Kerja team yang baik tentunya akan mengarah ke hasil yang efisien pula. Namun, bagaimanakah cara meraih kinerja yang optimal sebagai tim? Salah satu jawabannya adalah: sejauh apa
engagement atau keterikatan psikologis para anggota tim tersebut. Team yang kompak serta punya visi yang serupa tentunya akan lebih mudah bekerja dan mencapai hasil maksimal. Gimana metodenya membangun
engagement dalam tim?
Job2Go akan beri sejumlah rahasianya.
Komunikasi Adalah KunciHal ini merupakan rahasia umum yang sering kali disepelekan. Coba deh buka ruang komunikasi yang lebar antar anggota team. Gunakan semua jalur komunikasi baik melalui pesan teks, telepon, atau berhadapan muka langsung. Pastikan semua anggota tim bisa menyampaikan opininya sehingga tidak ada
unek-unek atau ganjalan yang membuat mereka tidak nyaman dan kehilangan keterikatan dengan timnya. Pantau perkembangan pekerjaan serta tanyakan apabila ada ancaman yang dihadapi anggota tim. Komunikasi juga tak berarti semua harus sanggup menyampaikan pendapatnya, namun ada yang lebih penting yaitu mendengarkan. Sebab tanpa didengar dengan baik, hal yang disampaikan tentu akan sia sia.
Pelihara Hubungan Timbal BalikDalam hal pekerjaan, tentu akan selalu ada penilaian. Prilaku transparan dalam mengukur hasil kerja akan membuat anggota tim merasa keberadan dan kontribusinya diakui. Psikolog Ron Friedman dalam bukunya “The Best Place to Work” mengatakan kalau frekuensi penghargaan yang diberikan lebih penting daripada besarnya. Jadi nggak ada salahnya lebih banyak memuji anggota tim anda yang memiliki performa oke. Penghargaan kecil itu efeknya dapat menjadi sangat besar serta bikin anggotamu mempunyai hubungan yang lebih erat, lho! Oh ya agar seimbang, berikan juga evaluasi bagi anggota yang kurang optimal dalam bekerja. Berilah kritik yang membangun. Sampaikan dengan metode yang bagus dan berikan semangat untuk proyek selanjutnya. Selain itu jika ada pencapaian team yang membanggakan, tidak ada salahnya juga {untuk kamu berikan penghargaan guna merayakan hasil kerja keras tim. Contohnya dengan mengajak mereka makan-makan atau pergi karaoke bersama. Ini juga akan semakin mempererat hubungan antara seluruh anggota team.
Biarkan Anggota Tim BerbahagiaPengusaha Martin Zwilling dalam artikelnya yang diterbitkan di
Forbes menyebut kondisi area kerja punya peran dalam menentukan apakah pegawai atau anggota tim tersebut bahagia atau tidak. Menurutnya bagaimana membuat anggota tim selalu bahagia adalah satu tantangan tersendiri. Ada hal-hal sederhana yang bisa dilakukan demi membuat anggota tim lebih senang, misalnya buat irama kerja yang tidak terlalu kaku alias serius tapi santai, ciptakan waktu kerja se-efektif mungkin jadi tak perlu kerja lembur dan semua anggota tim bisa mempunyai waktu lebih banyak untuk kehidupan pribadinya. Oh iya, utamakan juga untuk tidak mengganggu anggota tim di luar jam kerja. Supaya mereka bisa benar-benar menikmati waktu di luar kantor dan jadi lebih senang sebab nggak kepikiran urusan kerjaan terus menerus. Kalau mereka menyukai kondisi pekerjaannya, dijamin deh
engagement yang erat akan semakin tercipta dan situasi kerja pun jadi lebih enak dan produktif. Yuk mencoba!
0 Response to " 3 Tips Membangun Keterikatan Psikologis dalam Team yang Efektif "
Posting Komentar