Kerja team yang baik tentunya akan mengarah ke hasil yang efektif pula. Namun, bagaimanakah cara meraih performa yang maksimal sebagai tim? Salah satu jawabannya ialah: sejauh apa
engagement atau keterikatan psikologis para anggota tim tersebut. Tim yang kompak serta punya visi yang sama pastinya akan lebih mudah bekerja dan mencapai hasil maksimal. Bagaimana caranya membangun
engagement dalam team?
Job2Go akan beri beberapa rahasianya.
Komunikasi Adalah KunciHal ini merupakan rahasia umum yang sering kali disepelekan. Coba deh buka ruang komunikasi yang lebar antar anggota tim. Manfaatkan semua jalur komunikasi baik via pesan teks, telepon, atau bertatap muka langsung. Yakinkan semua anggota team bisa menyampaikan pendapatnya hingga tidak ada
unek-unek atau ganjalan yang membikin mereka tidak nyaman dan kehilangan keterikatan dengan timnya. Amati perkembangan pekerjaan serta tanyakan bila ada kesulitan yang dihadapi anggota tim. Komunikasi juga tidak berarti semua mesti bisa menyampaikan opininya, namun ada yang lebih penting yaitu mendengarkan. Sebab tanpa didengar dengan baik, hal yang disampaikan tentu akan percuma.
Pelihara Hubungan Timbal BalikDalam hal pekerjaan, tentu akan selalu ada penilaian. Prilaku transparan dalam mengukur hasil kerja akan membuat anggota tim merasa keberadan dan kontribusinya diakui. Psikolog Ron Friedman dalam bukunya “The Best Place to Work” mengatakan jika jumlah apreasiasi yang diberikan lebih penting daripada besarnya. Jadi nggak ada salahnya lebih banyak memuji anggota tim kamu yang memiliki kinerja oke. Apresiasi kecil itu impactnya bisa jadi sangat besar dan bikin anggotamu punya hubungan yang lebih erat, lho! Oh ya agar seimbang, berikan juga evaluasi bagi anggota yang kurang maksimal dalam bekerja. Berilah kritik yang membangun. Sampaikan dengan cara yang bagus dan berikan semangat untuk proyek selanjutnya. Selain itu bila ada pencapaian tim yang membanggakan, tidak ada salahnya juga {untuk kamu berikan penghargaan guna merayakan hasil kerja keras tim. Contohnya dengan mengajak mereka makan-makan atau pergi karaoke bersama. Ini juga akan semakin mempererat hubungan antara seluruh anggota team.
Biarkan Anggota Tim SenangWirausahawan Martin Zwilling dalam artikelnya yang dimuat di
Forbes menyebut situasi lingkungan kerja mempunyai peran dalam menentukan apakah pegawai atau anggota team tersebut senang atau tidak. Menurutnya bagaimana membuat anggota tim selalu senang adalah sebuah tantangan tersendiri. Ada hal-hal kecil yang dapat dilakukan demi membuat anggota tim lebih bahagia, misalnya buat ritme kerja yang fleksibel alias serius tapi santai, ciptakan waktu kerja se-efisien mungkin jadi tak perlu kerja lembur dan semua anggota tim bisa punya waktu lebih banyak buat kehidupan pribadinya. Oh iya, penting juga untuk tidak mengganggu anggota tim di luar waktu kerja. Agar mereka bisa benar-benar menikmati waktu di luar kantor dan jadi lebih bahagia sebab nggak kepikiran urusan kerjaan terus menerus. Jika mereka menyenangi situasi pekerjaannya, dijamin deh
engagement yang erat akan semakin tercipta serta situasi kerja pun jadi lebih enak dan produktif. Yuk mencoba!
0 Response to " 3 Metode Membangun Keterikatan Psikologis dalam Tim "
Posting Komentar