Labels

Betapa Pentingnya Membina Komunikasi Efektif di Area Pekerjaan

Betapa Pentingnya Membina Komunikasi Efektif di Area Pekerjaan - Hallo sahabat Lowongan Kerja Indonesia , Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul Betapa Pentingnya Membina Komunikasi Efektif di Area Pekerjaan , kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel Job2Go , Artikel Lowongan , yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : Betapa Pentingnya Membina Komunikasi Efektif di Area Pekerjaan
link : Betapa Pentingnya Membina Komunikasi Efektif di Area Pekerjaan

Baca juga


Betapa Pentingnya Membina Komunikasi Efektif di Area Pekerjaan






















 

Komunikasi adalah hal yang sangat mendasar dan paling menempel pada manusia. Sempatkah kamu membayangkan bagaimana rasanya bertahan satu hari tanpa komunikasi apapun? Pasti seperti terpenjara. Perihal itu wajar kok, karena memang komunikasi itu kebutuhan basic manusia.

Eits jangan salah, komunikasi itu tidak hanya terkait bicara loh. Prinsipnya komunikasi adalah proses penyampaian pesan dalam bentuk apapun dari satu pihak ke pihak lainnya. Bentuknya banyak, dapat verbal (misalnya melalui ucapan, kata-kata, dan tertulis) atau non-verbal (ekspresi serta gerak tubuh).

Ada beberapa hal utama yang menempel dari sebuah bentuk komunikasi. Menurut salah seorang pakar komunikasi Julia T. Wood, persepsi adalah hal yang paling utama dari sebuah komunikasi. Apa itu persepsi?  Persepsi adalah proses seseorang dalam memilih, mengorganisasikan, serta mengartikan pesan yang diperoleh dari sebuah komunikasi. Ada banyak faktor yang bisa mempengaruhi persepsi seseorang. Nah di sinilah biasanya mulai timbul permasalahan. Seringkali pesan atau komunikasi yang mau kitakirim tak diterima atau diartikan dengan benar, akhirnya jadi salah paham.

Komunikasi Efisien di Lingkungan Kerja

Di area kerja setiap hari kita bertemu dan berinteraksi dengan banyak orang. Mulai dari ngobrol masalah kerjaan dengan teman kerja, curhat masalah pribadi dengan rekan di 1 divisi, hingga diskusi tentang pekerjaan dengan atasan. Kadang kala proses komunikasi ini tidak selalu lancar. Selisih paham mungkin pernah terjadi waktu proses komunikasi ini berlangsung.

Ada beberapa hal yang membuat seseorang bisa berselisih paham. Salah satunya adalah kesalahan dalam komunikasi yang akhirnya menyebabkan persoalan antara dua pihak atau lebih. Nah, di sini lah peran komunikasi efektif sangat dibutuhkan.

Pada dasarnya semua orang mempunyai kemampuan dasar buat berkomunikasi, itu telah naluriah dan alami sejak dilahirkan. Namun tak semua orang punya kemampuan untuk berkomunikasi dengan efisien. Komunikasi yang efektif terjadi kala pesan terkirim dengan baik sesuai dengan maksud dan tujuannya. Jadi misalnya anda mau mengajukan cuti ke atasan dengan alasan acara keluarga yang penting di luar kota. Waktu berkomunikasi dengan atasan, kamu wajib menyampaikan dengan jelas maksud dan tujuan kalian mengajukan cuti supaya bos kamu benar-benar mengerti serta akhirnya memberikan izin. Pesan itu wajib tersampaikan dengan baik untuk menghindari kesalah pahaman yang nantinya bisa berujung pada komunikasi yang tak.

Ada beberapa metode yang bisa anda lakukan buat menjadikan komunikasi kamu di lokasi kerja lebih efektif, di antarnya:

  • Coba untuk lebih banyak mendengar


Komunikasi yang efektif diawali dari kemampuan dalam mendengar. Kamu wajib bisa menghormati teman kerja dan bos di kantor dengan mendengarkan setiap obrolan dengan antusias dan saksama. Dengan begini teman kerja serta atasan anda juga akan menghargai anda saat kamu berbicara.

  • Sampaikanlah pesan komunikasi dengan bahasa yang gampang.


Inti dari komunikasi yang efektif adalah ketika pesan bisa tersampaikan dengan baik. Jadi, ketahuilah dengan siapa kalian berbicara serta sesuaikan gaya bahasa kamu dalam menyampaikan pesan. Hal ini penting agar komunikasi gampang dipahami dan akhirnya menjadi efektif.

  • Perhatikan bahasa tubuh.


Saat kita berbicara dengan rekan kerja berusahalah buat memperhatikan gerak-gerik tubuh. Meski ini hal yang terdengar sepele, tetapi penting untuk dilakukan. Misalnya dikala berbicara tataplah mata lawan bicara, tersenyum simpul, dan sesekali memberi anggukan sebagai respon positif. Hal ini akan diterima oleh lawan bicara kalian sebagai tanda bahwa anda antusias dalam pembicaraan tersebut.






Demikianlah Artikel Betapa Pentingnya Membina Komunikasi Efektif di Area Pekerjaan

Sekianlah artikel Betapa Pentingnya Membina Komunikasi Efektif di Area Pekerjaan kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

Anda sekarang membaca artikel Betapa Pentingnya Membina Komunikasi Efektif di Area Pekerjaan dengan alamat link https://lowongankerjajob2go.blogspot.com/2020/03/betapa-pentingnya-membina-komunikasi_25.html

0 Response to " Betapa Pentingnya Membina Komunikasi Efektif di Area Pekerjaan "

Posting Komentar