Kerja tim yang efisien tentunya akan mengarah ke hasil yang efisien pula. Akan tetapi, bagaimanakah cara meraih performa yang optimal sebagai team? Salah satu jawabannya adalah: sejauh apa
engagement atau keterikatan psikologis para anggota tim tsb. Team yang kompak dan punya visi yang serupa pastinya akan lebih gampang bekerja dan mencapai hasil optimal. Gimana metodenya membangun
engagement dalam tim?
Job2Go bakal kasih sejumlah rahasianya.
Komunikasi Ialah KunciHal ini merupakan rahasia umum yang banyak banget disepelekan. Coba deh buka ruang komunikasi yang luas antar anggota tim. Gunakan semua medium komunikasi baik via pesan teks, telepon, atau bertemu muka langsung. Pastikan semua anggota team bisa menyampaikan opininya hingga tidak ada
unek-unek atau ganjalan yang membikin mereka tak nyaman dan kehilangan keterikatan dengan timnya. Amati perkembangan pekerjaan dan tanyakan apabila ada ancaman yang dihadapi anggota tim. Komunikasi juga tidak berarti semua harus mampu menyampaikan opininya, tetapi ada yang lebih penting yaitu mendengarkan. Karena tanpa didengar dengan baik, hal yang disampaikan tentu akan sia sia.
Pelihara Hubungan Timbal BalikDalam hal pekerjaan, tentu akan selalu ada tolak ukur. Prilaku transparan dalam mengukur hasil kerja akan membuat anggota tim merasa keberadan dan kontribusinya diakui. Psikolog Ron Friedman dalam bukunya “The Best Place to Work” mengatakan kalau jumlah apreasiasi yang diberikan lebih penting daripada besarnya. Jadi tak ada salahnya lebih sering memuji anggota tim anda yang punya kinerja bagus. Apresiasi kecil itu efeknya bisa menjadi sangat besar dan membuat anggotamu mempunyai hubungan yang lebih erat, lho! Oh ya agar berimbang, berikan juga evaluasi buat anggota yang kurang optimal dalam bekerja. Berilah kritik yang membangun. Sampaikan dengan cara yang baik dan berikan semangat buat proyek selanjutnya. Selain itu bila ada prestasi tim yang membanggakan, gak ada salahnya juga {untuk kamu berikan penghargaan guna merayakan hasil kerja keras tim. Misalnya dengan mengajak mereka makan-makan atau pergi karaoke bersama. Ini juga akan semakin mempererat hubungan antara seluruh anggota tim.
Biarkan Anggota Tim SenangEntrepreneur Martin Zwilling dalam tulisannya yang diterbitkan di
Forbes menyebut situasi lingkungan kerja mempunyai peran dalam menentukan apakah pegawai atau anggota team tersebut senang atau tidak. Menurutnya bagaimana membuat anggota tim selalu bahagia adalah sebuah tantangan tersendiri. Ada hal-hal kecil yang bisa dilakukan demi membuat anggota tim lebih senang, contohnya buat irama kerja yang tidak terlalu kaku alias serius tapi santai, ciptakan waktu kerja se-efisien mungkin jadi tak perlu kerja lembur dan semua anggota tim dapat mempunyai waktu lebih banyak buat kehidupan pribadinya. Oh iya, utamakan juga untuk tidak mengganggu anggota tim di luar waktu kerja. Agar mereka dapat benar-benar menikmati waktu di luar kantor dan jadi lebih bahagia karena tak kepikiran urusan kerjaan terus menerus. Kalau mereka menyenangi kondisi pekerjaannya, dijamin deh
engagement yang erat akan semakin tercipta serta situasi kerja pun jadi lebih enak dan produktif. Selamat mencoba!
0 Response to " 3 Triks Membangun Engagement dalam Tim yang Efisen "
Posting Komentar