Kerja tim yang bagus tentunya akan mengarah ke hasil yang efektif pula. Namun, bagaimanakah metode meraih performa yang optimal sebagai team? Salah satu jawabannya ialah: sejauh apa
engagement atau keterikatan psikologis para anggota team tersebut. Tim yang kompak serta punya vision yang serupa pastinya akan lebih mudah bekerja dan mencapai hasil maksimal. Gimana caranya membangun
engagement dalam team?
Job2Go akan beri beberapa rahasianya.
Komunikasi Adalah KunciHal ini merupakan rahasia umum yang banyak banget diabaikan. Coba deh buka ruang komunikasi yang luas antar anggota tim. Gunakan semua jalur komunikasi baik via pesan teks, telepon, atau bertemu muka langsung. Yakinkan semua anggota tim bisa menyampaikan opininya sehingga tidak ada
unek-unek atau ganjalan yang membikin mereka tak nyaman dan kehilangan keterikatan dengan timnya. Amati perkembangan pekerjaan dan tanyakan bila ada tantangan yang dihadapi anggota tim. Komunikasi juga tak berarti semua wajib bisa menyampaikan pendapatnya, namun ada yang lebih penting yaitu mendengarkan. Karena tanpa didengar dengan baik, hal yang disampaikan tentu akan percuma.
Pelihara Hubungan Timbal BalikDalam hal pekerjaan, tentu akan selalu ada penilaian. Sikap transparan dalam mengukur hasil kerja akan menyebabkan anggota tim merasa keberadan dan kontribusinya diakui. Psikolog Ron Friedman dalam karyanya “The Best Place to Work” mengatakan jika frekuensi apreasiasi yang diberikan lebih utama daripada besarnya. Jadi nggak ada salahnya lebih banyak memuji anggota tim anda yang mempunyai kinerja bagus. Apresiasi kecil itu efeknya dapat menjadi sangat besar dan membuat anggotamu mempunyai hubungan yang lebih erat, lho! Oh ya agar berimbang, berikan juga evaluasi bagi anggota yang kurang optimal dalam bekerja. Berilah kritik yang membangun. Sampaikan dengan metode yang bagus dan berikan semangat buat proyek selanjutnya. Selain itu bila ada prestasi tim yang membanggakan, tidak ada salahnya juga {untuk kamu berikan penghargaan guna merayakan hasil kerja keras tim. Misalnya dengan mengajak mereka makan-makan atau pergi karaoke bersama. Ini juga akan semakin mempererat hubungan antara seluruh anggota tim.
Biarkan Anggota Tim SenangEntrepreneur Martin Zwilling dalam tulisannya yang diterbitkan di
Forbes menyebut situasi lingkungan kerja punya peran dalam menentukan apakah karyawan atau anggota tim tersebut bahagia atau tidak. Menurutnya bagaimana membuat anggota tim selalu bahagia adalah satu tantangan tersendiri. Ada hal-hal sederhana yang dapat dilakukan demi membuat anggota team lebih bahagia, contohnya buat ritme kerja yang tidak terlalu kaku alias serius tapi santai, ciptakan waktu kerja se-efisien mungkin jadi tidak perlu kerja lembur dan semua anggota tim dapat mempunyai waktu lebih banyak buat kehidupan pribadinya. Oh iya, utamakan juga untuk tak mengganggu anggota tim di luar waktu kerja. Agar mereka bisa benar-benar menikmati waktu di luar kantor dan jadi lebih senang karena nggak kepikiran urusan kerjaan terus menerus. Kalau mereka menyukai kondisi pekerjaannya, dijamin deh
engagement yang erat akan semakin tercipta dan kondisi kerja pun jadi lebih enak dan produktif. Yuk mencoba!
0 Response to " 3 Tips Tingkatkan Engagement dalam Team "
Posting Komentar