Judul : Berartinya Membina Komunikasi Yang Efektif di Lokasi Pekerjaan
link : Berartinya Membina Komunikasi Yang Efektif di Lokasi Pekerjaan
Berartinya Membina Komunikasi Yang Efektif di Lokasi Pekerjaan

Komunikasi adalah hal yang sangat mendasar dan paling melekat pada manusia. Sempatkah kalian berimajinasi bagaimana rasanya bertahan 1 hari tanpa komunikasi apapun? Pasti seperti terpenjara. Hal itu wajar kok, karena memang komunikasi itu kebutuhan basic manusia.
Eits jangan salah, komunikasi itu tidak melulu tentang bicara loh. Pada dasarnya komunikasi ialah proses pengiriman pesan dalam bentuk apapun dari satu pihak ke pihak lainnya. Bentuknya bermacam-macam, bisa verbal (misalnya melalui ucapan, kata-kata, serta tulisan) atau non-verbal (ekspresi dan gerak tubuh).
Ada beberapa hal utama yang menempel dari sebuah bentuk komunikasi. Menurut seorang pakar komunikasi Julia T. Wood, persepsi ialah hal yang paling utama dari sebuah komunikasi. Apa itu persepsi? Persepsi adalah proses seseorang dalam memilih, mengorganisasikan, serta mengartikan pesan yang diterima dari sebuah komunikasi. Ada banyak faktor yang bisa mempengaruhi persepsi seseorang. Nah di sinilah biasanya mulai timbul persoalan. Seringkali pesan atau komunikasi yang ingin kita sampaikan tak diterima atau diartikan dengan benar, akhirnya jadi salah paham.
Komunikasi Efisien di Area Kerja
Di tempat kerja setiap hari kita bertemu serta berinteraksi dengan bermacam-macam orang. Mulai dari ngobrol soal kerjaan dengan kolega kerja, curhat masalah pribadi dengan sahabat di satu bagian, hingga diskusi terkait pekerjaan dengan atasan. Terkadang proses komunikasi ini tidak selalu mulus. Selisih paham mungkin pernah terjadi waktu proses komunikasi ini berlangsung.
Ada beberapa hal yang membuat seseorang bisa berselisih paham. Salah satunya adalah kesalahan dalam komunikasi yang akhirnya menimbulkan persoalan antara 2 pihak atau lebih. Nah, di sini lah peran komunikasi efektif sangat dibutuhkan.
Pada dasarnya semua orang mempunyai kemampuan dasar untuk berkomunikasi, itu telah naluriah dan alami sejak dilahirkan. Namun tak semua orang memiliki kemampuan untuk berkomunikasi dengan efisien. Komunikasi yang efisien terjadi ketika pesan terkirim dengan baik sesuai dengan maksud dan tujuannya. Jadi misalnya anda ingin mengajukan cuti ke atasan dengan alasan acara keluarga yang penting di luar kota. Waktu berdialog dengan bos, anda mesti menyampaikan dengan jelas maksud dan tujuan anda mengajukan cuti agar bos kamu benar-benar mengerti serta akhirnya memberikan izin. Pesan itu harus tersampaikan dengan baik untuk menghindari kesalah pahaman yang nantinya bisa berujung pada komunikasi yang tidak baik.
Ada beberapa metode yang bisa kalian lakukan buat menjadikan komunikasi kamu di lokasi kerja lebih efisien, di antarnya:
- Coba untuk lebih banyak mendengar
Komunikasi yang efektif dimulai dari kemampuan dalam mendengar. Kalian mesti dapat menghargai rekan kerja dan atasan di kantor dengan mendengarkan setiap pembicaraan dengan antusias dan saksama. Dengan begini rekan kerja dan atasan kalian juga akan menghargai kamu saat kamu berbicara.
- Sampaikanlah pesan komunikasi dengan bahasa yang gampang.
Inti dari komunikasi yang efektif adalah ketika pesan dapat tersampaikan dengan baik. Maka, ketahuilah dengan siapa kamu berbicara dan sesuaikan gaya bahasa kamu dalam menyampaikan pesan. Hal ini penting supaya komunikasi mudah dipahami serta akhirnya menjadi efektif.
- Perhatikan bahasa tubuh.
Dikala kita berbicara dengan rekan kerja berusahalah buat memperhatikan gerak-gerik tubuh. Meski ini hal yang terdengar sepele, tetapi penting buat dilakukan. Misalnya dikala berbicara tataplah mata lawan bicara, tersenyum simpul, serta sesekali memberi anggukan sebagai respon positif. Hal ini akan diterima oleh lawan bicara anda sebagai tanda bahwa anda antusias dalam pembicaraan tersebut.
Demikianlah Artikel Berartinya Membina Komunikasi Yang Efektif di Lokasi Pekerjaan
Sekianlah artikel
Berartinya Membina Komunikasi Yang Efektif di Lokasi Pekerjaan
kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.
Anda sekarang membaca artikel Berartinya Membina Komunikasi Yang Efektif di Lokasi Pekerjaan dengan alamat link https://lowongankerjajob2go.blogspot.com/2020/03/berartinya-membina-komunikasi-yang_26.html
0 Response to " Berartinya Membina Komunikasi Yang Efektif di Lokasi Pekerjaan "
Posting Komentar