Kerja tim yang efisien tentunya akan mengarah ke hasil yang bagus pula. Namun, bagaimanakah cara meraih performa yang optimal sebagai team? Salah satu jawabannya adalah: sejauh apa
engagement atau keterikatan psikologis para anggota team tersebut. Team yang kompak dan punya vision yang serupa tentunya akan lebih gampang bekerja dan mencapai hasil optimal. Gimana metodenya membangun
engagement dalam tim?
Job2Go akan beri beberapa rahasianya.
Komunikasi Ialah KunciIni merupakan rahasia umum yang banyak banget diabaikan. Coba deh buka ruang komunikasi yang lebar antar anggota team. Manfaatkan semua jalur komunikasi baik via pesan teks, telepon, atau bertemu muka langsung. Yakinkan semua anggota tim bisa menyampaikan pendapatnya sehingga tidak ada
unek-unek atau ganjalan yang membikin mereka tak nyaman dan kehilangan keterikatan dengan timnya. Pantau perkembangan pekerjaan dan tanyakan apabila ada tantangan yang dihadapi anggota tim. Komunikasi juga tidak berarti semua harus sanggup menyampaikan pendapatnya, namun ada yang lebih penting yaitu mendengarkan. Karena tanpa didengar dengan baik, hal yang disampaikan tentu akan sia sia.
Pelihara Hubungan Timbal BalikDalam hal pekerjaan, tentu akan selalu ada tolak ukur. Sikap transparan dalam mengukur hasil kerja akan menyebabkan anggota tim merasa keberadan dan kontribusinya diakui. Psikolog Ron Friedman dalam bukunya “The Best Place to Work” bilang kalau frekuensi apreasiasi yang diberikan lebih penting daripada besarnya. Jadi tidak ada salahnya lebih sering memuji anggota tim kamu yang mempunyai performa oke. Apresiasi kecil itu impactnya dapat jadi sangat besar dan membuat anggotamu mempunyai hubungan yang lebih erat, lho! Oh ya agar seimbang, berikan juga evaluasi bagi anggota yang kurang optimal dalam bekerja. Berilah kritik yang membangun. Sampaikan dengan cara yang baik dan berikan semangat untuk proyek selanjutnya. Selain itu jika ada pencapaian team yang membanggakan, gak ada salahnya juga {untuk kamu berikan penghargaan guna merayakan hasil kerja keras tim. Misalnya dengan mengajak mereka makan-makan atau pergi karaoke bersama. Ini juga akan semakin mempererat hubungan antara seluruh anggota tim.
Biarkan Anggota Tim SenangEntrepreneur Martin Zwilling dalam artikelnya yang diterbitkan di
Forbes menyebut situasi area kerja mempunyai peran dalam menentukan apakah karyawan atau anggota team tersebut bahagia atau tidak. Menurutnya bagaimana membuat anggota tim selalu bahagia adalah sebuah tantangan tersendiri. Ada hal-hal kecil yang dapat dilakukan demi membuat anggota team lebih bahagia, misalnya buat ritme kerja yang fleksibel alias serius tapi santai, ciptakan waktu kerja se-efisien mungkin jadi tak perlu kerja lembur dan semua anggota tim dapat memiliki waktu lebih banyak untuk kehidupan pribadinya. Oh iya, penting juga buat tidak mengganggu anggota tim di luar waktu kerja. Supaya mereka bisa benar-benar menikmati waktu di luar kantor dan jadi lebih senang karena tak kepikiran urusan kerjaan terus menerus. Kalau mereka menyukai kondisi pekerjaannya, dijamin deh
engagement yang erat akan semakin tercipta serta kondisi kerja pun jadi lebih enak dan produktif. Selamat mencoba!
0 Response to " 3 Cara Penting untuk Membangun Engagement dalam Team Kerja "
Posting Komentar