Labels

Betapa Berartinya Membina Komunikasi Efisien di Area Pekerjaan

Betapa Berartinya Membina Komunikasi Efisien di Area Pekerjaan - Hallo sahabat Lowongan Kerja Indonesia , Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul Betapa Berartinya Membina Komunikasi Efisien di Area Pekerjaan , kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel Job2Go , Artikel Lowongan , yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : Betapa Berartinya Membina Komunikasi Efisien di Area Pekerjaan
link : Betapa Berartinya Membina Komunikasi Efisien di Area Pekerjaan

Baca juga


Betapa Berartinya Membina Komunikasi Efisien di Area Pekerjaan






















 

Komunikasi ialah hal yang sangat mendasar dan paling menempel pada manusia. Pernahkah kalian berimajinasi bagaimana rasanya bertahan satu hari tanpa komunikasi apapun? Pasti semisal terpenjara. Hal itu wajar kok, karena memang komunikasi itu kebutuhan dasar manusia.

Eits jangan salah, komunikasi itu tidak hanya tentang bicara loh. Pada dasarnya komunikasi ialah proses pengiriman pesan dalam bentuk apapun dari 1 pihak ke pihak lainnya. Bentuknya bermacam-macam, dapat verbal (misalnya melalui ucapan, kata-kata, dan tertulis) atau non-verbal (ekspresi dan gerak tubuh).

Ada beberapa hal penting yang menempel dari sebuah bentuk komunikasi. Menurut salah seorang pakar komunikasi Julia T. Wood, persepsi ialah hal yang paling utama dari sebuah komunikasi. Apa itu persepsi?  Persepsi ialah proses seseorang dalam memilih, mengorganisasikan, dan mengartikan pesan yang diterima dari sebuah komunikasi. Ada bermacam faktor yang bisa mempengaruhi persepsi seseorang. Nah di sinilah biasanya mulai timbul persoalan. Seringkali pesan atau komunikasi yang ingin kitakirim tidak diterima atau diartikan dengan benar, akhirnya menjadi salah paham.

Komunikasi Efisien di Tempat Kerja

Di tempat kerja setiap hari kita bertemu serta berinteraksi dengan banyak orang. Mulai dari ngobrol masalah kerjaan dengan rekan kerja, curhat masalah pribadi dengan rekan di 1 bagian, hingga diskusi tentang pekerjaan dengan bos. Terkadang proses komunikasi ini tidak selalu lancar. Selisih paham mungkin bisa terjadi waktu proses komunikasi ini berlangsung.

Ada beberapa hal yang menyebabkan seseorang bisa berselisih paham. Salah satunya adalah kesalahan dalam komunikasi yang akhirnya menimbulkan persoalan antara 2 pihak atau lebih. Nah, di sini lah peran komunikasi efektif sangat diperlukan.

Pada dasarnya semua orang mempunyai kemampuan dasar untuk berkomunikasi, itu sudah naluriah serta alami sejak kita dilahirkan. Namun tidak semua orang memiliki kemampuan untuk berkomunikasi dengan efisien. Komunikasi yang efisien terjadi kala pesan tersampaikan dengan baik sesuai dengan maksud dan tujuannya. Jadi misalnya kamu ingin mengajukan cuti ke atasan dengan alasan acara keluarga yang mendesak di luar kota. Waktu berdialog dengan atasan, kalian mesti menyampaikan dengan jelas maksud dan tujuan anda mengajukan cuti supaya atasan kalian benar-benar mengerti serta akhirnya memberikan ijin. Pesan itu harus tersampaikan dengan baik buat menghindari kesalah pahaman yang nantinya bisa berujung pada komunikasi yang tidak baik.

Ada beberapa metode yang dapat kalian lakukan untuk menjadikan komunikasi anda di tempat kerja lebih efektif, di antarnya:

  • Coba untuk lebih banyak mendengar


Komunikasi yang efektif diawali dari kemampuan waktu mendengar. Anda wajib dapat menghormati kolega kerja dan bos di kantor dengan mendengarkan setiap obrolan dengan antusias dan saksama. Dengan begini teman kerja serta atasan kamu juga akan menghargai kamu saat kamu berbicara.

  • Sampaikanlah pesan komunikasi dengan bahasa yang gampang.


Point dari komunikasi yang efektif adalah waktu pesan bisa tersampaikan dengan baik. Jadi, ketahuilah dengan siapa anda berbicara dan sesuaikan gaya bahasa kamu dalam menyampaikan pesan. Hal ini penting supaya komunikasi mudah dipahami dan akhirnya menjadi efektif.

  • Perhatikan bahasa tubuh.


Waktu kita berdialog dengan rekan kerja berusahalah untuk memperhatikan gerak-gerik tubuh. Mungkin ini hal yang terdengar sepele, tetapi penting untuk dilakukan. Misalnya saat berbicara tataplah mata lawan bicara, tersenyum simpul, dan sesekali memberi anggukan sebagai reaksi positif. Hal ini akan diterima oleh lawan bicara kamu sebagai tanda bahwa anda antusias dalam pembicaraan tersebut.






Demikianlah Artikel Betapa Berartinya Membina Komunikasi Efisien di Area Pekerjaan

Sekianlah artikel Betapa Berartinya Membina Komunikasi Efisien di Area Pekerjaan kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

Anda sekarang membaca artikel Betapa Berartinya Membina Komunikasi Efisien di Area Pekerjaan dengan alamat link https://lowongankerjajob2go.blogspot.com/2020/03/betapa-berartinya-membina-komunikasi_33.html

0 Response to " Betapa Berartinya Membina Komunikasi Efisien di Area Pekerjaan "

Posting Komentar