Kerja team yang baik tentunya akan mengarah ke hasil yang efisien pula. Namun, bagaimanakah cara meraih kinerja yang optimal sebagai tim? Salah satu jawabannya adalah: sejauh apa
engagement atau keterikatan psikologis para anggota tim tsb. Team yang kompak serta punya visi yang sama tentunya akan lebih mudah bekerja dan mencapai hasil maksimal. Gimana metodenya membangun
engagement dalam team?
Job2Go akan beri beberapa rahasianya.
Komunikasi Ialah KunciIni merupakan rahasia umum yang banyak banget diabaikan. Coba buka ruang komunikasi yang lebar antar anggota tim. Manfaatkan semua jalur komunikasi baik melalui pesan teks, telepon, atau bertatap muka langsung. Yakinkan semua anggota tim bisa menyampaikan pendapatnya hingga tidak ada
unek-unek atau ganjalan yang membuat mereka tidak nyaman dan kehilangan keterikatan dengan timnya. Pantau perkembangan pekerjaan dan tanyakan bila ada tantangan yang dihadapi anggota tim. Komunikasi juga tak berarti semua harus mampu menyampaikan opininya, namun ada yang lebih utama yaitu mendengarkan. Karena tanpa didengar dengan baik, hal yang disampaikan tentu akan percuma.
Pelihara Hubungan Timbal BalikDalam hal pekerjaan, tentu akan selalu ada tolak ukur. Sikap transparan dalam mengukur hasil kerja akan menyebabkan anggota tim merasa keberadan dan kontribusinya diakui. Psikolog Ron Friedman dalam karyanya “The Best Place to Work” mengatakan kalau jumlah penghargaan yang diberikan lebih utama daripada besarnya. Jadi tak ada salahnya lebih sering memuji anggota tim kalian yang punya kinerja oke. Penghargaan kecil itu dampaknya dapat jadi sangat besar dan bikin anggotamu punya hubungan yang lebih erat, lho! Oh ya agar berimbang, berikan juga evaluasi bagi anggota yang kurang optimal dalam bekerja. Berilah kritik yang membangun. Sampaikan dengan metode yang bagus dan berikan semangat buat proyek selanjutnya. Selain itu bila ada pencapaian tim yang membanggakan, tak ada salahnya juga {untuk kamu berikan penghargaan guna merayakan hasil kerja keras tim. Misalnya dengan mengajak mereka makan-makan atau pergi karaoke bersama. Ini juga akan semakin mempererat hubungan antara seluruh anggota tim.
Biarkan Anggota Tim SenangWirausahawan Martin Zwilling dalam tulisannya yang dimuat di
Forbes menyebut situasi area kerja memiliki peran dalam menentukan apakah karyawan atau anggota team tersebut bahagia atau tidak. Menurutnya bagaimana membuat anggota tim selalu bahagia adalah sebuah tantangan tersendiri. Ada hal-hal sederhana yang bisa dilakukan demi membuat anggota team lebih bahagia, misalnya buat ritme kerja yang fleksibel alias serius tapi santai, ciptakan waktu kerja se-efektif mungkin jadi tak perlu kerja lembur dan semua anggota tim bisa mempunyai waktu lebih banyak buat kehidupan pribadinya. Oh iya, utamakan juga buat tidak mengganggu anggota tim di luar jam kerja. Agar mereka dapat benar-benar menikmati waktu di luar kantor dan jadi lebih bahagia karena nggak kepikiran urusan kerjaan terus menerus. Jika mereka menyenangi kondisi pekerjaannya, dijamin deh
engagement yang erat akan semakin tercipta dan situasi kerja pun jadi lebih enak dan produktif. Selamat mencoba!
0 Response to " 3 Metode Meningkatkan Engagement dalam Team yang Efektif "
Posting Komentar