Judul : Berartinya Membina Komunikasi Efisien di Tempat Pekerjaan
link : Berartinya Membina Komunikasi Efisien di Tempat Pekerjaan
Berartinya Membina Komunikasi Efisien di Tempat Pekerjaan

Komunikasi ialah hal yang sangat mendasar dan paling melekat dengan manusia. Pernahkah kalian membayangkan gimana rasanya bertahan 1 hari tanpa komunikasi apapun? Pasti seperti terpenjara. Perihal itu wajar kok, sebab memang komunikasi itu kebutuhan dasar manusia.
Eits jangan salah, komunikasi itu tidak hanya terkait bicara loh. Prinsipnya komunikasi adalah proses pengiriman pesan dalam bentuk apapun dari satu pihak ke pihak lainnya. Bentuknya banyak, dapat verbal (misalnya melalui ucapan, kata-kata, dan tertulis) atau non-verbal (ekspresi serta gerak tubuh).
Ada beberapa hal utama yang menempel dari sebuah bentuk komunikasi. Menurut salah seorang pakar komunikasi Julia T. Wood, persepsi adalah hal yang paling utama dari sebuah komunikasi. Apa itu persepsi? Persepsi adalah proses seseorang dalam memilih, mengorganisasikan, dan mengartikan pesan yang diterima dari sebuah komunikasi. Ada banyak faktor yang dapat mempengaruhi persepsi seseorang. Nah di sinilah biasanya mulai timbul persoalan. Seringkali pesan atau komunikasi yang ingin kitakirim tidak diterima atau diartikan dengan baik, akhirnya jadi salah paham.
Komunikasi Efektif di Tempat Kerja
Di lokasi kerja setiap hari kita bertemu dan berinteraksi dengan banyak orang. Mulai dari ngobrol soal kerjaan dengan kolega kerja, curhat masalah pribadi dengan teman di 1 divisi, sampai diskusi tentang pekerjaan dengan atasan. Terkadang proses komunikasi ini tidak selalu mulus. Selisih paham mungkin pernah terjadi saat proses komunikasi ini berlangsung.
Ada beberapa hal yang menyebabkan seseorang dapat berselisih paham. Salah satunya adalah kesalahan dalam komunikasi yang akhirnya menimbulkan permasalahan antara 2 pihak atau lebih. Nah, di sini lah peran komunikasi efisien sangat dibutuhkan.
Pada dasarnya semua orang mempunyai kemampuan dasar untuk berkomunikasi, itu telah naluriah serta alami sejak dilahirkan. Tetapi tak semua orang memiliki kemampuan untuk berkomunikasi dengan efisien. Komunikasi yang efisien terjadi ketika pesan tersampaikan dengan baik sesuai dengan maksud dan tujuannya. Jadi misalnya anda mau mengajukan cuti ke bos dengan alasan acara keluarga yang penting di luar kota. Saat berkomunikasi dengan bos, anda wajib menyampaikan dengan jelas maksud dan tujuan kalian mengajukan cuti agar bos kalian betul - betul mengerti serta akhirnya memberikan izin. Pesan itu wajib tersampaikan dengan baik untuk menghindari kesalah pahaman yang nantinya bisa berujung pada komunikasi yang tak.
Ada beberapa cara yang dapat kalian lakukan untuk menjadikan komunikasi kalian di lokasi kerja lebih efisien, di antarnya:
- Coba untuk lebih banyak mendengar
Komunikasi yang efektif dimulai dari kemampuan waktu mendengar. Kalian harus bisa menghormati kolega kerja dan atasan di kantor dengan mendengarkan setiap pembicaraan dengan antusias dan saksama. Dengan begini kolega kerja serta atasan kalian juga akan menghargai anda saat kamu berbicara.
- Sampaikanlah pesan komunikasi dengan bahasa yang gampang.
Inti dari komunikasi yang efektif ialah ketika pesan dapat tersampaikan dengan baik. Jadi, ketahuilah dengan siapa kamu berbicara serta sesuaikan gaya bahasa kamu dalam menyampaikan pesan. Hal ini penting agar komunikasi mudah dipahami dan akhirnya menjadi efisien.
- Perhatikan bahasa tubuh.
Dikala kita berbicara dengan rekan kerja berusahalah buat memperhatikan gerak-gerik tubuh. Mungkin ini hal yang terdengar sepele, tetapi penting untuk dilakukan. Misalnya saat berbicara tataplah mata lawan bicara, tersenyum simpul, serta sesekali memberi anggukan sebagai reaksi positif. Hal ini akan diterima oleh lawan bicara anda sebagai tanda bahwa kamu antusias dalam pembicaraan tersebut.
Demikianlah Artikel Berartinya Membina Komunikasi Efisien di Tempat Pekerjaan
Sekianlah artikel
Berartinya Membina Komunikasi Efisien di Tempat Pekerjaan
kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.
Anda sekarang membaca artikel Berartinya Membina Komunikasi Efisien di Tempat Pekerjaan dengan alamat link https://lowongankerjajob2go.blogspot.com/2020/03/berartinya-membina-komunikasi-efisien_86.html
0 Response to " Berartinya Membina Komunikasi Efisien di Tempat Pekerjaan "
Posting Komentar