Kerja tim yang efisien tentunya akan mengarah ke hasil yang efektif pula. Namun, bagaimanakah metode meraih kinerja yang maksimal sebagai tim? Salah satu jawabannya adalah: sejauh apa
engagement atau keterikatan psikologis para anggota team tsb. Tim yang kompak serta punya visi yang sama tentunya akan lebih gampang bekerja dan mencapai hasil optimal. Gimana metodenya membangun
engagement dalam team?
Job2Go akan beri beberapa rahasianya.
Komunikasi Adalah KunciHal ini merupakan rahasia umum yang sering banget disepelekan. Coba deh buka ruang komunikasi yang lebar antar anggota tim. Manfaatkan semua medium komunikasi baik melalui pesan teks, telepon, atau bertatap muka langsung. Yakinkan semua anggota tim bisa menyampaikan pendapatnya sehingga tak ada
unek-unek atau ganjalan yang membikin mereka tak nyaman dan kehilangan keterikatan dengan timnya. Pantau perkembangan pekerjaan serta tanyakan bila ada kesulitan yang dihadapi anggota team. Komunikasi juga tidak berarti semua harus sanggup menyampaikan opininya, namun ada yang lebih utama yaitu mendengarkan. Sebab tanpa didengar dengan baik, hal yang disampaikan tentu akan percuma.
Pelihara Hubungan Timbal BalikDalam hal pekerjaan, tentu akan selalu ada penilaian. Sikap transparan dalam mengukur hasil kerja akan menyebabkan anggota tim merasa keberadan dan kontribusinya diakui. Psikolog Ron Friedman dalam bukunya “The Best Place to Work” mengatakan jika frekuensi apreasiasi yang diberikan lebih penting daripada besarnya. Jadi tak ada salahnya lebih sering memuji anggota tim kamu yang memiliki kinerja bagus. Apresiasi kecil itu efeknya dapat jadi sangat besar dan bikin anggotamu mempunyai hubungan yang lebih erat, lho! Oh ya agar seimbang, berikan juga evaluasi buat anggota yang kurang optimal dalam bekerja. Berilah kritik yang membangun. Sampaikan dengan cara yang baik dan berikan semangat buat proyek selanjutnya. Selain itu jika ada prestasi tim yang membanggakan, gak ada salahnya juga {untuk kamu berikan penghargaan guna merayakan hasil kerja keras tim. Contohnya dengan mengajak mereka makan-makan atau pergi karaoke bersama. Ini juga akan semakin mempererat hubungan antara seluruh anggota team.
Biarkan Anggota Tim SenangPengusaha Martin Zwilling dalam tulisannya yang diterbitkan di
Forbes menyebut situasi lingkungan kerja mempunyai peran dalam menentukan apakah karyawan atau anggota team tersebut senang atau tidak. Menurutnya bagaimana membuat anggota tim selalu senang adalah satu tantangan tersendiri. Ada hal-hal sederhana yang dapat dilakukan demi membuat anggota team lebih senang, contohnya buat ritme kerja yang tidak terlalu kaku alias serius tapi santai, ciptakan waktu kerja se-efisien mungkin jadi tak perlu kerja lembur dan semua anggota tim bisa punya waktu lebih banyak untuk kehidupan pribadinya. Oh iya, utamakan juga untuk tak mengganggu anggota tim di luar waktu kerja. Agar mereka bisa benar-benar menikmati waktu di luar kantor dan jadi lebih bahagia sebab tak kepikiran urusan kerjaan terus menerus. Jika mereka menyukai kondisi pekerjaannya, dijamin deh
engagement yang erat akan semakin tercipta dan kondisi kerja pun jadi lebih enak dan produktif. Yuk mencoba!
0 Response to " 3 Metode Tingkatkan Engagement dalam Tim yang Efektif "
Posting Komentar