Judul : Menjalin Komunikasi Efektif di Area Pekerjaan Kita
link : Menjalin Komunikasi Efektif di Area Pekerjaan Kita
Menjalin Komunikasi Efektif di Area Pekerjaan Kita

Komunikasi adalah hal yang sangat mendasar serta paling melekat dengan manusia. Sempatkah kalian berimajinasi gimana rasanya bertahan 1 hari tanpa komunikasi apapun? Pasti semisal terpenjara. Hal itu wajar kok, karena memang komunikasi itu kebutuhan dasar manusia.
Eits jangan salah, komunikasi itu tidak hanya tentang bicara loh. Pada dasarnya komunikasi adalah proses penyampaian pesan dalam bentuk apapun dari 1 pihak ke pihak lainnya. Bentuknya banyak, bisa verbal (contohnya melalui ucapan, kata-kata, serta tertulis) atau non-verbal (ekspresi serta gerak tubuh).
Ada beberapa hal penting yang melekat dari sebuah bentuk komunikasi. Menurut seorang ahli komunikasi Julia T. Wood, persepsi adalah hal yang paling utama dari sebuah komunikasi. Apa itu persepsi? Persepsi ialah proses seseorang dalam memilih, mengorganisasikan, serta mengartikan pesan yang diperoleh dari sebuah komunikasi. Ada banyak faktor yang dapat mempengaruhi persepsi seseorang. Nah di sinilah biasanya awal timbul persoalan. Seringkali pesan atau komunikasi yang mau kita sampaikan tidak diterima atau diartikan dengan benar, akhirnya menjadi salah paham.
Komunikasi Efisien di Tempat Kerja
Di tempat kerja setiap hari kita bertemu dan berinteraksi dengan bermacam-macam orang. Mulai dari ngobrol masalah kerjaan dengan rekan kerja, curhat masalah pribadi dengan sahabat di 1 divisi, sampai diskusi tentang pekerjaan dengan bos. Terkadang proses komunikasi ini tak selalu lancar. Selisih paham mungkin pernah terjadi saat proses komunikasi ini berlangsung.
Ada beberapa hal yang menyebabkan seseorang dapat berselisih paham. Salah satunya adalah kesalahan dalam komunikasi yang akhirnya menimbulkan persoalan antara dua pihak atau lebih. Nah, di sini lah peran komunikasi efisien sangat diperlukan.
Pada dasarnya setia orang memiliki kemampuan dasar buat berkomunikasi, itu sudah naluriah dan alami sejak kita dilahirkan. Tetapi tidak semua orang punya kemampuan untuk berkomunikasi dengan efektif. Komunikasi yang efisien terjadi ketika pesan terkirim dengan baik sesuai dengan maksud dan tujuannya. Jadi misalnya anda mau mengajukan cuti ke bos dengan alasan acara keluarga yang penting di luar kota. Saat berkomunikasi dengan bos, kalian harus menyampaikan dengan jelas maksud dan tujuan kamu mengajukan cuti supaya bos kalian benar-benar mengerti dan akhirnya memberikan izin. Pesan itu mesti tersampaikan dengan baik untuk menghindari kesalah pahaman yang nantinya akan berujung pada komunikasi yang tak.
Ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk menjadikan komunikasi kalian di tempat kerja lebih efisien, di antarnya:
- Coba untuk lebih banyak mendengar
Komunikasi yang efektif diawali dari kemampuan waktu mendengar. Kamu mesti dapat menghargai teman kerja dan bos di kantor dengan mendengarkan setiap obrolan dengan antusias dan saksama. Dengan begini teman kerja serta atasan anda juga akan menghargai kamu saat kamu berbicara.
- Sampaikanlah pesan komunikasi dengan bahasa yang mudah.
Point dari komunikasi yang efektif ialah waktu pesan dapat tersampaikan dengan baik. Maka, ketahuilah dengan siapa kamu berbicara dan sesuaikan gaya bahasa kamu dalam menyampaikan pesan. Hal ini penting supaya komunikasi mudah dipahami dan akhirnya menjadi efisien.
- Perhatikan bahasa tubuh.
Waktu kita berbicara dengan rekan kerja berusahalah untuk memperhatikan gerak-gerik tubuh. Mungkin ini hal yang terdengar sepele, tetapi berarti buat dilakukan. Misalnya dikala berbicara tataplah mata lawan bicara, tersenyum simpul, serta sesekali memberi anggukan sebagai reaksi positif. Hal ini akan diterima oleh lawan bicara anda sebagai tanda bahwa kalian antusias dalam pembicaraan tersebut.
Demikianlah Artikel Menjalin Komunikasi Efektif di Area Pekerjaan Kita
Sekianlah artikel
Menjalin Komunikasi Efektif di Area Pekerjaan Kita
kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.
Anda sekarang membaca artikel Menjalin Komunikasi Efektif di Area Pekerjaan Kita dengan alamat link https://lowongankerjajob2go.blogspot.com/2020/03/menjalin-komunikasi-efektif-di-area_23.html
0 Response to " Menjalin Komunikasi Efektif di Area Pekerjaan Kita "
Posting Komentar