Judul : Berartinya Membina Komunikasi Efisien di Lokasi Kerja
link : Berartinya Membina Komunikasi Efisien di Lokasi Kerja
Berartinya Membina Komunikasi Efisien di Lokasi Kerja

Komunikasi adalah hal yang sangat mendasar serta paling melekat pada manusia. Sempatkah kalian membayangkan gimana rasanya bertahan satu hari tanpa komunikasi apapun? Pasti seperti terpenjara. Hal itu normal kok, sebab memang komunikasi itu kebutuhan dasar manusia.
Eits jangan salah, komunikasi itu tidak melulu terkait bicara loh. Prinsipnya komunikasi ialah proses pengiriman pesan dalam bentuk apapun dari 1 pihak ke pihak lainnya. Bentuknya banyak, dapat verbal (contohnya melalui ucapan, kata-kata, serta tertulis) atau non-verbal (ekspresi serta gerak tubuh).
Ada beberapa hal penting yang melekat dari sebuah bentuk komunikasi. Menurut seorang ahli komunikasi Julia T. Wood, persepsi adalah hal yang paling utama dari sebuah komunikasi. Apa itu persepsi? Persepsi adalah proses seseorang dalam memilih, mengorganisasikan, dan mengartikan pesan yang diterima dari sebuah komunikasi. Ada banyak faktor yang bisa mempengaruhi persepsi seseorang. Nah di sinilah biasanya mulai timbul persoalan. Seringkali pesan atau komunikasi yang ingin kitakirim tak diterima atau diartikan dengan baik, akhirnya jadi salah paham.
Komunikasi Efektif di Lingkungan Kerja
Di lokasi kerja setiap hari kita bertemu dan berinteraksi dengan banyak orang. Mulai dari ngobrol soal kerjaan dengan kolega kerja, curhat masalah pribadi dengan sahabat di 1 divisi, sampai diskusi tentang pekerjaan dengan bos. Terkadang proses komunikasi ini tak selalu lancar. Selisih paham mungkin pernah terjadi waktu proses komunikasi ini berlangsung.
Ada beberapa hal yang menyebabkan seseorang bisa berselisih paham. Salah satunya adalah kesalahan dalam komunikasi yang akhirnya menimbulkan persoalan antara dua pihak atau lebih. Nah, di sini lah peran komunikasi efisien sangat dibutuhkan.
Pada dasarnya semua orang mempunyai kemampuan dasar untuk berkomunikasi, itu sudah naluriah dan alami sejak kita dilahirkan. Namun tak semua orang memiliki kemampuan untuk berkomunikasi dengan efektif. Komunikasi yang efisien terjadi ketika pesan tersampaikan dengan baik sesuai dengan maksud dan tujuannya. Jadi misalnya kamu ingin mengajukan cuti ke atasan dengan alasan acara keluarga yang mendesak di luar kota. Waktu bicara dengan atasan, kalian mesti menyampaikan dengan jelas maksud serta tujuan anda mengajukan cuti agar atasan anda benar-benar mengerti serta akhirnya memberikan izin. Pesan itu wajib tersampaikan dengan baik untuk menghindari kesalah pahaman yang nantinya akan berujung pada komunikasi yang tidak baik.
Ada beberapa cara yang bisa anda lakukan untuk menjadikan komunikasi kalian di lokasi kerja lebih efektif, di antarnya:
- Coba untuk lebih banyak mendengar
Komunikasi yang efektif diawali dari kemampuan dalam mendengar. Kalian wajib bisa menghargai kolega kerja dan bos di kantor dengan mendengarkan setiap pembicaraan dengan antusias dan saksama. Dengan begini teman kerja serta atasan kalian juga akan menghargai anda saat kamu berbicara.
- Sampaikanlah pesan komunikasi dengan bahasa yang gampang.
Inti dari komunikasi yang efektif adalah ketika pesan bisa tersampaikan dengan baik. Maka, ketahuilah dengan siapa kamu berbicara serta sesuaikan gaya bahasa kamu dalam menyampaikan pesan. Hal ini penting agar komunikasi mudah dipahami dan akhirnya menjadi efektif.
- Perhatikan bahasa tubuh.
Dikala kita berdialog dengan rekan kerja berusahalah untuk memperhatikan gerak-gerik tubuh. Mungkin ini hal yang terdengar sepele, tetapi berarti untuk dilakukan. Misalnya dikala berbicara tataplah mata lawan bicara, tersenyum simpul, serta sesekali memberi anggukan sebagai reaksi positif. Hal ini akan diterima oleh lawan bicara kalian sebagai tanda bahwa kamu antusias dalam pembicaraan tersebut.
Demikianlah Artikel Berartinya Membina Komunikasi Efisien di Lokasi Kerja
Sekianlah artikel
Berartinya Membina Komunikasi Efisien di Lokasi Kerja
kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.
Anda sekarang membaca artikel Berartinya Membina Komunikasi Efisien di Lokasi Kerja dengan alamat link https://lowongankerjajob2go.blogspot.com/2020/03/berartinya-membina-komunikasi-efisien_21.html
0 Response to " Berartinya Membina Komunikasi Efisien di Lokasi Kerja "
Posting Komentar