Judul : Komunikasi Efektif di Lingkungan Pekerjaan
link : Komunikasi Efektif di Lingkungan Pekerjaan
Komunikasi Efektif di Lingkungan Pekerjaan

Komunikasi ialah hal yang sangat mendasar serta paling menempel pada manusia. Pernahkah kamu berimajinasi bagaimana rasanya bertahan satu hari tanpa komunikasi apapun? Pasti seperti terpenjara. Hal itu normal kok, karena memang komunikasi itu kebutuhan dasar manusia.
Eits jangan salah, komunikasi itu tidak melulu terkait bicara loh. Prinsipnya komunikasi ialah proses penyampaian pesan dalam bentuk apapun dari satu pihak ke pihak lainnya. Bentuknya banyak, bisa verbal (contohnya melalui ucapan, kata-kata, serta tertulis) atau non-verbal (ekspresi dan gerak tubuh).
Ada beberapa hal penting yang melekat dari sebuah bentuk komunikasi. Menurut salah seorang pakar komunikasi Julia T. Wood, persepsi adalah hal yang paling utama dari sebuah komunikasi. Apa itu persepsi? Persepsi ialah proses seseorang dalam memilih, mengorganisasikan, dan mengartikan pesan yang diperoleh dari sebuah komunikasi. Ada banyak faktor yang dapat mempengaruhi persepsi seseorang. Nah di sinilah biasanya mulai timbul permasalahan. Seringkali pesan atau komunikasi yang mau kitakirim tidak diterima atau diartikan dengan benar, akhirnya menjadi salah paham.
Komunikasi Efektif di Area Kerja
Di area kerja setiap hari kita bertemu serta berinteraksi dengan banyak orang. Mulai dari ngobrol soal kerjaan dengan kolega kerja, curhat masalah pribadi dengan teman di satu bagian, sampai diskusi tentang pekerjaan dengan atasan. Terkadang proses komunikasi ini tak selalu lancar. Selisih paham mungkin bisa terjadi waktu proses komunikasi ini berlangsung.
Ada beberapa hal yang membuat seseorang bisa berselisih paham. Salah satunya adalah kesalahan dalam komunikasi yang akhirnya menyebabkan permasalahan antara 2 pihak atau lebih. Nah, di sini lah peran komunikasi efektif sangat dibutuhkan.
Pada dasarnya setia orang memiliki kemampuan dasar buat berkomunikasi, itu telah naluriah dan alami sejak dilahirkan. Namun tidak semua orang memiliki kemampuan buat berkomunikasi dengan efisien. Komunikasi yang efisien terjadi kala pesan tersampaikan dengan baik sesuai dengan maksud dan tujuannya. Jadi misalnya anda mau mengajukan cuti ke atasan dengan alasan acara keluarga yang penting di luar kota. Saat bicara dengan bos, kalian wajib menyampaikan dengan jelas maksud serta tujuan anda mengajukan cuti agar atasan anda betul - betul mengerti serta akhirnya memberikan ijin. Pesan itu mesti tersampaikan dengan baik buat menghindari kesalah pahaman yang nantinya akan berujung pada komunikasi yang tak.
Ada beberapa metode yang bisa kalian lakukan buat menjadikan komunikasi kalian di tempat kerja lebih efektif, di antarnya:
- Coba buat lebih banyak mendengar
Komunikasi yang efektif diawali dari kemampuan waktu mendengar. Kalian wajib bisa menghargai kolega kerja dan atasan di kantor dengan mendengarkan setiap pembicaraan dengan antusias dan saksama. Dengan begini kolega kerja dan bos kamu juga akan menghargai anda saat kamu berbicara.
- Sampaikanlah pesan komunikasi dengan bahasa yang gampang.
Point dari komunikasi yang efektif adalah ketika pesan dapat tersampaikan dengan baik. Jadi, ketahuilah dengan siapa kalian berbicara dan sesuaikan gaya bahasa kamu dalam menyampaikan pesan. Hal ini penting supaya komunikasi gampang dipahami serta akhirnya menjadi efektif.
- Perhatikan bahasa tubuh.
Dikala kita berdialog dengan rekan kerja berusahalah buat memperhatikan gerak-gerik tubuh. Mungkin ini hal yang terdengar sepele, tetapi berarti buat dilakukan. Misalnya saat berbicara tataplah mata lawan bicara, tersenyum simpul, dan sesekali memberi anggukan sebagai reaksi positif. Hal ini akan diterima oleh lawan bicara kamu sebagai tanda bahwa kalian antusias dalam pembicaraan tersebut.
Demikianlah Artikel Komunikasi Efektif di Lingkungan Pekerjaan
Sekianlah artikel
Komunikasi Efektif di Lingkungan Pekerjaan
kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.
Anda sekarang membaca artikel Komunikasi Efektif di Lingkungan Pekerjaan dengan alamat link https://lowongankerjajob2go.blogspot.com/2020/03/komunikasi-efektif-di-lingkungan.html
0 Response to " Komunikasi Efektif di Lingkungan Pekerjaan "
Posting Komentar