Judul : Betapa Pentingnya Membina Komunikasi Efektif di Tempat Pekerjaan
link : Betapa Pentingnya Membina Komunikasi Efektif di Tempat Pekerjaan
Betapa Pentingnya Membina Komunikasi Efektif di Tempat Pekerjaan

Komunikasi ialah hal yang sangat mendasar dan paling menempel dengan manusia. Pernahkah kamu berimajinasi bagaimana rasanya bertahan satu hari tanpa komunikasi apapun? Pasti seperti terpenjara. Hal itu wajar kok, sebab memang komunikasi itu kebutuhan basic manusia.
Eits jangan salah, komunikasi itu tidak melulu tentang bicara loh. Pada dasarnya komunikasi adalah proses penyampaian pesan dalam bentuk apapun dari satu pihak ke pihak lainnya. Bentuknya banyak, dapat verbal (contohnya melalui ucapan, kata-kata, serta tulisan) atau non-verbal (ekspresi dan gerak tubuh).
Ada beberapa hal utama yang menempel dari sebuah bentuk komunikasi. Menurut seorang pakar komunikasi Julia T. Wood, persepsi ialah hal yang paling penting dari sebuah komunikasi. Apa itu persepsi? Persepsi ialah proses seseorang dalam memilih, mengorganisasikan, serta mengartikan pesan yang diterima dari sebuah komunikasi. Ada bermacam faktor yang bisa mempengaruhi persepsi seseorang. Nah di sinilah biasanya awal timbul permasalahan. Seringkali pesan atau komunikasi yang ingin kitakirim tidak diterima atau diartikan dengan baik, akhirnya jadi salah paham.
Komunikasi Efektif di Lingkungan Kerja
Di area kerja setiap hari kita bertemu dan berinteraksi dengan bermacam-macam orang. Mulai dari ngobrol masalah kerjaan dengan teman kerja, curhat masalah pribadi dengan rekan di 1 bagian, hingga diskusi tentang pekerjaan dengan atasan. Kadang kala proses komunikasi ini tidak selalu lancar. Selisih paham mungkin bisa terjadi waktu proses komunikasi ini berlangsung.
Ada beberapa hal yang membuat seseorang bisa berselisih paham. Salah satunya ialah kesalahan dalam komunikasi yang akhirnya menyebabkan permasalahan antara 2 pihak atau lebih. Nah, di sini lah peran komunikasi efektif sangat dibutuhkan.
Pada dasarnya setia orang memiliki kemampuan dasar buat berkomunikasi, itu telah naluriah serta alami sejak kita dilahirkan. Tetapi tidak semua orang punya kemampuan untuk berkomunikasi dengan efisien. Komunikasi yang efektif terjadi ketika pesan terkirim dengan baik sesuai dengan maksud dan tujuannya. Jadi misalnya kalian ingin mengajukan cuti ke bos dengan alasan acara keluarga yang mendesak di luar kota. Saat berkomunikasi dengan atasan, kalian wajib menyampaikan dengan jelas maksud dan tujuan kamu mengajukan cuti agar bos kamu benar-benar mengerti dan akhirnya memberikan ijin. Pesan itu harus tersampaikan dengan baik untuk menghindari kesalah pahaman yang nantinya bisa berujung pada komunikasi yang tak.
Ada beberapa cara yang bisa anda lakukan buat menjadikan komunikasi kalian di lokasi kerja lebih efektif, di antarnya:
- Coba buat lebih banyak mendengar
Komunikasi yang efektif diawali dari kemampuan dalam mendengar. Kamu harus bisa menghargai teman kerja dan atasan di kantor dengan mendengarkan setiap obrolan dengan antusias dan saksama. Dengan begini kolega kerja serta atasan kamu juga akan menghargai anda saat kamu berbicara.
- Sampaikanlah pesan komunikasi dengan bahasa yang gampang.
Point dari komunikasi yang efektif adalah ketika pesan dapat tersampaikan dengan baik. Jadi, ketahuilah dengan siapa anda berbicara serta sesuaikan gaya bahasa kamu dalam menyampaikan pesan. Hal ini penting agar komunikasi gampang dipahami serta akhirnya menjadi efisien.
- Perhatikan bahasa tubuh.
Dikala kita berbicara dengan rekan kerja berusahalah untuk memperhatikan gerak-gerik tubuh. Mungkin ini hal yang terdengar sepele, tetapi berarti untuk dilakukan. Misalnya saat berbicara tataplah mata lawan bicara, tersenyum simpul, dan sesekali memberi anggukan sebagai respon positif. Hal ini akan diterima oleh lawan bicara kalian sebagai tanda bahwa anda antusias dalam pembicaraan tersebut.
Demikianlah Artikel Betapa Pentingnya Membina Komunikasi Efektif di Tempat Pekerjaan
Sekianlah artikel
Betapa Pentingnya Membina Komunikasi Efektif di Tempat Pekerjaan
kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.
Anda sekarang membaca artikel Betapa Pentingnya Membina Komunikasi Efektif di Tempat Pekerjaan dengan alamat link https://lowongankerjajob2go.blogspot.com/2020/03/betapa-pentingnya-membina-komunikasi_26.html
0 Response to " Betapa Pentingnya Membina Komunikasi Efektif di Tempat Pekerjaan "
Posting Komentar