Kerja tim yang baik tentunya akan mengarah ke hasil yang baik pula. Akan tetapi, bagaimanakah cara meraih performa yang maksimal sebagai tim? Salah satu jawabannya ialah: sejauh apa
engagement atau keterikatan psikologis para anggota tim tersebut. Team yang kompak dan punya vision yang sama tentunya akan lebih gampang bekerja dan mencapai hasil maksimal. Gimana caranya membangun
engagement dalam team?
Job2Go bakal beri beberapa rahasianya.
Komunikasi Ialah KunciIni merupakan rahasia umum yang sering banget diabaikan. Coba deh buka ruang komunikasi yang luas antar anggota team. Gunakan semua medium komunikasi baik via pesan teks, telepon, atau berhadapan muka langsung. Yakinkan semua anggota tim dapat menyampaikan pendapatnya hingga tak ada
unek-unek atau ganjalan yang membuat mereka tak nyaman dan kehilangan keterikatan dengan timnya. Pantau perkembangan pekerjaan dan tanyakan apabila ada kesulitan yang dihadapi anggota team. Komunikasi juga tidak berarti semua harus sanggup menyampaikan opininya, namun ada yang lebih penting yaitu mendengarkan. Sebab tanpa didengar dengan baik, hal yang disampaikan tentu akan percuma.
Pelihara Hubungan Timbal BalikDalam hal pekerjaan, tentu akan selalu ada tolak ukur. Sikap transparan dalam mengukur hasil kerja akan membuat anggota tim merasa keberadan dan kontribusinya diakui. Psikolog Ron Friedman dalam bukunya “The Best Place to Work” bilang jika frekuensi penghargaan yang diberikan lebih utama daripada besarnya. Jadi tidak ada salahnya lebih banyak memuji anggota tim kamu yang mempunyai kinerja menonjol. Penghargaan kecil itu impactnya bisa menjadi sangat besar serta bikin anggotamu mempunyai hubungan yang lebih erat, lho! Oh ya supaya berimbang, berikan juga evaluasi buat anggota yang kurang maksimal dalam bekerja. Berilah kritik yang membangun. Sampaikan dengan metode yang bagus dan berikan semangat buat proyek selanjutnya. Selain itu bila ada prestasi tim yang membanggakan, tidak ada salahnya juga {untuk kamu berikan penghargaan guna merayakan hasil kerja keras tim. Misalnya dengan mengajak mereka makan-makan atau pergi karaoke bersama. Ini juga akan semakin mempererat hubungan antara seluruh anggota team.
Biarkan Anggota Tim BerbahagiaEntrepreneur Martin Zwilling dalam artikelnya yang dimuat di
Forbes menyebut kondisi lingkungan kerja mempunyai peran dalam menentukan apakah karyawan atau anggota team tersebut senang atau tidak. Menurutnya bagaimana membuat anggota tim selalu senang adalah sebuah tantangan tersendiri. Ada hal-hal sederhana yang dapat dilakukan demi membuat anggota team lebih bahagia, contohnya buat irama kerja yang tidak terlalu kaku alias serius tapi santai, ciptakan waktu kerja se-efisien mungkin jadi tidak perlu kerja lembur dan semua anggota tim bisa memiliki waktu lebih banyak untuk kehidupan pribadinya. Oh iya, penting juga untuk tak mengganggu anggota tim di luar waktu kerja. Supaya mereka bisa benar-benar menikmati waktu di luar kantor dan jadi lebih senang karena tak kepikiran urusan kerjaan terus menerus. Jika mereka menyenangi kondisi pekerjaannya, dijamin deh
engagement yang erat akan semakin tercipta dan kondisi kerja pun jadi lebih enak dan produktif. Yuk mencoba!
0 Response to " 3 Tips Tingkatkan Engagement dalam Team yang Efisen "
Posting Komentar