Kerja tim yang efektif tentunya akan mengarah ke hasil yang efektif pula. Akan tetapi, bagaimanakah cara meraih kinerja yang maksimal sebagai team? Salah satu jawabannya adalah: sejauh apa
engagement atau keterikatan psikologis para anggota tim tsb. Tim yang kompak serta punya vision yang serupa tentunya akan lebih mudah bekerja dan mencapai hasil optimal. Bagaimana metodenya membangun
engagement dalam team?
Job2Go akan kasih sejumlah rahasianya.
Komunikasi Ialah KunciHal ini merupakan rahasia umum yang banyak kali diabaikan. Coba buka ruang komunikasi yang lebar antar anggota team. Gunakan semua jalur komunikasi baik via pesan teks, telepon, atau bertatap muka langsung. Yakinkan semua anggota tim dapat menyampaikan opininya sehingga tidak ada
unek-unek atau ganjalan yang membuat mereka tidak nyaman dan kehilangan keterikatan dengan timnya. Amati perkembangan pekerjaan dan tanyakan apabila ada kesulitan yang dihadapi anggota tim. Komunikasi juga tak berarti semua mesti mampu menyampaikan pendapatnya, namun ada yang lebih utama yaitu mendengarkan. Karena tanpa didengar dengan baik, hal yang disampaikan tentu akan percuma.
Pelihara Hubungan Timbal BalikDalam hal pekerjaan, tentu akan selalu ada tolak ukur. Sikap transparan dalam mengukur hasil kerja akan menyebabkan anggota tim merasa keberadan dan kontribusinya diakui. Psikolog Ron Friedman dalam bukunya “The Best Place to Work” mengatakan kalau frekuensi apreasiasi yang diberikan lebih utama daripada besarnya. Jadi tidak ada salahnya lebih sering memuji anggota tim kalian yang punya performa oke. Apresiasi kecil itu dampaknya dapat jadi sangat besar serta membuat anggotamu punya hubungan yang lebih erat, lho! Oh ya supaya seimbang, berikan juga evaluasi bagi anggota yang kurang maksimal dalam bekerja. Berilah kritik yang membangun. Sampaikan dengan metode yang bagus dan berikan semangat untuk proyek selanjutnya. Selain itu bila ada prestasi team yang membanggakan, gak ada salahnya juga {untuk kamu berikan penghargaan guna merayakan hasil kerja keras tim. Contohnya dengan mengajak mereka makan-makan atau pergi karaoke bersama. Ini juga akan semakin mempererat hubungan antara seluruh anggota tim.
Biarkan Anggota Tim SenangPengusaha Martin Zwilling dalam artikelnya yang dimuat di
Forbes menyebut kondisi area kerja punya peran dalam menentukan apakah karyawan atau anggota team tersebut bahagia atau tidak. Menurutnya bagaimana membuat anggota tim selalu senang adalah satu tantangan tersendiri. Ada hal-hal sederhana yang dapat dilakukan demi membuat anggota tim lebih bahagia, misalnya buat ritme kerja yang tidak terlalu kaku alias serius tapi santai, ciptakan waktu kerja se-efisien mungkin jadi tak perlu kerja lembur dan semua anggota tim bisa punya waktu lebih banyak buat kehidupan pribadinya. Oh iya, utamakan juga untuk tak mengganggu anggota tim di luar jam kerja. Supaya mereka bisa benar-benar menikmati waktu di luar kantor dan jadi lebih senang karena tidak kepikiran urusan kerjaan terus menerus. Jika mereka menyukai kondisi pekerjaannya, dijamin deh
engagement yang erat akan semakin tercipta serta situasi kerja pun jadi lebih enak dan produktif. Yuk mencoba!
0 Response to " 3 Tips Meningkatkan Engagement dalam Team yang Efisen "
Posting Komentar