Judul : Komunikasi Efisen di Lingkungan Kerja
link : Komunikasi Efisen di Lingkungan Kerja
Komunikasi Efisen di Lingkungan Kerja

Komunikasi adalah hal yang sangat mendasar dan paling menempel dengan manusia. Pernahkah anda membayangkan gimana rasanya bertahan 1 hari tanpa komunikasi apapun? Pasti semisal terpenjara. Hal itu normal kok, sebab memang komunikasi itu kebutuhan dasar manusia.
Eits jangan salah, komunikasi itu bukan hanya tentang bicara loh. Prinsipnya komunikasi adalah proses pengiriman pesan dalam bentuk apapun dari satu pihak ke pihak lainnya. Bentuknya banyak, bisa verbal (contohnya melalui ucapan, kata-kata, dan tertulis) atau non-verbal (ekspresi dan gerak tubuh).
Ada beberapa hal penting yang menempel dari sebuah bentuk komunikasi. Menurut salah seorang ahli komunikasi Julia T. Wood, persepsi adalah hal yang paling utama dari sebuah komunikasi. Apa itu persepsi? Persepsi ialah proses seseorang dalam memilih, mengorganisasikan, serta mengartikan pesan yang diperoleh dari sebuah komunikasi. Ada bermacam faktor yang bisa mempengaruhi persepsi seseorang. Nah di sinilah biasanya mulai timbul persoalan. Seringkali pesan atau komunikasi yang ingin kita sampaikan tidak diterima atau diartikan dengan baik, akhirnya menjadi salah paham.
Komunikasi Efisien di Area Kerja
Di tempat kerja setiap hari kita bertemu dan berinteraksi dengan banyak orang. Mulai dari ngobrol soal kerjaan dengan teman kerja, curhat masalah pribadi dengan sahabat di satu bagian, hingga diskusi tentang pekerjaan dengan bos. Kadang kala proses komunikasi ini tidak selalu lancar. Selisih paham mungkin bisa terjadi waktu proses komunikasi ini berlangsung.
Ada beberapa hal yang membuat seseorang dapat berselisih paham. Salah satunya ialah kesalahan dalam komunikasi yang akhirnya menimbulkan permasalahan antara 2 pihak atau lebih. Nah, di sini lah peran komunikasi efisien sangat dibutuhkan.
Pada dasarnya setia orang mempunyai kemampuan dasar buat berkomunikasi, itu telah naluriah dan alami sejak dilahirkan. Namun tak semua orang memiliki kemampuan buat berkomunikasi dengan efektif. Komunikasi yang efektif terjadi kala pesan terkirim dengan baik sesuai dengan maksud dan tujuannya. Jadi misalnya kamu mau mengajukan cuti ke bos dengan alasan acara keluarga yang penting di luar kota. Saat berdialog dengan bos, kalian wajib menyampaikan dengan jelas maksud dan tujuan kamu mengajukan cuti agar bos kamu betul - betul paham dan akhirnya memberikan ijin. Pesan itu harus tersampaikan dengan baik buat menghindari kesalah pahaman yang nantinya akan berujung pada komunikasi yang tidak baik.
Ada beberapa metode yang dapat anda lakukan untuk menjadikan komunikasi anda di tempat kerja lebih efisien, di antarnya:
- Coba buat lebih banyak mendengar
Komunikasi yang efektif diawali dari kemampuan waktu mendengar. Kamu mesti dapat menghargai kolega kerja dan atasan di kantor dengan mendengarkan setiap pembicaraan dengan antusias dan saksama. Dengan begini teman kerja serta atasan kalian juga akan menghargai kamu saat kamu berbicara.
- Sampaikanlah pesan komunikasi dengan bahasa yang mudah.
Inti dari komunikasi yang efektif ialah ketika pesan bisa tersampaikan dengan baik. Jadi, ketahuilah dengan siapa kalian berbicara dan sesuaikan gaya bahasa kamu dalam menyampaikan pesan. Hal ini penting supaya komunikasi mudah dipahami serta akhirnya menjadi efektif.
- Perhatikan bahasa tubuh.
Waktu kita berbicara dengan rekan kerja berusahalah untuk memperhatikan gerak-gerik tubuh. Mungkin ini hal yang terdengar sepele, tetapi berarti buat dilakukan. Misalnya dikala berbicara tataplah mata lawan bicara, tersenyum simpul, dan sesekali memberi anggukan sebagai reaksi positif. Hal ini akan diterima oleh lawan bicara kalian sebagai tanda bahwa anda antusias dalam pembicaraan tersebut.
Demikianlah Artikel Komunikasi Efisen di Lingkungan Kerja
Sekianlah artikel
Komunikasi Efisen di Lingkungan Kerja
kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.
Anda sekarang membaca artikel Komunikasi Efisen di Lingkungan Kerja dengan alamat link https://lowongankerjajob2go.blogspot.com/2020/03/komunikasi-efisen-di-lingkungan-kerja.html
0 Response to " Komunikasi Efisen di Lingkungan Kerja "
Posting Komentar