Judul : Komunikasi Efektif di Lingkungan Kerja
link : Komunikasi Efektif di Lingkungan Kerja
Komunikasi Efektif di Lingkungan Kerja

Komunikasi adalah hal yang sangat mendasar serta paling melekat dengan manusia. Pernahkah kalian berimajinasi bagaimana rasanya bertahan satu hari tanpa komunikasi apapun? Pasti semisal terpenjara. Hal itu wajar kok, sebab memang komunikasi itu kebutuhan basic manusia.
Eits jangan salah, komunikasi itu bukan melulu terkait bicara loh. Prinsipnya komunikasi adalah proses pengiriman pesan dalam bentuk apapun dari 1 pihak ke pihak lainnya. Bentuknya banyak, dapat verbal (contohnya melalui ucapan, kata-kata, dan tertulis) atau non-verbal (ekspresi dan gerak tubuh).
Ada beberapa hal utama yang menempel dari sebuah bentuk komunikasi. Menurut seorang pakar komunikasi Julia T. Wood, persepsi adalah hal yang paling utama dari sebuah komunikasi. Apa itu persepsi? Persepsi adalah proses seseorang dalam memilih, mengorganisasikan, dan mengartikan pesan yang diterima dari sebuah komunikasi. Ada banyak faktor yang bisa mempengaruhi persepsi seseorang. Nah di sinilah biasanya mulai timbul persoalan. Seringkali pesan atau komunikasi yang ingin kita sampaikan tak diterima atau diartikan dengan benar, akhirnya menjadi salah paham.
Komunikasi Efektif di Lingkungan Kerja
Di tempat kerja setiap hari kita bertemu serta berinteraksi dengan bermacam-macam orang. Mulai dari ngobrol masalah kerjaan dengan kolega kerja, curhat masalah pribadi dengan rekan di 1 bagian, hingga diskusi tentang pekerjaan dengan bos. Kadang kala proses komunikasi ini tak selalu mulus. Selisih paham mungkin pernah terjadi waktu proses komunikasi ini berlangsung.
Ada beberapa hal yang membuat seseorang bisa berselisih paham. Salah satunya adalah kesalahan dalam komunikasi yang akhirnya menimbulkan permasalahan antara dua pihak atau lebih. Nah, di sini lah peran komunikasi efisien sangat diperlukan.
Pada dasarnya setia orang memiliki kemampuan dasar untuk berkomunikasi, itu sudah naluriah dan alami sejak dilahirkan. Tetapi tak semua orang punya kemampuan untuk berkomunikasi dengan efektif. Komunikasi yang efektif terjadi kala pesan tersampaikan dengan baik sesuai dengan maksud dan tujuannya. Jadi misalnya anda mau mengajukan cuti ke atasan dengan alasan acara keluarga yang penting di luar kota. Waktu berkomunikasi dengan bos, kamu harus menyampaikan dengan jelas maksud dan tujuan anda mengajukan cuti agar atasan anda benar-benar paham dan akhirnya memberikan izin. Pesan itu wajib tersampaikan dengan baik untuk menghindari kesalah pahaman yang nantinya bisa berujung pada komunikasi yang tidak baik.
Ada beberapa cara yang dapat kamu lakukan buat menjadikan komunikasi kalian di tempat kerja lebih efisien, di antarnya:
- Coba untuk lebih banyak mendengar
Komunikasi yang efektif dimulai dari kemampuan dalam mendengar. Kalian harus dapat menghormati rekan kerja dan bos di kantor dengan mendengarkan setiap obrolan dengan antusias dan saksama. Dengan begini rekan kerja dan bos anda juga akan menghargai kamu saat kamu berbicara.
- Sampaikanlah pesan komunikasi dengan bahasa yang gampang.
Inti dari komunikasi yang efektif adalah ketika pesan dapat tersampaikan dengan baik. Jadi, ketahuilah dengan siapa anda berbicara dan sesuaikan gaya bahasa kamu dalam menyampaikan pesan. Hal ini penting supaya komunikasi gampang dipahami dan akhirnya menjadi efektif.
- Perhatikan bahasa tubuh.
Dikala kita berdialog dengan rekan kerja berusahalah untuk memperhatikan gerak-gerik tubuh. Meski ini hal yang terdengar sepele, tetapi berarti untuk dilakukan. Misalnya saat berbicara tataplah mata lawan bicara, tersenyum simpul, dan sesekali memberi anggukan sebagai reaksi positif. Hal ini akan diterima oleh lawan bicara kalian sebagai tanda bahwa kalian antusias dalam pembicaraan tersebut.
Demikianlah Artikel Komunikasi Efektif di Lingkungan Kerja
Sekianlah artikel
Komunikasi Efektif di Lingkungan Kerja
kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.
Anda sekarang membaca artikel Komunikasi Efektif di Lingkungan Kerja dengan alamat link https://lowongankerjajob2go.blogspot.com/2020/03/komunikasi-efektif-di-lingkungan-kerja.html
0 Response to " Komunikasi Efektif di Lingkungan Kerja "
Posting Komentar