Kerja tim yang efektif tentunya akan mengarah ke hasil yang bagus pula. Namun, bagaimanakah metode meraih kinerja yang optimal sebagai tim? Salah satu jawabannya ialah: sejauh apa
engagement atau keterikatan psikologis para anggota team tsb. Team yang kompak serta punya vision yang serupa pastinya akan lebih gampang bekerja dan mencapai hasil maksimal. Bagaimana caranya membangun
engagement dalam team?
Job2Go bakal beri beberapa rahasianya.
Komunikasi Ialah KunciIni merupakan rahasia umum yang banyak kali disepelekan. Coba buka ruang komunikasi yang lebar antar anggota tim. Manfaatkan semua jalur komunikasi baik melalui pesan teks, telepon, atau berhadapan muka langsung. Pastikan semua anggota tim bisa menyampaikan opininya sehingga tidak ada
unek-unek atau ganjalan yang membuat mereka tidak nyaman dan kehilangan keterikatan dengan timnya. Pantau perkembangan pekerjaan dan tanyakan bila ada tantangan yang dihadapi anggota tim. Komunikasi juga tidak berarti semua harus bisa menyampaikan pendapatnya, tetapi ada yang lebih penting yaitu mendengarkan. Karena tanpa didengar dengan baik, hal yang disampaikan tentu akan sia sia.
Pelihara Hubungan Timbal BalikDalam hal pekerjaan, tentu akan selalu ada penilaian. Sikap transparan dalam mengukur hasil kerja akan menyebabkan anggota tim merasa keberadan dan kontribusinya diakui. Psikolog Ron Friedman dalam bukunya “The Best Place to Work” mengatakan jika frekuensi penghargaan yang diberikan lebih penting daripada besarnya. Jadi nggak ada salahnya lebih sering memuji anggota tim kamu yang punya kinerja menonjol. Penghargaan kecil itu impactnya dapat menjadi sangat besar dan bikin anggotamu punya hubungan yang lebih erat, lho! Oh ya agar berimbang, berikan juga evaluasi buat anggota yang kurang optimal dalam bekerja. Berilah kritik yang membangun. Sampaikan dengan cara yang bagus dan berikan semangat buat proyek selanjutnya. Selain itu bila ada pencapaian team yang membanggakan, tak ada salahnya juga {untuk kamu berikan penghargaan guna merayakan hasil kerja keras tim. Misalnya dengan mengajak mereka makan-makan atau pergi karaoke bersama. Ini juga akan semakin mempererat hubungan antara seluruh anggota tim.
Biarkan Anggota Tim SenangPengusaha Martin Zwilling dalam artikelnya yang diterbitkan di
Forbes menyebut situasi lingkungan kerja memiliki peran dalam menentukan apakah pegawai atau anggota team tersebut senang atau tidak. Menurutnya bagaimana membuat anggota tim selalu bahagia adalah sebuah tantangan tersendiri. Ada hal-hal kecil yang bisa dilakukan demi membuat anggota team lebih senang, contohnya buat ritme kerja yang fleksibel alias serius tapi santai, ciptakan waktu kerja se-efektif mungkin jadi tidak perlu kerja lembur dan semua anggota tim bisa mempunyai waktu lebih banyak untuk kehidupan pribadinya. Oh iya, utamakan juga untuk tak mengganggu anggota tim di luar waktu kerja. Agar mereka dapat benar-benar menikmati waktu di luar kantor dan jadi lebih bahagia karena nggak kepikiran urusan kerjaan terus menerus. Jika mereka menyukai kondisi pekerjaannya, dijamin deh
engagement yang erat akan semakin tercipta dan suasana kerja pun jadi lebih enak dan produktif. Selamat mencoba!
0 Response to " 3 Triks Meningkatkan Engagement dalam Team yang Efisen "
Posting Komentar