Judul : Betapa Pentingnya Membina Komunikasi Efisien di Lokasi Pekerjaan
link : Betapa Pentingnya Membina Komunikasi Efisien di Lokasi Pekerjaan
Betapa Pentingnya Membina Komunikasi Efisien di Lokasi Pekerjaan

Komunikasi ialah hal yang sangat mendasar dan paling menempel dengan manusia. Sempatkah kalian membayangkan bagaimana rasanya bertahan satu hari tanpa komunikasi apapun? Pasti semacam terpenjara. Hal itu wajar kok, sebab memang komunikasi itu kebutuhan dasar manusia.
Eits jangan salah, komunikasi itu tidak melulu terkait bicara loh. Prinsipnya komunikasi adalah proses penyampaian pesan dalam bentuk apapun dari 1 pihak ke pihak lainnya. Bentuknya banyak, bisa verbal (misalnya melalui ucapan, kata-kata, dan tulisan) atau non-verbal (ekspresi dan gerak tubuh).
Ada beberapa hal penting yang melekat dari sebuah bentuk komunikasi. Menurut seorang ahli komunikasi Julia T. Wood, persepsi ialah hal yang paling utama dari sebuah komunikasi. Apa itu persepsi? Persepsi adalah proses seseorang dalam memilih, mengorganisasikan, dan mengartikan pesan yang diterima dari sebuah komunikasi. Ada bermacam faktor yang dapat mempengaruhi persepsi seseorang. Nah di sinilah biasanya mulai timbul permasalahan. Seringkali pesan atau komunikasi yang ingin kita sampaikan tak diterima atau diartikan dengan benar, akhirnya jadi salah paham.
Komunikasi Efektif di Tempat Kerja
Di tempat kerja setiap hari kita bertemu dan berinteraksi dengan bermacam-macam orang. Mulai dari ngobrol masalah kerjaan dengan rekan kerja, curhat masalah pribadi dengan teman di satu bagian, hingga diskusi terkait pekerjaan dengan atasan. Terkadang proses komunikasi ini tak selalu mulus. Selisih paham mungkin bisa terjadi saat proses komunikasi ini berlangsung.
Ada beberapa hal yang membuat seseorang bisa berselisih paham. Salah satunya adalah kesalahan dalam komunikasi yang akhirnya menimbulkan persoalan antara dua pihak atau lebih. Nah, di sini lah peran komunikasi efisien sangat diperlukan.
Pada dasarnya semua orang mempunyai kemampuan dasar untuk berkomunikasi, itu sudah naluriah dan alami sejak kita dilahirkan. Tetapi tidak semua orang punya kemampuan buat berkomunikasi dengan efektif. Komunikasi yang efisien terjadi kala pesan terkirim dengan baik sesuai dengan maksud dan tujuannya. Jadi misalnya kamu ingin mengajukan cuti ke atasan dengan alasan acara keluarga yang mendesak di luar kota. Saat bicara dengan atasan, anda mesti menyampaikan dengan jelas maksud dan tujuan kalian mengajukan cuti agar atasan kalian betul - betul mengerti dan akhirnya memberikan izin. Pesan itu mesti tersampaikan dengan baik untuk menghindari kesalah pahaman yang nantinya bisa berujung pada komunikasi yang tidak baik.
Ada beberapa metode yang dapat kamu lakukan untuk menjadikan komunikasi anda di tempat kerja lebih efektif, di antarnya:
- Coba untuk lebih banyak mendengar
Komunikasi yang efektif diawali dari kemampuan dalam mendengar. Kalian harus bisa menghormati rekan kerja dan bos di kantor dengan mendengarkan setiap obrolan dengan antusias dan saksama. Dengan begini teman kerja serta bos kalian juga akan menghargai anda saat kamu berbicara.
- Sampaikanlah pesan komunikasi dengan bahasa yang gampang.
Inti dari komunikasi yang efektif adalah waktu pesan bisa tersampaikan dengan baik. Maka, ketahuilah dengan siapa kalian berbicara serta sesuaikan gaya bahasa kamu dalam menyampaikan pesan. Hal ini penting agar komunikasi mudah dipahami dan akhirnya menjadi efisien.
- Perhatikan bahasa tubuh.
Saat kita berdialog dengan rekan kerja berusahalah buat memperhatikan gerak-gerik tubuh. Mungkin ini hal yang terdengar sepele, tetapi berarti untuk dilakukan. Misalnya dikala berbicara tataplah mata lawan bicara, tersenyum simpul, serta sesekali memberi anggukan sebagai reaksi positif. Hal ini akan diterima oleh lawan bicara kalian sebagai tanda bahwa anda antusias dalam pembicaraan tersebut.
Demikianlah Artikel Betapa Pentingnya Membina Komunikasi Efisien di Lokasi Pekerjaan
Sekianlah artikel
Betapa Pentingnya Membina Komunikasi Efisien di Lokasi Pekerjaan
kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.
Anda sekarang membaca artikel Betapa Pentingnya Membina Komunikasi Efisien di Lokasi Pekerjaan dengan alamat link https://lowongankerjajob2go.blogspot.com/2020/03/betapa-pentingnya-membina-komunikasi_17.html
0 Response to " Betapa Pentingnya Membina Komunikasi Efisien di Lokasi Pekerjaan "
Posting Komentar