Labels

Coba Catat Berartinya Membina Komunikasi Efektif di Lingkungan Pekerjaan

Coba Catat Berartinya Membina Komunikasi Efektif di Lingkungan Pekerjaan - Hallo sahabat Lowongan Kerja Indonesia , Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul Coba Catat Berartinya Membina Komunikasi Efektif di Lingkungan Pekerjaan , kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel Job2Go , yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : Coba Catat Berartinya Membina Komunikasi Efektif di Lingkungan Pekerjaan
link : Coba Catat Berartinya Membina Komunikasi Efektif di Lingkungan Pekerjaan

Baca juga


Coba Catat Berartinya Membina Komunikasi Efektif di Lingkungan Pekerjaan






















 

Komunikasi adalah hal yang sangat mendasar dan paling menempel dengan manusia. Pernahkah kamu berimajinasi bagaimana rasanya bertahan 1 hari tanpa komunikasi apapun? Pasti semisal terpenjara. Hal itu normal kok, sebab memang komunikasi itu kebutuhan basic manusia.

Eits jangan salah, komunikasi itu tidak melulu terkait bicara loh. Pada dasarnya komunikasi adalah proses pengiriman pesan dalam bentuk apapun dari 1 pihak ke pihak lainnya. Bentuknya banyak, bisa verbal (contohnya melalui ucapan, kata-kata, serta tertulis) atau non-verbal (ekspresi dan gerak tubuh).

Ada beberapa hal utama yang melekat dari sebuah bentuk komunikasi. Menurut salah seorang pakar komunikasi Julia T. Wood, persepsi adalah hal yang paling penting dari sebuah komunikasi. Apa itu persepsi?  Persepsi adalah proses seseorang dalam memilih, mengorganisasikan, serta mengartikan pesan yang diperoleh dari sebuah komunikasi. Ada banyak faktor yang bisa mempengaruhi persepsi seseorang. Nah di sinilah biasanya mulai timbul permasalahan. Seringkali pesan atau komunikasi yang ingin kita sampaikan tak diterima atau diartikan dengan baik, akhirnya menjadi salah paham.

Komunikasi Efektif di Lingkungan Kerja

Di tempat kerja setiap hari kita bertemu dan berinteraksi dengan bermacam-macam orang. Mulai dari ngobrol masalah kerjaan dengan kolega kerja, curhat masalah pribadi dengan sahabat di 1 bagian, sampai diskusi tentang pekerjaan dengan atasan. Terkadang proses komunikasi ini tidak selalu lancar. Selisih paham mungkin bisa terjadi waktu proses komunikasi ini berlangsung.

Ada beberapa hal yang membuat seseorang dapat berselisih paham. Salah satunya adalah kesalahan dalam komunikasi yang akhirnya menimbulkan permasalahan antara dua pihak atau lebih. Nah, di sini lah peran komunikasi efektif sangat diperlukan.

Pada dasarnya setia orang memiliki kemampuan dasar buat berkomunikasi, itu sudah naluriah serta alami sejak kita dilahirkan. Tetapi tak semua orang punya kemampuan untuk berkomunikasi dengan efektif. Komunikasi yang efektif terjadi kala pesan terkirim dengan baik sesuai dengan maksud dan tujuannya. Jadi misalnya anda ingin mengajukan cuti ke atasan dengan alasan acara keluarga yang penting di luar kota. Waktu bicara dengan bos, anda mesti menyampaikan dengan jelas maksud dan tujuan kamu mengajukan cuti agar atasan kamu benar-benar mengerti serta akhirnya memberikan izin. Pesan itu harus tersampaikan dengan baik untuk menghindari kesalah pahaman yang nantinya akan berujung pada komunikasi yang tidak baik.

Ada beberapa cara yang dapat kamu lakukan untuk menjadikan komunikasi anda di lokasi kerja lebih efektif, di antarnya:

  • Coba buat lebih banyak mendengar


Komunikasi yang efektif diawali dari kemampuan waktu mendengar. Anda harus dapat menghormati rekan kerja dan atasan di kantor dengan mendengarkan setiap obrolan dengan antusias dan saksama. Dengan begini kolega kerja serta bos kamu juga akan menghargai kamu saat kamu berbicara.

  • Sampaikanlah pesan komunikasi dengan bahasa yang gampang.


Point dari komunikasi yang efektif adalah waktu pesan dapat tersampaikan dengan baik. Maka, ketahuilah dengan siapa kamu berbicara dan sesuaikan gaya bahasa kamu dalam menyampaikan pesan. Hal ini penting supaya komunikasi gampang dipahami serta akhirnya menjadi efektif.

  • Perhatikan bahasa tubuh.


Dikala kita berbicara dengan rekan kerja berusahalah untuk memperhatikan gerak-gerik tubuh. Mungkin ini hal yang terdengar sepele, tetapi berarti buat dilakukan. Misalnya saat berbicara tataplah mata lawan bicara, tersenyum simpul, dan sesekali memberi anggukan sebagai reaksi positif. Hal ini akan diterima oleh lawan bicara kalian sebagai tanda bahwa kalian antusias dalam pembicaraan tersebut.






Demikianlah Artikel Coba Catat Berartinya Membina Komunikasi Efektif di Lingkungan Pekerjaan

Sekianlah artikel Coba Catat Berartinya Membina Komunikasi Efektif di Lingkungan Pekerjaan kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

Anda sekarang membaca artikel Coba Catat Berartinya Membina Komunikasi Efektif di Lingkungan Pekerjaan dengan alamat link https://lowongankerjajob2go.blogspot.com/2020/03/coba-catat-berartinya-membina_8.html

0 Response to " Coba Catat Berartinya Membina Komunikasi Efektif di Lingkungan Pekerjaan "

Posting Komentar