Judul : Komunikasi Efisen di Area Kerja
link : Komunikasi Efisen di Area Kerja
Komunikasi Efisen di Area Kerja

Komunikasi ialah hal yang sangat mendasar serta paling melekat pada manusia. Sempatkah kalian membayangkan bagaimana rasanya bertahan satu hari tanpa komunikasi apapun? Pasti semisal terpenjara. Hal itu normal kok, karena memang komunikasi itu kebutuhan dasar manusia.
Eits jangan salah, komunikasi itu bukan melulu tentang bicara loh. Pada dasarnya komunikasi ialah proses pengiriman pesan dalam bentuk apapun dari satu pihak ke pihak lainnya. Bentuknya bermacam-macam, bisa verbal (misalnya melalui ucapan, kata-kata, dan tulisan) atau non-verbal (ekspresi serta gerak tubuh).
Ada beberapa hal penting yang melekat dari sebuah bentuk komunikasi. Menurut salah seorang pakar komunikasi Julia T. Wood, persepsi ialah hal yang paling penting dari sebuah komunikasi. Apa itu persepsi? Persepsi ialah proses seseorang dalam memilih, mengorganisasikan, dan mengartikan pesan yang diperoleh dari sebuah komunikasi. Ada banyak faktor yang dapat mempengaruhi persepsi seseorang. Nah di sinilah biasanya mulai timbul permasalahan. Seringkali pesan atau komunikasi yang mau kitakirim tak diterima atau diartikan dengan baik, akhirnya jadi salah paham.
Komunikasi Efektif di Area Kerja
Di tempat kerja setiap hari kita bertemu serta berinteraksi dengan banyak orang. Mulai dari ngobrol masalah kerjaan dengan kolega kerja, curhat masalah pribadi dengan sahabat di satu bagian, sampai diskusi terkait pekerjaan dengan atasan. Kadang kala proses komunikasi ini tidak selalu mulus. Selisih paham mungkin pernah terjadi waktu proses komunikasi ini berlangsung.
Ada beberapa hal yang membuat seseorang bisa berselisih paham. Salah satunya adalah kesalahan dalam komunikasi yang akhirnya menimbulkan persoalan antara 2 pihak atau lebih. Nah, di sini lah peran komunikasi efisien sangat diperlukan.
Pada dasarnya setia orang memiliki kemampuan dasar buat berkomunikasi, itu sudah naluriah serta alami sejak dilahirkan. Namun tidak semua orang punya kemampuan untuk berkomunikasi dengan efektif. Komunikasi yang efektif terjadi ketika pesan tersampaikan dengan baik sesuai dengan maksud dan tujuannya. Jadi misalnya kalian mau mengajukan cuti ke atasan dengan alasan acara keluarga yang mendesak di luar kota. Waktu berkomunikasi dengan bos, kamu mesti menyampaikan dengan jelas maksud dan tujuan anda mengajukan cuti supaya atasan kamu benar-benar paham serta akhirnya memberikan izin. Pesan itu wajib tersampaikan dengan baik untuk menghindari kesalah pahaman yang nantinya akan berujung pada komunikasi yang tak.
Ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk menjadikan komunikasi anda di tempat kerja lebih efektif, di antarnya:
- Coba buat lebih banyak mendengar
Komunikasi yang efektif diawali dari kemampuan waktu mendengar. Kamu mesti bisa menghargai kolega kerja dan bos di kantor dengan mendengarkan setiap obrolan dengan antusias dan saksama. Dengan begini teman kerja dan atasan anda juga akan menghargai anda saat kamu berbicara.
- Sampaikanlah pesan komunikasi dengan bahasa yang gampang.
Point dari komunikasi yang efektif ialah ketika pesan dapat tersampaikan dengan baik. Jadi, ketahuilah dengan siapa kalian berbicara dan sesuaikan gaya bahasa kamu dalam menyampaikan pesan. Hal ini penting supaya komunikasi gampang dipahami serta akhirnya menjadi efektif.
- Perhatikan bahasa tubuh.
Waktu kita berdialog dengan rekan kerja berusahalah buat memperhatikan gerak-gerik tubuh. Meski ini hal yang terdengar sepele, tetapi berarti untuk dilakukan. Misalnya saat berbicara tataplah mata lawan bicara, tersenyum simpul, dan sesekali memberi anggukan sebagai respon positif. Hal ini akan diterima oleh lawan bicara anda sebagai tanda bahwa anda antusias dalam pembicaraan tersebut.
Demikianlah Artikel Komunikasi Efisen di Area Kerja
Sekianlah artikel
Komunikasi Efisen di Area Kerja
kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.
Anda sekarang membaca artikel Komunikasi Efisen di Area Kerja dengan alamat link https://lowongankerjajob2go.blogspot.com/2020/03/komunikasi-efisen-di-area-kerja.html
0 Response to " Komunikasi Efisen di Area Kerja "
Posting Komentar