Kerja team yang efektif tentunya akan mengarah ke hasil yang baik pula. Namun, bagaimanakah cara meraih kinerja yang maksimal sebagai team? Salah satu jawabannya ialah: sejauh apa
engagement atau keterikatan psikologis para anggota tim tersebut. Tim yang kompak serta punya vision yang serupa pastinya akan lebih gampang bekerja dan mencapai hasil maksimal. Bagaimana caranya membangun
engagement dalam tim?
Job2Go akan beri sejumlah rahasianya.
Komunikasi Ialah KunciIni merupakan rahasia umum yang sering banget disepelekan. Coba deh buka ruang komunikasi yang luas antar anggota tim. Gunakan semua jalur komunikasi baik via pesan teks, telepon, atau berhadapan muka langsung. Yakinkan semua anggota team bisa menyampaikan pendapatnya sehingga tidak ada
unek-unek atau ganjalan yang membuat mereka tidak nyaman dan kehilangan keterikatan dengan timnya. Amati perkembangan pekerjaan serta tanyakan bila ada ancaman yang dihadapi anggota team. Komunikasi juga tak berarti semua wajib sanggup menyampaikan pendapatnya, tetapi ada yang lebih utama yaitu mendengarkan. Sebab tanpa didengar dengan baik, hal yang disampaikan tentu akan percuma.
Pelihara Hubungan Timbal BalikDalam hal pekerjaan, tentu akan selalu ada penilaian. Sikap transparan dalam mengukur hasil kerja akan membuat anggota tim merasa keberadan dan kontribusinya diakui. Psikolog Ron Friedman dalam bukunya “The Best Place to Work” mengatakan jika frekuensi apreasiasi yang diberikan lebih utama daripada besarnya. Jadi tidak ada salahnya lebih sering memuji anggota tim kalian yang punya kinerja bagus. Penghargaan kecil itu dampaknya dapat jadi sangat besar dan bikin anggotamu punya hubungan yang lebih erat, lho! Oh ya supaya seimbang, berikan juga evaluasi bagi anggota yang kurang optimal dalam bekerja. Berilah kritik yang membangun. Sampaikan dengan cara yang baik dan berikan semangat buat proyek selanjutnya. Selain itu bila ada pencapaian tim yang membanggakan, gak ada salahnya juga {untuk kamu berikan penghargaan guna merayakan hasil kerja keras tim. Misalnya dengan mengajak mereka makan-makan atau pergi karaoke bersama. Ini juga akan semakin mempererat hubungan antara seluruh anggota team.
Biarkan Anggota Tim SenangPengusaha Martin Zwilling dalam artikelnya yang diterbitkan di
Forbes menyebut kondisi lingkungan kerja punya peran dalam menentukan apakah karyawan atau anggota team tersebut senang atau tidak. Menurutnya bagaimana membuat anggota tim selalu senang adalah satu tantangan tersendiri. Ada hal-hal sederhana yang dapat dilakukan demi membuat anggota team lebih senang, misalnya buat irama kerja yang fleksibel alias serius tapi santai, ciptakan waktu kerja se-efisien mungkin jadi tidak perlu kerja lembur dan semua anggota tim dapat memiliki waktu lebih banyak untuk kehidupan pribadinya. Oh iya, utamakan juga untuk tidak mengganggu anggota tim di luar jam kerja. Agar mereka dapat benar-benar menikmati waktu di luar kantor dan jadi lebih senang sebab nggak kepikiran urusan kerjaan terus menerus. Jika mereka menyenangi kondisi pekerjaannya, dijamin deh
engagement yang erat akan semakin tercipta dan situasi kerja pun jadi lebih enak dan produktif. Selamat mencoba!
0 Response to " 3 Metode Tingkatkan Engagement dalam Team "
Posting Komentar