Kerja team yang bagus tentunya akan mengarah ke hasil yang efektif pula. Akan tetapi, bagaimanakah metode meraih kinerja yang optimal sebagai team? Salah satu jawabannya ialah: sejauh apa
engagement atau keterikatan psikologis para anggota team tsb. Tim yang kompak dan punya vision yang serupa tentunya akan lebih mudah bekerja dan mencapai hasil maksimal. Gimana caranya membangun
engagement dalam team?
Job2Go bakal beri beberapa rahasianya.
Komunikasi Ialah KunciHal ini merupakan rahasia umum yang sering kali disepelekan. Coba deh buka ruang komunikasi yang lebar antar anggota tim. Gunakan semua medium komunikasi baik via pesan teks, telepon, atau bertemu muka langsung. Yakinkan semua anggota tim bisa menyampaikan pendapatnya sehingga tak ada
unek-unek atau ganjalan yang membikin mereka tak nyaman dan kehilangan keterikatan dengan timnya. Pantau perkembangan pekerjaan serta tanyakan apabila ada kesulitan yang dihadapi anggota team. Komunikasi juga tidak berarti semua wajib bisa menyampaikan opininya, namun ada yang lebih penting yaitu mendengarkan. Karena tanpa didengar dengan baik, hal yang disampaikan tentu akan percuma.
Pelihara Hubungan Timbal BalikDalam hal pekerjaan, tentu akan selalu ada penilaian. Prilaku transparan dalam mengukur hasil kerja akan menyebabkan anggota tim merasa keberadan dan kontribusinya diakui. Psikolog Ron Friedman dalam karyanya “The Best Place to Work” mengatakan jika jumlah penghargaan yang diberikan lebih utama daripada besarnya. Jadi nggak ada salahnya lebih banyak memuji anggota tim kalian yang memiliki kinerja oke. Penghargaan kecil itu impactnya bisa menjadi sangat besar dan bikin anggotamu mempunyai hubungan yang lebih erat, lho! Oh ya supaya seimbang, berikan juga evaluasi bagi anggota yang kurang optimal dalam bekerja. Berilah kritik yang membangun. Sampaikan dengan cara yang baik dan berikan semangat untuk proyek selanjutnya. Selain itu jika ada prestasi tim yang membanggakan, tak ada salahnya juga {untuk kamu berikan penghargaan guna merayakan hasil kerja keras tim. Misalnya dengan mengajak mereka makan-makan atau pergi karaoke bersama. Ini juga akan semakin mempererat hubungan antara seluruh anggota tim.
Biarkan Anggota Tim BerbahagiaWirausahawan Martin Zwilling dalam tulisannya yang dimuat di
Forbes menyebut kondisi area kerja punya peran dalam menentukan apakah karyawan atau anggota tim tersebut bahagia atau tidak. Menurutnya bagaimana membuat anggota tim selalu bahagia adalah sebuah tantangan tersendiri. Ada hal-hal kecil yang dapat dilakukan demi membuat anggota tim lebih senang, misalnya buat irama kerja yang tidak terlalu kaku alias serius tapi santai, ciptakan waktu kerja se-efisien mungkin jadi tak perlu kerja lembur dan semua anggota tim dapat memiliki waktu lebih banyak buat kehidupan pribadinya. Oh iya, penting juga untuk tak mengganggu anggota tim di luar waktu kerja. Supaya mereka bisa benar-benar menikmati waktu di luar kantor dan jadi lebih bahagia karena nggak kepikiran urusan kerjaan terus menerus. Jika mereka menyenangi kondisi pekerjaannya, dijamin deh
engagement yang erat akan semakin tercipta dan suasana kerja pun jadi lebih enak dan produktif. Yuk mencoba!
0 Response to " 3 Tips Meningkatkan Keterikatan Psikologis dalam Team yang Efektif "
Posting Komentar