Judul : Komunikasi Efisen di Tempat Pekerjaan
link : Komunikasi Efisen di Tempat Pekerjaan
Komunikasi Efisen di Tempat Pekerjaan

Komunikasi ialah hal yang sangat mendasar dan paling melekat pada manusia. Pernahkah anda membayangkan gimana rasanya bertahan satu hari tanpa komunikasi apapun? Pasti seperti terpenjara. Hal itu normal kok, karena memang komunikasi itu kebutuhan dasar manusia.
Eits jangan salah, komunikasi itu tidak hanya terkait bicara loh. Prinsipnya komunikasi ialah proses pengiriman pesan dalam bentuk apapun dari 1 pihak ke pihak lainnya. Bentuknya banyak, dapat verbal (contohnya melalui ucapan, kata-kata, serta tulisan) atau non-verbal (ekspresi dan gerak tubuh).
Ada beberapa hal utama yang menempel dari sebuah bentuk komunikasi. Menurut seorang pakar komunikasi Julia T. Wood, persepsi ialah hal yang paling penting dari sebuah komunikasi. Apa itu persepsi? Persepsi adalah proses seseorang dalam memilih, mengorganisasikan, serta mengartikan pesan yang diterima dari sebuah komunikasi. Ada bermacam faktor yang dapat mempengaruhi persepsi seseorang. Nah di sinilah biasanya mulai timbul permasalahan. Seringkali pesan atau komunikasi yang mau kitakirim tak diterima atau diartikan dengan baik, akhirnya menjadi salah paham.
Komunikasi Efisien di Lingkungan Kerja
Di tempat kerja setiap hari kita bertemu serta berinteraksi dengan banyak orang. Mulai dari ngobrol masalah kerjaan dengan rekan kerja, curhat masalah pribadi dengan teman di 1 bagian, hingga diskusi tentang pekerjaan dengan atasan. Terkadang proses komunikasi ini tidak selalu mulus. Selisih paham mungkin bisa terjadi waktu proses komunikasi ini berlangsung.
Ada beberapa hal yang membuat seseorang dapat berselisih paham. Salah satunya ialah kesalahan dalam komunikasi yang akhirnya menyebabkan permasalahan antara 2 pihak atau lebih. Nah, di sini lah peran komunikasi efektif sangat diperlukan.
Pada dasarnya setia orang mempunyai kemampuan dasar untuk berkomunikasi, itu telah naluriah serta alami sejak kita dilahirkan. Tetapi tak semua orang punya kemampuan buat berkomunikasi dengan efektif. Komunikasi yang efisien terjadi kala pesan terkirim dengan baik sesuai dengan maksud dan tujuannya. Jadi misalnya anda ingin mengajukan cuti ke atasan dengan alasan acara keluarga yang penting di luar kota. Saat bicara dengan bos, kamu harus menyampaikan dengan jelas maksud serta tujuan kalian mengajukan cuti agar atasan kalian benar-benar mengerti serta akhirnya memberikan ijin. Pesan itu wajib tersampaikan dengan baik untuk menghindari kesalah pahaman yang nantinya bisa berujung pada komunikasi yang tak.
Ada beberapa metode yang bisa kamu lakukan untuk menjadikan komunikasi kamu di lokasi kerja lebih efisien, di antarnya:
- Coba untuk lebih banyak mendengar
Komunikasi yang efektif dimulai dari kemampuan waktu mendengar. Kamu harus bisa menghargai teman kerja dan atasan di kantor dengan mendengarkan setiap pembicaraan dengan antusias dan saksama. Dengan begini rekan kerja serta atasan kalian juga akan menghargai kamu saat kamu berbicara.
- Sampaikanlah pesan komunikasi dengan bahasa yang mudah.
Inti dari komunikasi yang efektif adalah ketika pesan dapat tersampaikan dengan baik. Jadi, ketahuilah dengan siapa anda berbicara serta sesuaikan gaya bahasa kamu dalam menyampaikan pesan. Hal ini penting supaya komunikasi gampang dipahami serta akhirnya menjadi efektif.
- Perhatikan bahasa tubuh.
Dikala kita berdialog dengan rekan kerja berusahalah buat memperhatikan gerak-gerik tubuh. Mungkin ini hal yang terdengar sepele, tetapi penting buat dilakukan. Misalnya dikala berbicara tataplah mata lawan bicara, tersenyum simpul, dan sesekali memberi anggukan sebagai reaksi positif. Hal ini akan diterima oleh lawan bicara anda sebagai tanda bahwa kamu antusias dalam pembicaraan tersebut.
Demikianlah Artikel Komunikasi Efisen di Tempat Pekerjaan
Sekianlah artikel
Komunikasi Efisen di Tempat Pekerjaan
kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.
Anda sekarang membaca artikel Komunikasi Efisen di Tempat Pekerjaan dengan alamat link https://lowongankerjajob2go.blogspot.com/2020/03/komunikasi-efisen-di-tempat-pekerjaan.html
0 Response to " Komunikasi Efisen di Tempat Pekerjaan "
Posting Komentar