Kerja team yang efektif tentunya akan mengarah ke hasil yang baik pula. Akan tetapi, bagaimanakah metode meraih kinerja yang maksimal sebagai team? Salah satu jawabannya ialah: sejauh apa
engagement atau keterikatan psikologis para anggota team tsb. Tim yang kompak serta punya visi yang serupa pastinya akan lebih mudah bekerja dan mencapai hasil maksimal. Bagaimana metodenya membangun
engagement dalam team?
Job2Go bakal kasih sejumlah rahasianya.
Komunikasi Ialah KunciHal ini merupakan rahasia umum yang banyak banget disepelekan. Coba buka ruang komunikasi yang luas antar anggota team. Gunakan semua medium komunikasi baik via pesan teks, telepon, atau bertemu muka langsung. Yakinkan semua anggota team bisa menyampaikan pendapatnya hingga tidak ada
unek-unek atau ganjalan yang membikin mereka tak nyaman dan kehilangan keterikatan dengan timnya. Amati perkembangan pekerjaan serta tanyakan bila ada kesulitan yang dihadapi anggota tim. Komunikasi juga tak berarti semua wajib mampu menyampaikan opininya, namun ada yang lebih penting yaitu mendengarkan. Karena tanpa didengar dengan baik, hal yang disampaikan tentu akan sia sia.
Pelihara Hubungan Timbal BalikDalam hal pekerjaan, tentu akan selalu ada tolak ukur. Prilaku transparan dalam mengukur hasil kerja akan menyebabkan anggota tim merasa keberadan dan kontribusinya diakui. Psikolog Ron Friedman dalam bukunya “The Best Place to Work” bilang kalau frekuensi apreasiasi yang diberikan lebih penting daripada besarnya. Jadi tak ada salahnya lebih sering memuji anggota tim anda yang memiliki kinerja menonjol. Penghargaan kecil itu impactnya dapat menjadi sangat besar dan bikin anggotamu punya hubungan yang lebih erat, lho! Oh ya agar berimbang, berikan juga evaluasi bagi anggota yang kurang maksimal dalam bekerja. Berilah kritik yang membangun. Sampaikan dengan cara yang bagus dan berikan semangat buat proyek selanjutnya. Selain itu bila ada prestasi tim yang membanggakan, tak ada salahnya juga {untuk kamu berikan penghargaan guna merayakan hasil kerja keras tim. Contohnya dengan mengajak mereka makan-makan atau pergi karaoke bersama. Ini juga akan semakin mempererat hubungan antara seluruh anggota team.
Biarkan Anggota Tim SenangPengusaha Martin Zwilling dalam tulisannya yang dimuat di
Forbes menyebut situasi area kerja memiliki peran dalam menentukan apakah karyawan atau anggota tim tersebut bahagia atau tidak. Menurutnya bagaimana membuat anggota tim selalu senang adalah sebuah tantangan tersendiri. Ada hal-hal sederhana yang dapat dilakukan demi membuat anggota tim lebih senang, contohnya buat ritme kerja yang fleksibel alias serius tapi santai, ciptakan waktu kerja se-efisien mungkin jadi tidak perlu kerja lembur dan semua anggota tim bisa punya waktu lebih banyak untuk kehidupan pribadinya. Oh iya, utamakan juga buat tidak mengganggu anggota tim di luar waktu kerja. Supaya mereka dapat benar-benar menikmati waktu di luar kantor dan jadi lebih senang sebab tak kepikiran urusan kerjaan terus menerus. Jika mereka menyenangi kondisi pekerjaannya, dijamin deh
engagement yang erat akan semakin tercipta serta suasana kerja pun jadi lebih enak dan produktif. Yuk mencoba!
0 Response to " 3 Triks Membangun Engagement dalam Team yang Efisen "
Posting Komentar