Kerja tim yang efisien tentunya akan mengarah ke hasil yang efektif pula. Namun, bagaimanakah cara meraih kinerja yang maksimal sebagai tim? Salah satu jawabannya ialah: sejauh apa
engagement atau keterikatan psikologis para anggota team tsb. Tim yang kompak serta punya vision yang serupa pastinya akan lebih mudah bekerja dan mencapai hasil maksimal. Gimana caranya membangun
engagement dalam team?
Job2Go akan beri sejumlah rahasianya.
Komunikasi Ialah KunciHal ini merupakan rahasia umum yang sering kali disepelekan. Coba buka ruang komunikasi yang lebar antar anggota team. Manfaatkan semua medium komunikasi baik via pesan teks, telepon, atau bertemu muka langsung. Pastikan semua anggota tim dapat menyampaikan pendapatnya sehingga tak ada
unek-unek atau ganjalan yang membuat mereka tidak nyaman dan kehilangan keterikatan dengan timnya. Pantau perkembangan pekerjaan dan tanyakan apabila ada ancaman yang dihadapi anggota team. Komunikasi juga tak berarti semua mesti mampu menyampaikan opininya, tetapi ada yang lebih penting yaitu mendengarkan. Sebab tanpa didengar dengan baik, hal yang disampaikan tentu akan percuma.
Pelihara Hubungan Timbal BalikDalam hal pekerjaan, tentu akan selalu ada penilaian. Sikap transparan dalam mengukur hasil kerja akan menyebabkan anggota tim merasa keberadan dan kontribusinya diakui. Psikolog Ron Friedman dalam bukunya “The Best Place to Work” bilang kalau frekuensi apreasiasi yang diberikan lebih penting daripada besarnya. Jadi nggak ada salahnya lebih banyak memuji anggota tim kamu yang punya kinerja menonjol. Apresiasi kecil itu impactnya dapat menjadi sangat besar dan membuat anggotamu punya hubungan yang lebih erat, lho! Oh ya supaya berimbang, berikan juga evaluasi buat anggota yang kurang maksimal dalam bekerja. Berilah kritik yang membangun. Sampaikan dengan metode yang baik dan berikan semangat untuk proyek selanjutnya. Selain itu jika ada prestasi team yang membanggakan, tak ada salahnya juga {untuk kamu berikan penghargaan guna merayakan hasil kerja keras tim. Contohnya dengan mengajak mereka makan-makan atau pergi karaoke bersama. Ini juga akan semakin mempererat hubungan antara seluruh anggota tim.
Biarkan Anggota Tim BerbahagiaEntrepreneur Martin Zwilling dalam artikelnya yang diterbitkan di
Forbes menyebut kondisi area kerja mempunyai peran dalam menentukan apakah karyawan atau anggota tim tersebut senang atau tidak. Menurutnya bagaimana membuat anggota tim selalu senang adalah satu tantangan tersendiri. Ada hal-hal kecil yang bisa dilakukan demi membuat anggota tim lebih senang, misalnya buat ritme kerja yang tidak terlalu kaku alias serius tapi santai, ciptakan waktu kerja se-efisien mungkin jadi tidak perlu kerja lembur dan semua anggota tim bisa memiliki waktu lebih banyak untuk kehidupan pribadinya. Oh iya, penting juga untuk tak mengganggu anggota tim di luar jam kerja. Agar mereka dapat benar-benar menikmati waktu di luar kantor dan jadi lebih bahagia karena nggak kepikiran urusan kerjaan terus menerus. Jika mereka menyenangi situasi pekerjaannya, dijamin deh
engagement yang erat akan semakin tercipta dan suasana kerja pun jadi lebih enak dan produktif. Yuk mencoba!
0 Response to " 3 Tips Membangun Engagement dalam Team yang Efisen "
Posting Komentar