Labels

Berartinya Membina Komunikasi Baik di Tempat Kerja

Berartinya Membina Komunikasi Baik di Tempat Kerja - Hallo sahabat Lowongan Kerja Indonesia , Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul Berartinya Membina Komunikasi Baik di Tempat Kerja , kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel Job2Go , yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : Berartinya Membina Komunikasi Baik di Tempat Kerja
link : Berartinya Membina Komunikasi Baik di Tempat Kerja

Baca juga


Berartinya Membina Komunikasi Baik di Tempat Kerja






















 

Komunikasi ialah hal yang sangat mendasar dan paling menempel dengan manusia. Pernahkah kalian berimajinasi gimana rasanya bertahan satu hari tanpa komunikasi apapun? Pasti semacam terpenjara. Hal itu normal kok, sebab memang komunikasi itu kebutuhan dasar manusia.

Eits jangan salah, komunikasi itu bukan hanya tentang bicara loh. Prinsipnya komunikasi adalah proses pengiriman pesan dalam bentuk apapun dari 1 pihak ke pihak lainnya. Bentuknya bermacam-macam, bisa verbal (misalnya melalui ucapan, kata-kata, dan tulisan) atau non-verbal (ekspresi serta gerak tubuh).

Ada beberapa hal penting yang melekat dari sebuah bentuk komunikasi. Menurut seorang ahli komunikasi Julia T. Wood, persepsi adalah hal yang paling utama dari sebuah komunikasi. Apa itu persepsi?  Persepsi adalah proses seseorang dalam memilih, mengorganisasikan, dan mengartikan pesan yang diterima dari sebuah komunikasi. Ada bermacam faktor yang bisa mempengaruhi persepsi seseorang. Nah di sinilah biasanya awal timbul permasalahan. Seringkali pesan atau komunikasi yang mau kitakirim tak diterima atau diartikan dengan baik, akhirnya menjadi salah paham.

Komunikasi Efisien di Lingkungan Kerja

Di lokasi kerja setiap hari kita bertemu serta berinteraksi dengan bermacam-macam orang. Mulai dari ngobrol masalah kerjaan dengan kolega kerja, curhat masalah pribadi dengan teman di satu divisi, hingga diskusi tentang pekerjaan dengan bos. Kadang kala proses komunikasi ini tak selalu lancar. Selisih paham mungkin pernah terjadi saat proses komunikasi ini berlangsung.

Ada beberapa hal yang membuat seseorang dapat berselisih paham. Salah satunya ialah kesalahan dalam komunikasi yang akhirnya menyebabkan persoalan antara dua pihak atau lebih. Nah, di sini lah peran komunikasi efisien sangat diperlukan.

Pada dasarnya semua orang mempunyai kemampuan dasar buat berkomunikasi, itu telah naluriah serta alami sejak dilahirkan. Namun tak semua orang memiliki kemampuan untuk berkomunikasi dengan efisien. Komunikasi yang efektif terjadi ketika pesan tersampaikan dengan baik sesuai dengan maksud dan tujuannya. Jadi misalnya anda mau mengajukan cuti ke atasan dengan alasan acara keluarga yang penting di luar kota. Waktu bicara dengan bos, kamu mesti menyampaikan dengan jelas maksud dan tujuan anda mengajukan cuti agar bos kamu benar-benar mengerti serta akhirnya memberikan izin. Pesan itu harus tersampaikan dengan baik untuk menghindari kesalah pahaman yang nantinya akan berujung pada komunikasi yang tidak baik.

Ada beberapa metode yang dapat kamu lakukan buat menjadikan komunikasi kalian di tempat kerja lebih efektif, di antarnya:

  • Coba untuk lebih banyak mendengar


Komunikasi yang efektif diawali dari kemampuan waktu mendengar. Kamu mesti bisa menghormati teman kerja dan bos di kantor dengan mendengarkan setiap pembicaraan dengan antusias dan saksama. Dengan begini rekan kerja dan atasan kalian juga akan menghargai anda saat kamu berbicara.

  • Sampaikanlah pesan komunikasi dengan bahasa yang mudah.


Point dari komunikasi yang efektif ialah ketika pesan dapat tersampaikan dengan baik. Maka, ketahuilah dengan siapa anda berbicara dan sesuaikan gaya bahasa kamu dalam menyampaikan pesan. Hal ini penting supaya komunikasi mudah dipahami serta akhirnya menjadi efisien.

  • Perhatikan bahasa tubuh.


Dikala kita berbicara dengan rekan kerja berusahalah untuk memperhatikan gerak-gerik tubuh. Mungkin ini hal yang terdengar sepele, tetapi penting buat dilakukan. Misalnya dikala berbicara tataplah mata lawan bicara, tersenyum simpul, dan sesekali memberi anggukan sebagai reaksi positif. Hal ini akan diterima oleh lawan bicara anda sebagai tanda bahwa kamu antusias dalam pembicaraan tersebut.






Demikianlah Artikel Berartinya Membina Komunikasi Baik di Tempat Kerja

Sekianlah artikel Berartinya Membina Komunikasi Baik di Tempat Kerja kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

Anda sekarang membaca artikel Berartinya Membina Komunikasi Baik di Tempat Kerja dengan alamat link https://lowongankerjajob2go.blogspot.com/2020/03/berartinya-membina-komunikasi-baik-di_25.html

0 Response to " Berartinya Membina Komunikasi Baik di Tempat Kerja "

Posting Komentar