Kerja tim yang bagus tentunya akan mengarah ke hasil yang efektif pula. Namun, bagaimanakah cara meraih performa yang optimal sebagai tim? Salah satu jawabannya adalah: sejauh apa
engagement atau keterikatan psikologis para anggota team tsb. Tim yang kompak serta punya visi yang sama pastinya akan lebih gampang bekerja dan mencapai hasil optimal. Bagaimana metodenya membangun
engagement dalam team?
Job2Go akan kasih sejumlah rahasianya.
Komunikasi Adalah KunciHal ini merupakan rahasia umum yang sering kali diabaikan. Coba buka ruang komunikasi yang luas antar anggota team. Manfaatkan semua medium komunikasi baik melalui pesan teks, telepon, atau bertemu muka langsung. Yakinkan semua anggota team bisa menyampaikan opininya sehingga tidak ada
unek-unek atau ganjalan yang membikin mereka tidak nyaman dan kehilangan keterikatan dengan timnya. Amati perkembangan pekerjaan serta tanyakan apabila ada hambatan yang dihadapi anggota team. Komunikasi juga tak berarti semua wajib mampu menyampaikan opininya, tetapi ada yang lebih utama yaitu mendengarkan. Karena tanpa didengar dengan baik, hal yang disampaikan tentu akan sia sia.
Pelihara Hubungan Timbal BalikDalam hal pekerjaan, tentu akan selalu ada penilaian. Prilaku transparan dalam mengukur hasil kerja akan menyebabkan anggota tim merasa keberadan dan kontribusinya diakui. Psikolog Ron Friedman dalam karyanya “The Best Place to Work” mengatakan jika frekuensi penghargaan yang diberikan lebih utama daripada besarnya. Jadi nggak ada salahnya lebih sering memuji anggota tim kamu yang punya performa oke. Apresiasi kecil itu impactnya dapat jadi sangat besar dan membuat anggotamu mempunyai hubungan yang lebih erat, lho! Oh ya agar seimbang, berikan juga evaluasi bagi anggota yang kurang maksimal dalam bekerja. Berilah kritik yang membangun. Sampaikan dengan metode yang baik dan berikan semangat buat proyek selanjutnya. Selain itu jika ada pencapaian team yang membanggakan, gak ada salahnya juga {untuk kamu berikan penghargaan guna merayakan hasil kerja keras tim. Misalnya dengan mengajak mereka makan-makan atau pergi karaoke bersama. Ini juga akan semakin mempererat hubungan antara seluruh anggota tim.
Biarkan Anggota Tim SenangEntrepreneur Martin Zwilling dalam tulisannya yang diterbitkan di
Forbes menyebut situasi area kerja punya peran dalam menentukan apakah karyawan atau anggota tim tersebut bahagia atau tidak. Menurutnya bagaimana membuat anggota tim selalu bahagia adalah satu tantangan tersendiri. Ada hal-hal kecil yang bisa dilakukan demi membuat anggota tim lebih senang, misalnya buat irama kerja yang tidak terlalu kaku alias serius tapi santai, ciptakan waktu kerja se-efektif mungkin jadi tidak perlu kerja lembur dan semua anggota tim bisa punya waktu lebih banyak untuk kehidupan pribadinya. Oh iya, penting juga buat tidak mengganggu anggota tim di luar jam kerja. Supaya mereka bisa benar-benar menikmati waktu di luar kantor dan jadi lebih bahagia karena nggak kepikiran urusan kerjaan terus menerus. Kalau mereka menyukai kondisi pekerjaannya, dijamin deh
engagement yang erat akan semakin tercipta serta suasana kerja pun jadi lebih enak dan produktif. Yuk mencoba!
0 Response to " 3 Tips Membangun Engagement dalam Tim yang Efisen "
Posting Komentar