Judul : Komunikasi Efektif di Tempat Pekerjaan
link : Komunikasi Efektif di Tempat Pekerjaan
Komunikasi Efektif di Tempat Pekerjaan

Komunikasi ialah hal yang sangat mendasar serta paling melekat pada manusia. Sempatkah anda membayangkan gimana rasanya bertahan satu hari tanpa komunikasi apapun? Pasti semisal terpenjara. Perihal itu wajar kok, sebab memang komunikasi itu kebutuhan basic manusia.
Eits jangan salah, komunikasi itu tidak hanya tentang bicara loh. Prinsipnya komunikasi adalah proses pengiriman pesan dalam bentuk apapun dari satu pihak ke pihak lainnya. Bentuknya banyak, bisa verbal (contohnya melalui ucapan, kata-kata, serta tertulis) atau non-verbal (ekspresi serta gerak tubuh).
Ada beberapa hal penting yang melekat dari sebuah bentuk komunikasi. Menurut seorang ahli komunikasi Julia T. Wood, persepsi ialah hal yang paling utama dari sebuah komunikasi. Apa itu persepsi? Persepsi adalah proses seseorang dalam memilih, mengorganisasikan, dan mengartikan pesan yang diperoleh dari sebuah komunikasi. Ada bermacam faktor yang bisa mempengaruhi persepsi seseorang. Nah di sinilah biasanya mulai timbul permasalahan. Seringkali pesan atau komunikasi yang ingin kita sampaikan tidak diterima atau diartikan dengan baik, akhirnya menjadi salah paham.
Komunikasi Efisien di Tempat Kerja
Di area kerja setiap hari kita bertemu dan berinteraksi dengan bermacam-macam orang. Mulai dari ngobrol soal kerjaan dengan teman kerja, curhat masalah pribadi dengan sahabat di 1 bagian, hingga diskusi tentang pekerjaan dengan bos. Kadang kala proses komunikasi ini tak selalu mulus. Selisih paham mungkin bisa terjadi waktu proses komunikasi ini berlangsung.
Ada beberapa hal yang membuat seseorang bisa berselisih paham. Salah satunya ialah kesalahan dalam komunikasi yang akhirnya menimbulkan persoalan antara dua pihak atau lebih. Nah, di sini lah peran komunikasi efisien sangat dibutuhkan.
Pada dasarnya semua orang mempunyai kemampuan dasar untuk berkomunikasi, itu telah naluriah dan alami sejak kita dilahirkan. Namun tidak semua orang memiliki kemampuan untuk berkomunikasi dengan efisien. Komunikasi yang efektif terjadi ketika pesan tersampaikan dengan baik sesuai dengan maksud dan tujuannya. Jadi misalnya anda mau mengajukan cuti ke atasan dengan alasan acara keluarga yang mendesak di luar kota. Waktu berdialog dengan atasan, kamu wajib menyampaikan dengan jelas maksud serta tujuan kalian mengajukan cuti agar bos kamu betul - betul mengerti serta akhirnya memberikan ijin. Pesan itu mesti tersampaikan dengan baik buat menghindari kesalah pahaman yang nantinya bisa berujung pada komunikasi yang tidak baik.
Ada beberapa metode yang bisa kalian lakukan buat menjadikan komunikasi kalian di tempat kerja lebih efektif, di antarnya:
- Coba buat lebih banyak mendengar
Komunikasi yang efektif diawali dari kemampuan waktu mendengar. Kamu mesti bisa menghormati rekan kerja dan atasan di kantor dengan mendengarkan setiap obrolan dengan antusias dan saksama. Dengan begini teman kerja serta bos anda juga akan menghargai anda saat kamu berbicara.
- Sampaikanlah pesan komunikasi dengan bahasa yang gampang.
Point dari komunikasi yang efektif ialah waktu pesan bisa tersampaikan dengan baik. Maka, ketahuilah dengan siapa kamu berbicara dan sesuaikan gaya bahasa kamu dalam menyampaikan pesan. Hal ini penting agar komunikasi mudah dipahami serta akhirnya menjadi efisien.
- Perhatikan bahasa tubuh.
Waktu kita berdialog dengan rekan kerja berusahalah buat memperhatikan gerak-gerik tubuh. Mungkin ini hal yang terdengar sepele, tetapi berarti buat dilakukan. Misalnya dikala berbicara tataplah mata lawan bicara, tersenyum simpul, dan sesekali memberi anggukan sebagai reaksi positif. Hal ini akan diterima oleh lawan bicara kalian sebagai tanda bahwa anda antusias dalam pembicaraan tersebut.
Demikianlah Artikel Komunikasi Efektif di Tempat Pekerjaan
Sekianlah artikel
Komunikasi Efektif di Tempat Pekerjaan
kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.
Anda sekarang membaca artikel Komunikasi Efektif di Tempat Pekerjaan dengan alamat link https://lowongankerjajob2go.blogspot.com/2020/03/komunikasi-efektif-di-tempat-pekerjaan.html
0 Response to " Komunikasi Efektif di Tempat Pekerjaan "
Posting Komentar