Judul : Berartinya Membina Komunikasi Efisien di Area Pekerjaan
link : Berartinya Membina Komunikasi Efisien di Area Pekerjaan
Berartinya Membina Komunikasi Efisien di Area Pekerjaan

Komunikasi adalah hal yang sangat mendasar dan paling melekat pada manusia. Sempatkah kamu membayangkan bagaimana rasanya bertahan satu hari tanpa komunikasi apapun? Pasti semisal terpenjara. Perihal itu normal kok, karena memang komunikasi itu kebutuhan dasar manusia.
Eits jangan salah, komunikasi itu bukan melulu tentang bicara loh. Prinsipnya komunikasi ialah proses pengiriman pesan dalam bentuk apapun dari satu pihak ke pihak lainnya. Bentuknya banyak, dapat verbal (contohnya melalui ucapan, kata-kata, dan tertulis) atau non-verbal (ekspresi dan gerak tubuh).
Ada beberapa hal penting yang melekat dari sebuah bentuk komunikasi. Menurut seorang ahli komunikasi Julia T. Wood, persepsi ialah hal yang paling utama dari sebuah komunikasi. Apa itu persepsi? Persepsi ialah proses seseorang dalam memilih, mengorganisasikan, dan mengartikan pesan yang diterima dari sebuah komunikasi. Ada banyak faktor yang bisa mempengaruhi persepsi seseorang. Nah di sinilah biasanya awal timbul persoalan. Seringkali pesan atau komunikasi yang mau kita sampaikan tidak diterima atau diartikan dengan baik, akhirnya menjadi salah paham.
Komunikasi Efisien di Area Kerja
Di tempat kerja setiap hari kita bertemu dan berinteraksi dengan banyak orang. Mulai dari ngobrol masalah kerjaan dengan rekan kerja, curhat masalah pribadi dengan sahabat di satu bagian, sampai diskusi tentang pekerjaan dengan bos. Terkadang proses komunikasi ini tak selalu lancar. Selisih paham mungkin pernah terjadi saat proses komunikasi ini berlangsung.
Ada beberapa hal yang membuat seseorang bisa berselisih paham. Salah satunya ialah kesalahan dalam komunikasi yang akhirnya menimbulkan persoalan antara 2 pihak atau lebih. Nah, di sini lah peran komunikasi efektif sangat diperlukan.
Pada dasarnya semua orang memiliki kemampuan dasar untuk berkomunikasi, itu sudah naluriah dan alami sejak dilahirkan. Tetapi tak semua orang memiliki kemampuan untuk berkomunikasi dengan efisien. Komunikasi yang efisien terjadi kala pesan terkirim dengan baik sesuai dengan maksud dan tujuannya. Jadi misalnya kamu ingin mengajukan cuti ke atasan dengan alasan acara keluarga yang penting di luar kota. Saat berdialog dengan bos, kamu mesti menyampaikan dengan jelas maksud serta tujuan kalian mengajukan cuti agar bos anda betul - betul paham dan akhirnya memberikan ijin. Pesan itu mesti tersampaikan dengan baik untuk menghindari kesalah pahaman yang nantinya akan berujung pada komunikasi yang tak.
Ada beberapa cara yang dapat kamu lakukan buat menjadikan komunikasi kalian di lokasi kerja lebih efektif, di antarnya:
- Coba buat lebih banyak mendengar
Komunikasi yang efektif diawali dari kemampuan waktu mendengar. Anda mesti bisa menghargai kolega kerja dan bos di kantor dengan mendengarkan setiap obrolan dengan antusias dan saksama. Dengan begini kolega kerja dan bos kalian juga akan menghargai anda saat kamu berbicara.
- Sampaikanlah pesan komunikasi dengan bahasa yang mudah.
Point dari komunikasi yang efektif adalah waktu pesan bisa tersampaikan dengan baik. Maka, ketahuilah dengan siapa kamu berbicara dan sesuaikan gaya bahasa kamu dalam menyampaikan pesan. Hal ini penting supaya komunikasi gampang dipahami serta akhirnya menjadi efektif.
- Perhatikan bahasa tubuh.
Dikala kita berdialog dengan rekan kerja berusahalah untuk memperhatikan gerak-gerik tubuh. Meski ini hal yang terdengar sepele, tetapi berarti buat dilakukan. Misalnya dikala berbicara tataplah mata lawan bicara, tersenyum simpul, serta sesekali memberi anggukan sebagai reaksi positif. Hal ini akan diterima oleh lawan bicara anda sebagai tanda bahwa kalian antusias dalam pembicaraan tersebut.
Demikianlah Artikel Berartinya Membina Komunikasi Efisien di Area Pekerjaan
Sekianlah artikel
Berartinya Membina Komunikasi Efisien di Area Pekerjaan
kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.
Anda sekarang membaca artikel Berartinya Membina Komunikasi Efisien di Area Pekerjaan dengan alamat link https://lowongankerjajob2go.blogspot.com/2020/03/berartinya-membina-komunikasi-efisien_18.html
0 Response to " Berartinya Membina Komunikasi Efisien di Area Pekerjaan "
Posting Komentar