Judul : Pentingnya Membangun Komunikasi Baik di Lokasi Pekerjaan
link : Pentingnya Membangun Komunikasi Baik di Lokasi Pekerjaan
Pentingnya Membangun Komunikasi Baik di Lokasi Pekerjaan

Komunikasi adalah hal yang sangat mendasar serta paling melekat dengan manusia. Pernahkah anda berimajinasi bagaimana rasanya bertahan 1 hari tanpa komunikasi apapun? Pasti seperti terpenjara. Hal itu wajar kok, sebab memang komunikasi itu kebutuhan basic manusia.
Eits jangan salah, komunikasi itu tidak hanya terkait bicara loh. Pada dasarnya komunikasi adalah proses pengiriman pesan dalam bentuk apapun dari 1 pihak ke pihak lainnya. Bentuknya banyak, dapat verbal (contohnya melalui ucapan, kata-kata, dan tertulis) atau non-verbal (ekspresi serta gerak tubuh).
Ada beberapa hal penting yang menempel dari sebuah bentuk komunikasi. Menurut seorang pakar komunikasi Julia T. Wood, persepsi ialah hal yang paling utama dari sebuah komunikasi. Apa itu persepsi? Persepsi ialah proses seseorang dalam memilih, mengorganisasikan, dan mengartikan pesan yang diperoleh dari sebuah komunikasi. Ada bermacam faktor yang bisa mempengaruhi persepsi seseorang. Nah di sinilah biasanya mulai timbul persoalan. Seringkali pesan atau komunikasi yang ingin kita sampaikan tak diterima atau diartikan dengan benar, akhirnya jadi salah paham.
Komunikasi Efisien di Lingkungan Kerja
Di area kerja setiap hari kita bertemu dan berinteraksi dengan bermacam-macam orang. Mulai dari ngobrol soal kerjaan dengan kolega kerja, curhat masalah pribadi dengan sahabat di satu divisi, hingga diskusi terkait pekerjaan dengan bos. Terkadang proses komunikasi ini tidak selalu mulus. Selisih paham mungkin pernah terjadi saat proses komunikasi ini berlangsung.
Ada beberapa hal yang membuat seseorang dapat berselisih paham. Salah satunya adalah kesalahan dalam komunikasi yang akhirnya menyebabkan permasalahan antara 2 pihak atau lebih. Nah, di sini lah peran komunikasi efektif sangat dibutuhkan.
Pada dasarnya setia orang memiliki kemampuan dasar buat berkomunikasi, itu telah naluriah serta alami sejak kita dilahirkan. Namun tak semua orang memiliki kemampuan untuk berkomunikasi dengan efektif. Komunikasi yang efisien terjadi kala pesan terkirim dengan baik sesuai dengan maksud dan tujuannya. Jadi misalnya kalian mau mengajukan cuti ke bos dengan alasan acara keluarga yang mendesak di luar kota. Saat bicara dengan atasan, kalian harus menyampaikan dengan jelas maksud dan tujuan anda mengajukan cuti supaya bos kalian betul - betul paham dan akhirnya memberikan ijin. Pesan itu harus tersampaikan dengan baik untuk menghindari kesalah pahaman yang nantinya akan berujung pada komunikasi yang tak.
Ada beberapa cara yang bisa anda lakukan untuk menjadikan komunikasi kamu di lokasi kerja lebih efisien, di antarnya:
- Coba buat lebih banyak mendengar
Komunikasi yang efektif dimulai dari kemampuan waktu mendengar. Kamu mesti bisa menghargai kolega kerja dan atasan di kantor dengan mendengarkan setiap pembicaraan dengan antusias dan saksama. Dengan begini kolega kerja serta atasan kamu juga akan menghargai anda saat kamu berbicara.
- Sampaikanlah pesan komunikasi dengan bahasa yang gampang.
Inti dari komunikasi yang efektif adalah waktu pesan bisa tersampaikan dengan baik. Jadi, ketahuilah dengan siapa kamu berbicara dan sesuaikan gaya bahasa kamu dalam menyampaikan pesan. Hal ini penting supaya komunikasi mudah dipahami dan akhirnya menjadi efisien.
- Perhatikan bahasa tubuh.
Saat kita berbicara dengan rekan kerja berusahalah untuk memperhatikan gerak-gerik tubuh. Mungkin ini hal yang terdengar sepele, tetapi berarti untuk dilakukan. Misalnya dikala berbicara tataplah mata lawan bicara, tersenyum simpul, serta sesekali memberi anggukan sebagai reaksi positif. Hal ini akan diterima oleh lawan bicara anda sebagai tanda bahwa kamu antusias dalam pembicaraan tersebut.
Demikianlah Artikel Pentingnya Membangun Komunikasi Baik di Lokasi Pekerjaan
Sekianlah artikel
Pentingnya Membangun Komunikasi Baik di Lokasi Pekerjaan
kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.
Anda sekarang membaca artikel Pentingnya Membangun Komunikasi Baik di Lokasi Pekerjaan dengan alamat link https://lowongankerjajob2go.blogspot.com/2020/03/pentingnya-membangun-komunikasi-baik-di.html
0 Response to " Pentingnya Membangun Komunikasi Baik di Lokasi Pekerjaan "
Posting Komentar