menyelesaikannya dengan alamat link https://lowongankerjajob2go.blogspot.com/2020/12/mengelola-2-jenis-stress-serta-tiga_28.html

0 Response to " Mengelola 2 Jenis Stress serta Tiga Cara Menyelesaikannya "

Posting Komentar