Labels

Berartinya Membina Komunikasi Yang Efektif di Tempat Kerja

Berartinya Membina Komunikasi Yang Efektif di Tempat Kerja - Hallo sahabat Lowongan Kerja Indonesia , Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul Berartinya Membina Komunikasi Yang Efektif di Tempat Kerja , kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel Job2Go , yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : Berartinya Membina Komunikasi Yang Efektif di Tempat Kerja
link : Berartinya Membina Komunikasi Yang Efektif di Tempat Kerja

Baca juga


Berartinya Membina Komunikasi Yang Efektif di Tempat Kerja






















 

Komunikasi ialah hal yang sangat mendasar serta paling menempel dengan manusia. Pernahkah kamu berimajinasi gimana rasanya bertahan satu hari tanpa komunikasi apapun? Pasti semisal terpenjara. Perihal itu normal kok, sebab memang komunikasi itu kebutuhan dasar manusia.

Eits jangan salah, komunikasi itu bukan hanya tentang bicara loh. Pada dasarnya komunikasi ialah proses penyampaian pesan dalam bentuk apapun dari 1 pihak ke pihak lainnya. Bentuknya banyak, dapat verbal (contohnya melalui ucapan, kata-kata, serta tulisan) atau non-verbal (ekspresi dan gerak tubuh).

Ada beberapa hal utama yang menempel dari sebuah bentuk komunikasi. Menurut salah seorang ahli komunikasi Julia T. Wood, persepsi ialah hal yang paling utama dari sebuah komunikasi. Apa itu persepsi?  Persepsi adalah proses seseorang dalam memilih, mengorganisasikan, dan mengartikan pesan yang diperoleh dari sebuah komunikasi. Ada banyak faktor yang dapat mempengaruhi persepsi seseorang. Nah di sinilah biasanya awal timbul persoalan. Seringkali pesan atau komunikasi yang ingin kita sampaikan tak diterima atau diartikan dengan benar, akhirnya jadi salah paham.

Komunikasi Efisien di Area Kerja

Di tempat kerja setiap hari kita bertemu serta berinteraksi dengan bermacam-macam orang. Mulai dari ngobrol masalah kerjaan dengan kolega kerja, curhat masalah pribadi dengan sahabat di satu bagian, hingga diskusi tentang pekerjaan dengan bos. Kadang kala proses komunikasi ini tidak selalu lancar. Selisih paham mungkin bisa terjadi saat proses komunikasi ini berlangsung.

Ada beberapa hal yang menyebabkan seseorang bisa berselisih paham. Salah satunya adalah kesalahan dalam komunikasi yang akhirnya menyebabkan permasalahan antara 2 pihak atau lebih. Nah, di sini lah peran komunikasi efisien sangat diperlukan.

Pada dasarnya semua orang mempunyai kemampuan dasar buat berkomunikasi, itu sudah naluriah dan alami sejak kita dilahirkan. Tetapi tak semua orang memiliki kemampuan untuk berkomunikasi dengan efektif. Komunikasi yang efektif terjadi kala pesan terkirim dengan baik sesuai dengan maksud dan tujuannya. Jadi misalnya kamu ingin mengajukan cuti ke atasan dengan alasan acara keluarga yang penting di luar kota. Saat bicara dengan bos, kalian wajib menyampaikan dengan jelas maksud serta tujuan anda mengajukan cuti agar bos anda benar-benar paham serta akhirnya memberikan ijin. Pesan itu mesti tersampaikan dengan baik untuk menghindari kesalah pahaman yang nantinya akan berujung pada komunikasi yang tidak baik.

Ada beberapa cara yang dapat kamu lakukan buat menjadikan komunikasi anda di lokasi kerja lebih efisien, di antarnya:

  • Coba buat lebih banyak mendengar


Komunikasi yang efektif dimulai dari kemampuan waktu mendengar. Anda harus dapat menghargai rekan kerja dan atasan di kantor dengan mendengarkan setiap obrolan dengan antusias dan saksama. Dengan begini kolega kerja dan bos anda juga akan menghargai kamu saat kamu berbicara.

  • Sampaikanlah pesan komunikasi dengan bahasa yang mudah.


Inti dari komunikasi yang efektif adalah ketika pesan dapat tersampaikan dengan baik. Maka, ketahuilah dengan siapa kalian berbicara serta sesuaikan gaya bahasa kamu dalam menyampaikan pesan. Hal ini penting agar komunikasi mudah dipahami dan akhirnya menjadi efisien.

  • Perhatikan bahasa tubuh.


Waktu kita berdialog dengan rekan kerja berusahalah untuk memperhatikan gerak-gerik tubuh. Meski ini hal yang terdengar sepele, tetapi penting buat dilakukan. Misalnya saat berbicara tataplah mata lawan bicara, tersenyum simpul, serta sesekali memberi anggukan sebagai respon positif. Hal ini akan diterima oleh lawan bicara kamu sebagai tanda bahwa kalian antusias dalam pembicaraan tersebut.






Demikianlah Artikel Berartinya Membina Komunikasi Yang Efektif di Tempat Kerja

Sekianlah artikel Berartinya Membina Komunikasi Yang Efektif di Tempat Kerja kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

Anda sekarang membaca artikel Berartinya Membina Komunikasi Yang Efektif di Tempat Kerja dengan alamat link https://lowongankerjajob2go.blogspot.com/2020/03/berartinya-membina-komunikasi-yang_25.html

0 Response to " Berartinya Membina Komunikasi Yang Efektif di Tempat Kerja "

Posting Komentar