Kerja tim yang efisien tentunya akan mengarah ke hasil yang baik pula. Namun, bagaimanakah cara meraih kinerja yang maksimal sebagai team? Salah satu jawabannya adalah: sejauh apa
engagement atau keterikatan psikologis para anggota tim tsb. Team yang kompak dan punya vision yang serupa tentunya akan lebih mudah bekerja dan mencapai hasil optimal. Gimana caranya membangun
engagement dalam tim?
Job2Go bakal beri sejumlah rahasianya.
Komunikasi Ialah KunciHal ini merupakan rahasia umum yang sering kali disepelekan. Coba deh buka ruang komunikasi yang lebar antar anggota tim. Gunakan semua jalur komunikasi baik melalui pesan teks, telepon, atau bertemu muka langsung. Pastikan semua anggota tim dapat menyampaikan pendapatnya sehingga tak ada
unek-unek atau ganjalan yang membikin mereka tidak nyaman dan kehilangan keterikatan dengan timnya. Amati perkembangan pekerjaan serta tanyakan bila ada kesulitan yang dihadapi anggota team. Komunikasi juga tak berarti semua mesti sanggup menyampaikan opininya, namun ada yang lebih penting yaitu mendengarkan. Sebab tanpa didengar dengan baik, hal yang disampaikan tentu akan sia sia.
Pelihara Hubungan Timbal BalikDalam hal pekerjaan, tentu akan selalu ada penilaian. Sikap transparan dalam mengukur hasil kerja akan menyebabkan anggota tim merasa keberadan dan kontribusinya diakui. Psikolog Ron Friedman dalam bukunya “The Best Place to Work” mengatakan jika frekuensi penghargaan yang diberikan lebih utama daripada besarnya. Jadi tidak ada salahnya lebih sering memuji anggota tim kalian yang mempunyai kinerja bagus. Apresiasi kecil itu impactnya bisa jadi sangat besar dan bikin anggotamu punya hubungan yang lebih erat, lho! Oh ya agar berimbang, berikan juga evaluasi buat anggota yang kurang optimal dalam bekerja. Berilah kritik yang membangun. Sampaikan dengan metode yang baik dan berikan semangat buat proyek selanjutnya. Selain itu bila ada prestasi tim yang membanggakan, gak ada salahnya juga {untuk kamu berikan penghargaan guna merayakan hasil kerja keras tim. Misalnya dengan mengajak mereka makan-makan atau pergi karaoke bersama. Ini juga akan semakin mempererat hubungan antara seluruh anggota tim.
Biarkan Anggota Tim BerbahagiaPengusaha Martin Zwilling dalam artikelnya yang diterbitkan di
Forbes menyebut kondisi area kerja memiliki peran dalam menentukan apakah pegawai atau anggota team tersebut senang atau tidak. Menurutnya bagaimana membuat anggota tim selalu bahagia adalah sebuah tantangan tersendiri. Ada hal-hal kecil yang bisa dilakukan demi membuat anggota team lebih bahagia, contohnya buat irama kerja yang tidak terlalu kaku alias serius tapi santai, ciptakan waktu kerja se-efektif mungkin jadi tidak perlu kerja lembur dan semua anggota tim bisa memiliki waktu lebih banyak untuk kehidupan pribadinya. Oh iya, utamakan juga buat tak mengganggu anggota tim di luar waktu kerja. Supaya mereka dapat benar-benar menikmati waktu di luar kantor dan jadi lebih bahagia karena tidak kepikiran urusan kerjaan terus menerus. Kalau mereka menyenangi kondisi pekerjaannya, dijamin deh
engagement yang erat akan semakin tercipta serta situasi kerja pun jadi lebih enak dan produktif. Yuk mencoba!
0 Response to " 3 Cara Tingkatkan Keterikatan Psikologis dalam Tim yang Efisen "
Posting Komentar