Kerja team yang efektif tentunya akan mengarah ke hasil yang bagus pula. Namun, bagaimanakah metode meraih kinerja yang maksimal sebagai team? Salah satu jawabannya ialah: sejauh apa
engagement atau keterikatan psikologis para anggota tim tsb. Tim yang kompak serta punya visi yang sama tentunya akan lebih gampang bekerja dan mencapai hasil optimal. Bagaimana metodenya membangun
engagement dalam team?
Job2Go akan beri beberapa rahasianya.
Komunikasi Adalah KunciIni merupakan rahasia umum yang sering kali diabaikan. Coba deh buka ruang komunikasi yang luas antar anggota team. Manfaatkan semua medium komunikasi baik melalui pesan teks, telepon, atau bertatap muka langsung. Yakinkan semua anggota team bisa menyampaikan pendapatnya sehingga tak ada
unek-unek atau ganjalan yang membuat mereka tak nyaman dan kehilangan keterikatan dengan timnya. Pantau perkembangan pekerjaan dan tanyakan bila ada kesulitan yang dihadapi anggota team. Komunikasi juga tak berarti semua mesti bisa menyampaikan opininya, tetapi ada yang lebih utama yaitu mendengarkan. Karena tanpa didengar dengan baik, hal yang disampaikan tentu akan percuma.
Pelihara Hubungan Timbal BalikDalam hal pekerjaan, tentu akan selalu ada tolak ukur. Sikap transparan dalam mengukur hasil kerja akan membuat anggota tim merasa keberadan dan kontribusinya diakui. Psikolog Ron Friedman dalam karyanya “The Best Place to Work” mengatakan kalau jumlah penghargaan yang diberikan lebih penting daripada besarnya. Jadi tak ada salahnya lebih sering memuji anggota tim anda yang memiliki kinerja oke. Penghargaan kecil itu dampaknya bisa menjadi sangat besar serta bikin anggotamu punya hubungan yang lebih erat, lho! Oh ya supaya berimbang, berikan juga evaluasi buat anggota yang kurang optimal dalam bekerja. Berilah kritik yang membangun. Sampaikan dengan metode yang bagus dan berikan semangat buat proyek selanjutnya. Selain itu jika ada pencapaian tim yang membanggakan, tak ada salahnya juga {untuk kamu berikan penghargaan guna merayakan hasil kerja keras tim. Contohnya dengan mengajak mereka makan-makan atau pergi karaoke bersama. Ini juga akan semakin mempererat hubungan antara seluruh anggota tim.
Biarkan Anggota Tim SenangEntrepreneur Martin Zwilling dalam tulisannya yang diterbitkan di
Forbes menyebut situasi lingkungan kerja punya peran dalam menentukan apakah pegawai atau anggota team tersebut senang atau tidak. Menurutnya bagaimana membuat anggota tim selalu senang adalah sebuah tantangan tersendiri. Ada hal-hal kecil yang dapat dilakukan demi membuat anggota team lebih bahagia, contohnya buat irama kerja yang tidak terlalu kaku alias serius tapi santai, ciptakan waktu kerja se-efektif mungkin jadi tak perlu kerja lembur dan semua anggota tim dapat mempunyai waktu lebih banyak buat kehidupan pribadinya. Oh iya, penting juga untuk tak mengganggu anggota tim di luar jam kerja. Supaya mereka bisa benar-benar menikmati waktu di luar kantor dan jadi lebih senang karena nggak kepikiran urusan kerjaan terus menerus. Kalau mereka menyenangi situasi pekerjaannya, dijamin deh
engagement yang erat akan semakin tercipta dan suasana kerja pun jadi lebih enak dan produktif. Yuk mencoba!
0 Response to " 3 Cara Meningkatkan Keterikatan Psikologis dalam Team "
Posting Komentar