Kerja team yang baik tentunya akan mengarah ke hasil yang efisien pula. Akan tetapi, bagaimanakah cara meraih kinerja yang maksimal sebagai team? Salah satu jawabannya adalah: sejauh apa
engagement atau keterikatan psikologis para anggota team tersebut. Tim yang kompak serta punya visi yang sama pastinya akan lebih gampang bekerja dan mencapai hasil maksimal. Gimana caranya membangun
engagement dalam tim?
Job2Go bakal kasih beberapa rahasianya.
Komunikasi Ialah KunciIni merupakan rahasia umum yang sering banget disepelekan. Coba buka ruang komunikasi yang lebar antar anggota tim. Manfaatkan semua medium komunikasi baik melalui pesan teks, telepon, atau berhadapan muka langsung. Yakinkan semua anggota team dapat menyampaikan pendapatnya hingga tak ada
unek-unek atau ganjalan yang membikin mereka tidak nyaman dan kehilangan keterikatan dengan timnya. Pantau perkembangan pekerjaan serta tanyakan bila ada hambatan yang dihadapi anggota team. Komunikasi juga tidak berarti semua mesti sanggup menyampaikan opininya, namun ada yang lebih utama yaitu mendengarkan. Karena tanpa didengar dengan baik, hal yang disampaikan tentu akan sia sia.
Pelihara Hubungan Timbal BalikDalam hal pekerjaan, tentu akan selalu ada penilaian. Prilaku transparan dalam mengukur hasil kerja akan menyebabkan anggota tim merasa keberadan dan kontribusinya diakui. Psikolog Ron Friedman dalam bukunya “The Best Place to Work” mengatakan kalau jumlah apreasiasi yang diberikan lebih utama daripada besarnya. Jadi tak ada salahnya lebih banyak memuji anggota tim kamu yang mempunyai performa oke. Penghargaan kecil itu efeknya bisa jadi sangat besar serta bikin anggotamu mempunyai hubungan yang lebih erat, lho! Oh ya agar berimbang, berikan juga evaluasi buat anggota yang kurang optimal dalam bekerja. Berilah kritik yang membangun. Sampaikan dengan metode yang bagus dan berikan semangat buat proyek selanjutnya. Selain itu jika ada prestasi tim yang membanggakan, tak ada salahnya juga {untuk kamu berikan penghargaan guna merayakan hasil kerja keras tim. Contohnya dengan mengajak mereka makan-makan atau pergi karaoke bersama. Ini juga akan semakin mempererat hubungan antara seluruh anggota tim.
Biarkan Anggota Tim SenangWirausahawan Martin Zwilling dalam tulisannya yang dimuat di
Forbes menyebut kondisi area kerja punya peran dalam menentukan apakah karyawan atau anggota tim tersebut bahagia atau tidak. Menurutnya bagaimana membuat anggota tim selalu senang adalah sebuah tantangan tersendiri. Ada hal-hal kecil yang dapat dilakukan demi membuat anggota tim lebih senang, misalnya buat ritme kerja yang tidak terlalu kaku alias serius tapi santai, ciptakan waktu kerja se-efektif mungkin jadi tak perlu kerja lembur dan semua anggota tim bisa mempunyai waktu lebih banyak untuk kehidupan pribadinya. Oh iya, penting juga buat tidak mengganggu anggota tim di luar jam kerja. Agar mereka dapat benar-benar menikmati waktu di luar kantor dan jadi lebih bahagia karena tak kepikiran urusan kerjaan terus menerus. Jika mereka menyukai situasi pekerjaannya, dijamin deh
engagement yang erat akan semakin tercipta serta suasana kerja pun jadi lebih enak dan produktif. Yuk mencoba!
0 Response to " 3 Tips Meningkatkan Keterikatan Psikologis dalam Tim yang Efektif "
Posting Komentar