Kerja tim yang baik tentunya akan mengarah ke hasil yang bagus pula. Namun, bagaimanakah cara meraih kinerja yang maksimal sebagai team? Salah satu jawabannya adalah: sejauh apa
engagement atau keterikatan psikologis para anggota tim tsb. Tim yang kompak dan punya vision yang sama pastinya akan lebih mudah bekerja dan mencapai hasil maksimal. Bagaimana caranya membangun
engagement dalam team?
Job2Go akan beri sejumlah rahasianya.
Komunikasi Adalah KunciIni merupakan rahasia umum yang banyak kali diabaikan. Coba buka ruang komunikasi yang luas antar anggota tim. Gunakan semua jalur komunikasi baik melalui pesan teks, telepon, atau berhadapan muka langsung. Pastikan semua anggota tim dapat menyampaikan pendapatnya sehingga tidak ada
unek-unek atau ganjalan yang membikin mereka tidak nyaman dan kehilangan keterikatan dengan timnya. Pantau perkembangan pekerjaan serta tanyakan apabila ada ancaman yang dihadapi anggota tim. Komunikasi juga tidak berarti semua harus mampu menyampaikan pendapatnya, tetapi ada yang lebih penting yaitu mendengarkan. Sebab tanpa didengar dengan baik, hal yang disampaikan tentu akan percuma.
Pelihara Hubungan Timbal BalikDalam hal pekerjaan, tentu akan selalu ada tolak ukur. Prilaku transparan dalam mengukur hasil kerja akan membuat anggota tim merasa keberadan dan kontribusinya diakui. Psikolog Ron Friedman dalam bukunya “The Best Place to Work” bilang kalau frekuensi penghargaan yang diberikan lebih utama daripada besarnya. Jadi nggak ada salahnya lebih sering memuji anggota tim anda yang memiliki kinerja menonjol. Apresiasi kecil itu impactnya dapat menjadi sangat besar dan bikin anggotamu punya hubungan yang lebih erat, lho! Oh ya supaya berimbang, berikan juga evaluasi bagi anggota yang kurang optimal dalam bekerja. Berilah kritik yang membangun. Sampaikan dengan cara yang bagus dan berikan semangat buat proyek selanjutnya. Selain itu jika ada pencapaian tim yang membanggakan, tidak ada salahnya juga {untuk kamu berikan penghargaan guna merayakan hasil kerja keras tim. Contohnya dengan mengajak mereka makan-makan atau pergi karaoke bersama. Ini juga akan semakin mempererat hubungan antara seluruh anggota tim.
Biarkan Anggota Tim SenangEntrepreneur Martin Zwilling dalam tulisannya yang dimuat di
Forbes menyebut kondisi lingkungan kerja punya peran dalam menentukan apakah karyawan atau anggota team tersebut senang atau tidak. Menurutnya bagaimana membuat anggota tim selalu senang adalah sebuah tantangan tersendiri. Ada hal-hal kecil yang dapat dilakukan demi membuat anggota team lebih senang, contohnya buat ritme kerja yang fleksibel alias serius tapi santai, ciptakan waktu kerja se-efektif mungkin jadi tidak perlu kerja lembur dan semua anggota tim bisa punya waktu lebih banyak buat kehidupan pribadinya. Oh iya, penting juga untuk tak mengganggu anggota tim di luar jam kerja. Agar mereka bisa benar-benar menikmati waktu di luar kantor dan jadi lebih senang sebab tak kepikiran urusan kerjaan terus menerus. Kalau mereka menyukai situasi pekerjaannya, dijamin deh
engagement yang erat akan semakin tercipta dan kondisi kerja pun jadi lebih enak dan produktif. Yuk mencoba!
0 Response to " 3 Tips Membangun Engagement dalam Tim "
Posting Komentar