Labels

Berartinya Membina Komunikasi Efisien di Lingkungan Pekerjaan

Berartinya Membina Komunikasi Efisien di Lingkungan Pekerjaan - Hallo sahabat Lowongan Kerja Indonesia , Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul Berartinya Membina Komunikasi Efisien di Lingkungan Pekerjaan , kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel Job2Go , Artikel Pekerjaan , yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : Berartinya Membina Komunikasi Efisien di Lingkungan Pekerjaan
link : Berartinya Membina Komunikasi Efisien di Lingkungan Pekerjaan

Baca juga


Berartinya Membina Komunikasi Efisien di Lingkungan Pekerjaan






















 

Komunikasi ialah hal yang sangat mendasar dan paling menempel dengan manusia. Sempatkah kamu berimajinasi gimana rasanya bertahan satu hari tanpa komunikasi apapun? Pasti seperti terpenjara. Perihal itu normal kok, karena memang komunikasi itu kebutuhan dasar manusia.

Eits jangan salah, komunikasi itu bukan hanya tentang bicara loh. Prinsipnya komunikasi ialah proses penyampaian pesan dalam bentuk apapun dari 1 pihak ke pihak lainnya. Bentuknya banyak, bisa verbal (misalnya melalui ucapan, kata-kata, serta tulisan) atau non-verbal (ekspresi serta gerak tubuh).

Ada beberapa hal penting yang melekat dari sebuah bentuk komunikasi. Menurut salah seorang ahli komunikasi Julia T. Wood, persepsi adalah hal yang paling penting dari sebuah komunikasi. Apa itu persepsi?  Persepsi adalah proses seseorang dalam memilih, mengorganisasikan, serta mengartikan pesan yang diperoleh dari sebuah komunikasi. Ada bermacam faktor yang dapat mempengaruhi persepsi seseorang. Nah di sinilah biasanya mulai timbul permasalahan. Seringkali pesan atau komunikasi yang mau kitakirim tidak diterima atau diartikan dengan benar, akhirnya jadi salah paham.

Komunikasi Efektif di Area Kerja

Di area kerja setiap hari kita bertemu dan berinteraksi dengan banyak orang. Mulai dari ngobrol soal kerjaan dengan rekan kerja, curhat masalah pribadi dengan teman di 1 bagian, sampai diskusi terkait pekerjaan dengan bos. Terkadang proses komunikasi ini tidak selalu mulus. Selisih paham mungkin pernah terjadi saat proses komunikasi ini berlangsung.

Ada beberapa hal yang menyebabkan seseorang dapat berselisih paham. Salah satunya ialah kesalahan dalam komunikasi yang akhirnya menimbulkan permasalahan antara dua pihak atau lebih. Nah, di sini lah peran komunikasi efektif sangat dibutuhkan.

Pada dasarnya semua orang memiliki kemampuan dasar untuk berkomunikasi, itu sudah naluriah serta alami sejak kita dilahirkan. Tetapi tak semua orang memiliki kemampuan buat berkomunikasi dengan efektif. Komunikasi yang efektif terjadi kala pesan tersampaikan dengan baik sesuai dengan maksud dan tujuannya. Jadi misalnya kalian mau mengajukan cuti ke bos dengan alasan acara keluarga yang mendesak di luar kota. Saat bicara dengan bos, anda harus menyampaikan dengan jelas maksud serta tujuan anda mengajukan cuti supaya bos kamu benar-benar paham dan akhirnya memberikan izin. Pesan itu harus tersampaikan dengan baik untuk menghindari kesalah pahaman yang nantinya akan berujung pada komunikasi yang tak.

Ada beberapa metode yang dapat anda lakukan buat menjadikan komunikasi kalian di lokasi kerja lebih efektif, di antarnya:

  • Coba buat lebih banyak mendengar


Komunikasi yang efektif dimulai dari kemampuan dalam mendengar. Kamu mesti dapat menghormati teman kerja dan atasan di kantor dengan mendengarkan setiap obrolan dengan antusias dan saksama. Dengan begini rekan kerja serta atasan kamu juga akan menghargai kamu saat kamu berbicara.

  • Sampaikanlah pesan komunikasi dengan bahasa yang gampang.


Point dari komunikasi yang efektif ialah ketika pesan bisa tersampaikan dengan baik. Jadi, ketahuilah dengan siapa kamu berbicara dan sesuaikan gaya bahasa kamu dalam menyampaikan pesan. Hal ini penting supaya komunikasi mudah dipahami dan akhirnya menjadi efisien.

  • Perhatikan bahasa tubuh.


Saat kita berbicara dengan rekan kerja berusahalah untuk memperhatikan gerak-gerik tubuh. Mungkin ini hal yang terdengar sepele, tetapi berarti untuk dilakukan. Misalnya saat berbicara tataplah mata lawan bicara, tersenyum simpul, serta sesekali memberi anggukan sebagai reaksi positif. Hal ini akan diterima oleh lawan bicara kamu sebagai tanda bahwa kamu antusias dalam pembicaraan tersebut.






Demikianlah Artikel Berartinya Membina Komunikasi Efisien di Lingkungan Pekerjaan

Sekianlah artikel Berartinya Membina Komunikasi Efisien di Lingkungan Pekerjaan kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

Anda sekarang membaca artikel Berartinya Membina Komunikasi Efisien di Lingkungan Pekerjaan dengan alamat link https://lowongankerjajob2go.blogspot.com/2020/03/berartinya-membina-komunikasi-efisien_8.html

0 Response to " Berartinya Membina Komunikasi Efisien di Lingkungan Pekerjaan "

Posting Komentar