Kerja team yang baik tentunya akan mengarah ke hasil yang efisien pula. Namun, bagaimanakah metode meraih kinerja yang maksimal sebagai team? Salah satu jawabannya adalah: sejauh apa
engagement atau keterikatan psikologis para anggota tim tsb. Team yang kompak dan punya visi yang sama pastinya akan lebih gampang bekerja dan mencapai hasil maksimal. Gimana metodenya membangun
engagement dalam tim?
Job2Go bakal beri beberapa rahasianya.
Komunikasi Adalah KunciIni merupakan rahasia umum yang sering banget disepelekan. Coba deh buka ruang komunikasi yang luas antar anggota tim. Gunakan semua medium komunikasi baik melalui pesan teks, telepon, atau bertatap muka langsung. Yakinkan semua anggota team dapat menyampaikan pendapatnya hingga tidak ada
unek-unek atau ganjalan yang membikin mereka tidak nyaman dan kehilangan keterikatan dengan timnya. Amati perkembangan pekerjaan dan tanyakan bila ada kesulitan yang dihadapi anggota team. Komunikasi juga tak berarti semua harus mampu menyampaikan pendapatnya, namun ada yang lebih penting yaitu mendengarkan. Karena tanpa didengar dengan baik, hal yang disampaikan tentu akan percuma.
Pelihara Hubungan Timbal BalikDalam hal pekerjaan, tentu akan selalu ada penilaian. Prilaku transparan dalam mengukur hasil kerja akan menyebabkan anggota tim merasa keberadan dan kontribusinya diakui. Psikolog Ron Friedman dalam karyanya “The Best Place to Work” bilang jika jumlah apreasiasi yang diberikan lebih utama daripada besarnya. Jadi nggak ada salahnya lebih banyak memuji anggota tim kalian yang punya kinerja oke. Apresiasi kecil itu dampaknya dapat menjadi sangat besar dan bikin anggotamu punya hubungan yang lebih erat, lho! Oh ya supaya berimbang, berikan juga evaluasi buat anggota yang kurang optimal dalam bekerja. Berilah kritik yang membangun. Sampaikan dengan cara yang bagus dan berikan semangat buat proyek selanjutnya. Selain itu jika ada pencapaian tim yang membanggakan, tak ada salahnya juga {untuk kamu berikan penghargaan guna merayakan hasil kerja keras tim. Misalnya dengan mengajak mereka makan-makan atau pergi karaoke bersama. Ini juga akan semakin mempererat hubungan antara seluruh anggota team.
Biarkan Anggota Tim BerbahagiaWirausahawan Martin Zwilling dalam artikelnya yang diterbitkan di
Forbes menyebut situasi lingkungan kerja punya peran dalam menentukan apakah pegawai atau anggota team tersebut bahagia atau tidak. Menurutnya bagaimana membuat anggota tim selalu senang adalah sebuah tantangan tersendiri. Ada hal-hal kecil yang bisa dilakukan demi membuat anggota team lebih senang, misalnya buat irama kerja yang tidak terlalu kaku alias serius tapi santai, ciptakan waktu kerja se-efisien mungkin jadi tidak perlu kerja lembur dan semua anggota tim dapat mempunyai waktu lebih banyak buat kehidupan pribadinya. Oh iya, utamakan juga untuk tak mengganggu anggota tim di luar jam kerja. Supaya mereka bisa benar-benar menikmati waktu di luar kantor dan jadi lebih bahagia karena tidak kepikiran urusan kerjaan terus menerus. Jika mereka menyukai kondisi pekerjaannya, dijamin deh
engagement yang erat akan semakin tercipta dan kondisi kerja pun jadi lebih enak dan produktif. Yuk mencoba!
0 Response to " 3 Cara Tingkatkan Engagement dalam Team yang Efektif "
Posting Komentar