Kerja team yang efektif tentunya akan mengarah ke hasil yang efektif pula. Akan tetapi, bagaimanakah metode meraih kinerja yang maksimal sebagai team? Salah satu jawabannya ialah: sejauh apa
engagement atau keterikatan psikologis para anggota tim tsb. Team yang kompak dan punya vision yang serupa pastinya akan lebih mudah bekerja dan mencapai hasil maksimal. Bagaimana metodenya membangun
engagement dalam team?
Job2Go akan beri beberapa rahasianya.
Komunikasi Adalah KunciIni merupakan rahasia umum yang sering banget disepelekan. Coba buka ruang komunikasi yang lebar antar anggota team. Gunakan semua medium komunikasi baik melalui pesan teks, telepon, atau bertemu muka langsung. Yakinkan semua anggota team dapat menyampaikan pendapatnya hingga tak ada
unek-unek atau ganjalan yang membikin mereka tak nyaman dan kehilangan keterikatan dengan timnya. Amati perkembangan pekerjaan serta tanyakan apabila ada kesulitan yang dihadapi anggota team. Komunikasi juga tidak berarti semua mesti bisa menyampaikan opininya, namun ada yang lebih penting yaitu mendengarkan. Karena tanpa didengar dengan baik, hal yang disampaikan tentu akan percuma.
Pelihara Hubungan Timbal BalikDalam hal pekerjaan, tentu akan selalu ada tolak ukur. Sikap transparan dalam mengukur hasil kerja akan menyebabkan anggota tim merasa keberadan dan kontribusinya diakui. Psikolog Ron Friedman dalam karyanya “The Best Place to Work” mengatakan kalau frekuensi penghargaan yang diberikan lebih utama daripada besarnya. Jadi nggak ada salahnya lebih sering memuji anggota tim kalian yang memiliki performa oke. Penghargaan kecil itu impactnya dapat menjadi sangat besar serta membuat anggotamu punya hubungan yang lebih erat, lho! Oh ya agar seimbang, berikan juga evaluasi bagi anggota yang kurang maksimal dalam bekerja. Berilah kritik yang membangun. Sampaikan dengan metode yang baik dan berikan semangat untuk proyek selanjutnya. Selain itu bila ada prestasi tim yang membanggakan, tak ada salahnya juga {untuk kamu berikan penghargaan guna merayakan hasil kerja keras tim. Contohnya dengan mengajak mereka makan-makan atau pergi karaoke bersama. Ini juga akan semakin mempererat hubungan antara seluruh anggota team.
Biarkan Anggota Tim SenangWirausahawan Martin Zwilling dalam artikelnya yang diterbitkan di
Forbes menyebut situasi lingkungan kerja memiliki peran dalam menentukan apakah karyawan atau anggota team tersebut bahagia atau tidak. Menurutnya bagaimana membuat anggota tim selalu bahagia adalah sebuah tantangan tersendiri. Ada hal-hal kecil yang bisa dilakukan demi membuat anggota tim lebih senang, misalnya buat irama kerja yang fleksibel alias serius tapi santai, ciptakan waktu kerja se-efektif mungkin jadi tak perlu kerja lembur dan semua anggota tim bisa mempunyai waktu lebih banyak untuk kehidupan pribadinya. Oh iya, utamakan juga untuk tak mengganggu anggota tim di luar jam kerja. Agar mereka dapat benar-benar menikmati waktu di luar kantor dan jadi lebih bahagia sebab tak kepikiran urusan kerjaan terus menerus. Kalau mereka menyenangi situasi pekerjaannya, dijamin deh
engagement yang erat akan semakin tercipta dan situasi kerja pun jadi lebih enak dan produktif. Selamat mencoba!
0 Response to " 3 Metode Membangun Engagement dalam Team "
Posting Komentar