Judul : Coba Catat Pentingnya Membangun Komunikasi Yang Efisien di Lokasi Kerja
link : Coba Catat Pentingnya Membangun Komunikasi Yang Efisien di Lokasi Kerja
Coba Catat Pentingnya Membangun Komunikasi Yang Efisien di Lokasi Kerja

Komunikasi ialah hal yang sangat mendasar dan paling melekat dengan manusia. Pernahkah kamu membayangkan bagaimana rasanya bertahan satu hari tanpa komunikasi apapun? Pasti seperti terpenjara. Perihal itu wajar kok, sebab memang komunikasi itu kebutuhan dasar manusia.
Eits jangan salah, komunikasi itu bukan hanya tentang bicara loh. Prinsipnya komunikasi ialah proses penyampaian pesan dalam bentuk apapun dari 1 pihak ke pihak lainnya. Bentuknya banyak, dapat verbal (misalnya melalui ucapan, kata-kata, serta tertulis) atau non-verbal (ekspresi dan gerak tubuh).
Ada beberapa hal utama yang melekat dari sebuah bentuk komunikasi. Menurut salah seorang ahli komunikasi Julia T. Wood, persepsi ialah hal yang paling utama dari sebuah komunikasi. Apa itu persepsi? Persepsi ialah proses seseorang dalam memilih, mengorganisasikan, dan mengartikan pesan yang diterima dari sebuah komunikasi. Ada bermacam faktor yang bisa mempengaruhi persepsi seseorang. Nah di sinilah biasanya awal timbul permasalahan. Seringkali pesan atau komunikasi yang ingin kitakirim tidak diterima atau diartikan dengan benar, akhirnya jadi salah paham.
Komunikasi Efektif di Tempat Kerja
Di area kerja setiap hari kita bertemu serta berinteraksi dengan banyak orang. Mulai dari ngobrol masalah kerjaan dengan rekan kerja, curhat masalah pribadi dengan rekan di satu bagian, sampai diskusi tentang pekerjaan dengan bos. Kadang kala proses komunikasi ini tak selalu lancar. Selisih paham mungkin bisa terjadi saat proses komunikasi ini berlangsung.
Ada beberapa hal yang menyebabkan seseorang dapat berselisih paham. Salah satunya adalah kesalahan dalam komunikasi yang akhirnya menimbulkan persoalan antara dua pihak atau lebih. Nah, di sini lah peran komunikasi efisien sangat dibutuhkan.
Pada dasarnya setia orang memiliki kemampuan dasar buat berkomunikasi, itu sudah naluriah dan alami sejak kita dilahirkan. Tetapi tidak semua orang punya kemampuan untuk berkomunikasi dengan efisien. Komunikasi yang efektif terjadi ketika pesan tersampaikan dengan baik sesuai dengan maksud dan tujuannya. Jadi misalnya anda mau mengajukan cuti ke atasan dengan alasan acara keluarga yang penting di luar kota. Waktu berkomunikasi dengan atasan, kalian mesti menyampaikan dengan jelas maksud dan tujuan anda mengajukan cuti supaya atasan kamu betul - betul mengerti dan akhirnya memberikan ijin. Pesan itu mesti tersampaikan dengan baik untuk menghindari kesalah pahaman yang nantinya bisa berujung pada komunikasi yang tidak baik.
Ada beberapa cara yang bisa kalian lakukan untuk menjadikan komunikasi kalian di lokasi kerja lebih efisien, di antarnya:
- Coba untuk lebih banyak mendengar
Komunikasi yang efektif diawali dari kemampuan dalam mendengar. Kalian harus dapat menghormati kolega kerja dan bos di kantor dengan mendengarkan setiap obrolan dengan antusias dan saksama. Dengan begini teman kerja serta atasan kalian juga akan menghargai anda saat kamu berbicara.
- Sampaikanlah pesan komunikasi dengan bahasa yang mudah.
Inti dari komunikasi yang efektif ialah waktu pesan dapat tersampaikan dengan baik. Jadi, ketahuilah dengan siapa anda berbicara serta sesuaikan gaya bahasa kamu dalam menyampaikan pesan. Hal ini penting supaya komunikasi mudah dipahami dan akhirnya menjadi efisien.
- Perhatikan bahasa tubuh.
Dikala kita berdialog dengan rekan kerja berusahalah buat memperhatikan gerak-gerik tubuh. Meski ini hal yang terdengar sepele, tetapi penting untuk dilakukan. Misalnya dikala berbicara tataplah mata lawan bicara, tersenyum simpul, dan sesekali memberi anggukan sebagai reaksi positif. Hal ini akan diterima oleh lawan bicara anda sebagai tanda bahwa kalian antusias dalam pembicaraan tersebut.
Demikianlah Artikel Coba Catat Pentingnya Membangun Komunikasi Yang Efisien di Lokasi Kerja
Sekianlah artikel
Coba Catat Pentingnya Membangun Komunikasi Yang Efisien di Lokasi Kerja
kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.
Anda sekarang membaca artikel Coba Catat Pentingnya Membangun Komunikasi Yang Efisien di Lokasi Kerja dengan alamat link https://lowongankerjajob2go.blogspot.com/2020/03/coba-catat-pentingnya-membangun_30.html
0 Response to " Coba Catat Pentingnya Membangun Komunikasi Yang Efisien di Lokasi Kerja "
Posting Komentar